Anda mungkin perlu menggabungkan dua atau lebih file PDF menjadi sebuah file PDF. Berbagai cara mewajibkan Anda untuk mengunduh aplikasi yang bisa membantu penggabungan beberapa file PDF tersebut.  

Berbeda dengan cara-cara tersebut, instruksi di bawah ini akan mengarahkan Anda untuk menggabungkan file-file PDF secara online dengan ilovepdf.com, sehingga Anda tidak perlu lagi mengunduh aplikasi tertentu. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menggabungkan berbagai file PDF.

Fitur Ilovepdf
Fitur-fitur lengkap di Ilovepdf

Menggabungkan Beberapa File PDF secara Online

Situs web bernama www.ilovepdf.com menjadi solusi paling cepat untuk menggabungkan banyak file PDF sekaligus, sehingga Anda bisa mengakses seluruh file PDF hanya dengan sekali klik saja. Pastikan Anda mengikuti instruksi lengkap di bawah ini dengan benar untuk menggabungkan file-file PDF Anda.

Pilih File Pdf Yang Akan Digabung
Pilih File Pdf Yang Akan Digabung
  1. Siapkan beberapa file PDF yang akan Anda gabungkan menjadi satu dan pastikan komputer atau laptop Anda telah terhubung ke jaringan internet.
  2. Buka situs web https://www.ilovepdf.com/merge_pdf atau https://www.ilovepdf.com/id/menggabungkan-pdf.
  3. Setelah situs web terbuka, klik pada tombol “Select PDF Files” atau “Pilih File PDF”untuk mengupload file-file PDF yang akan digabungkan dari penyimpanan komputer atau laptop Anda.
  4. Jika file PDF yang ingin Anda gabungkan tersimpan di Google Drive atau Dropbox, pilih tombol kecil sesuai dengan logo Dropbox atau Google Drive tempat Anda menyimpan file-file PDF Anda.
  5. Anda bisa langsung memilih banyak file sekaligus sehingga tidak perlu mengulang-ulang proses upload.
Tambah Dokumen Pdf Yang Ingin Dibuat Menjadi 1 File
Tambah Dokumen Pdf Yang Ingin Dibuat Menjadi 1 File
  1. Setelah semua file berhasil diunggah, Anda bisa mengatur urutanfile PDF sesuai keinginan dengan menggeser file ke kanan, kiri, bawah, atau atas dengan menggunakan mouse.
  2. Untuk menambahkan file PDF lain, gunakan tombol ‘+’ yang berada di bagian kanan layar, kemudian pilih lokasi tempat penyimpanan file PDF yang ingin Anda tambahkan, bisa dari penyimpanan komputer, Dropbox, atau Google Drive.
  3. Terdapat tombol Rotate atau Putar pada setiap file PDF yang bisa Anda gunakan untuk mengubah orientasi file PDF tersebut dari landscape menjadi portrait atau sebaliknya.
  4. Jika Anda salah mengupload file PDF, Anda bisa menghapus file tersebut dengan mengklik tombol ‘x’ yang terdapat di setiap file PDF.
  5. Setelah semua file PDF siap untuk digabungkan, klik pada tombol “Merge PDF” atau “Gabungkan PDF” yang terdapat di bagian pojok kanan bawah layar komputer Anda. Tunggu sebentar sampai proses penggabungan berhasil.
  6. Setelah proses penggabungan file PDF berhasil dilakukan, Anda bisa mengklik tombol “Download Merged PDF” atau unduh PDF yang digabungkan jika file tersebut tidak otomatis terunduh.
  7. Anda juga bisa langsung menyimpan file PDF yang sudah digabungkan menjadi satu tersebut ke akun Dropbox atau Google Drive Anda dengan memilih salah satu tombol kecil di samping tombol unduhan.
  8. Setelah file PDF selesai diunduh, Anda boleh menghapus file tersebut dari situs web www.ilovepdf.com dengan mengklik pada tombol berlogo tempat sampah yang juga berada di samping tombol unduhan.
  9. Di bawah tombol unduhan, terdapat berbagai menu dengan logo-logo kecil yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda bisa menggunakannya untuk mengkompres PDF, mengatur halaman PDF, menambahkan proteksi ke file PDF, dan menambahkan watermark.
Download Pdf Gabungan
Download PDF Hasil Gabungan

Mudah bukan menggunakan cara online untuk menggabungkan beberapa file PDF menjadi sebuah file PDF? Anda tidak perlu mengunduh dan memasang program editor PDF. Cara ini bisa Anda lakukan dari komputer atau laptop dan dari smartphone Anda sehingga Anda bebas melakukannya di mana saja.