Solusi iPhone Tidak Bisa Restore di iTunes

S

iPhone yang mengalami suatu masalah perangkat lunak biasanya tidak dapat dioperasikan dan hanya menunjukkan layar pemulihan. Layar akan menunjukkan bahwa iPhone harus disambungkan ke iTunes. Jika dari kasus ini iPhone tidak bisa direstore di iTunes, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

Sebelumnya, berikut ini ada beberapa masalah pada iPhone yang bisa Anda pulihkan dengan mode pemulihan:

  1. PC atau laptop tidak mengenali iPhone atau menunjukkan pesan bahwa iPhone tidak dalam mode pemulihan;
  2. iPhone hanya menunjukkan logo Apple tanpa adanya bar kemajuan;
  3. Layar menunjukkan adanya perintah pemulihan.

Solusi untuk iPhone yang Tidak Bisa Restore dengan iTunes

Ketika iPhone Anda mengalami beberapa masalah sebagaimana disebutkan di atas, Anda bisa memperbaikinya dengan menggunakan mode pemulihan. Berikut ini solusi iPhone tidak bisa direstore di iTunes:

Instal iTunes Terbaru

Sebelum melakukan mode pemulihan, siapkan PC atau laptop Anda dengan menginstal iTunes versi terbaru. iTunes yang diinstal ke PC atau laptop haruslah versi terbaru.

Sebab, versi lama pasti memiliki kekurangan atau beberapa hal yang belum diperbarui. Setelah iTunes terinstal, buka iTunes dan segera tutup ketika aplikasi telah terbuka.

Sambungkan iPhone ke PC atau Laptop

Pastikan bahwa iPhone yang akan Anda restore telah tersambung ke PC atau laptop dengan baik. Selanjutnya mulai ulang secara paksa iPhone Anda dengan beberapa cara berikut:

Model iPhone 8 atau Lebih Baru

Tekan dan lepaskan tombol volume up dengan cepat dilanjutkan dengan tombol volume down juga dengan cepat.

Selanjutnya, tekan dan tahan tombol samping sampai muncul model pemulihan pada layar iPhone Anda.

Model iPhone 7 atau iPhone 7 Plus

Untuk mulai ulang paksa model iPhone ini, tekan terus tombol samping dan volume down secara bersama-sama. Tahan kedua tombol tersebut sampai layar menampilkan mode pemulihan.

iPhone 6s atau Lebih Lama

Pada model ini, mulai ulang paksa bisa dilakukan dengan cara menekan terus tombol utama dan tombol samping secara bersama-sama. Tekan dan tahan tombol tersebut sampai muncul layar mode pemulihan.

Cara mulai ulang paksa di atas bisa Anda lakukan sesuai dengan model iPhone Anda.

Menemukan Perangkat di Komputer

Langkah selanjutnya dalam restore iPhone di iTunes adalah dengan menemukan perangkat Anda di komputer. Tahap ini bisa Anda lanjutkan setelah proses mulai ulang paksa telah berhasil.

Setelah perangkat terdeteksi, akan muncul pilihan Pulihkan atau Perbarui. Pada kedua pilihan tersebut, Anda harus memilih Perbarui. Dalam tahap ini, PC atau laptop akan mencoba menginstal ulang perangkat lunak pada iPhone tanpa menghapus data Anda.

Tunggu proses pengunduhan perangkat lunak yang kompatibel untuk ihone Anda. Jika berlangsung lebih dari 15 menit, kemudian iPhone Anda keluar dari mode pemulihan, biarkan hingga pengunduhan selesai. Selanjutnya ulangi langkah ketiga (mulai ulang paksa).

Pembaruan Selesai dan Atur iPhone Anda

Setelah melalui proses pembaruan dengan PC atau laptop, Anda sudah bisa mengatur iPhone sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Pusat Dukungan Apple

Apabila semua langkah pembaruan di atas tidak dapat Anda lakukan dengan baik dan benar, atau Anda mengalami kendala tertentu seperti tombol rusak dan sebagainya, Anda bisa menghubungi Pusat Dukungan Apple atau membaca panduan resmi dari Apple Support Center berikut.

Dari Pusat Dukungan Apple ini, Anda akan mendapatkan solusi yang tepat atas permasalahan Anda seperti iPhone tidak bisa restore iTunes.

About the author

Editorial
By Editorial

Editorial

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.