6 Jenis Media Iklan yang Bekerja Paling Efektif di Era Digital

6

Pada era digital saat ini, internet sudah banyak membantu dalam pengembangan sebuah produk. Seluruh produk dikembangkan berdasarkan permintaan dan kebutuhan dari konsumen melalui teknologi yang sudah tidak terhitung jumlahnya.

penempatan iklan strategis
Penempatan iklan yang strategis

Ketika pemasaran secara offline melalui media cetak sudah tidak seefektif dulu, memang pemasaran digital menjadi jawaban yang paling dibutuhkan banyak orang. Namun pemasaran lewat televisi dinilai sangat mahal, terlebih saat jam prime time. Harga iklan di televisi nilainya bisa ratusan juta hingga miliaran rupiah.

Oleh karena itu banyak pengusaha yang mulai beralih ke media pemasaran online yang dinilai lebih murah, mudah, cepat, dan efektif menggaet dan mempertahankan konsumen.

Jenis Iklan yang Efektif di Era Digital

Era digital saat ini telah menciptakan ruang baru yang memberikan potensi yang sama rata untuk semua orang terutama bagi pelaku bisnis. Jika dilakukan dengan program yang tepat serta monitoring yang rutin, iklan di era digital dapat memberi keuntungan yang cukup besar melalui modal yang terbatas saja.

Berikut ini adalah jenis-jenis iklan yang dinilai efektif dan ampuh dalam meningkatkan bisnis Anda, antara lain:

1. Iklan Melalui SEO (Search Engine Optimization)

SEO merupakan sebuah upaya untuk membuat website Anda berada di laman terdepan dan peringkat teratas situs pencarian seperti Google, Yahoo, atau Bing. Google misalnya, secara online mereka akan merilis berbagai macam algoritma yakni update atau pembaharuan hasil pencarian. Hal ini dilakukan untuk mengatasi para pelaku yang menggunakan metode manipulasi seperti black hat SEO.

Optimasi ini diyakini sebagai langkah yang termurah dan paling efisien dalam mengiklankan sebuah produk.

Mengingat ada banyak sekali tool SEO yang dijual dalam harga yang murah bahkan ada yang menyediakannya secara gratis. Ditambah lagi ada banyak praktisi SEO yang memberikan tips dan trik secara gratis mengenai cara menggunakan tools tersebut.

konsep seo sederhana
konsep seo sederhana

Namun, disarankan untuk menggunakan jasa SEO berbayar yang berkualitas, profesional, dan memiliki portofolio SEO mumpuni. Target utamanya tentu, produk yang diiklankan bisa efektif menggaet konsumen potensial dan mempertahankan konsumen tetap.

2. Iklan SEM (Search Engine Martketing)

SEM merupakan strategi untuk memasarkan atau mengiklankan produk dengan memunculkan pada mesin pencari, kemudian iklan bisa muncul di website atau aplikasi smartphone. Konsepnya sama seperti SEO yang mengupayakan sebuah produk Anda berada di posisi teratas peringkat google atau mesin pencari lain, namun bedanya Anda tidak harus melakukan optimasi melainkan membayar sejumlah uang untuk menaruh produk Anda di tampilan teratas hasil pencarian.

Walau banyak orang yang mengunjungi website Anda dan menampilkan sebuah iklan produk, ada kemungkinan mereka tidak jadi membeli produk Anda. Oleh karena itu Google akan menampilkan iklan tersebut pada saat mereka mengunjungi website atau aplikasi lain. Strategi SEM dilakukan agar iklan yang Anda pasang bisa mempertahankan keinginan belanja (buying intent) dari konsumen terhadap produk yang diiklankan.

Oleh karena itu Anda tidak perlu heran jika menemui banyak iklan yang sama walau sudah berpindah website atau aplikasi, karena SEM sudah bekerja dengan baik pada iklan tersebut.

3. Membuat Konten yang Menarik

Sebuah iklan haruslah berisi konten yang menarik perhatian konsumen. Walau sudah dioptimasi secara maksimal menggunakan SEO dan SEM, konsumen tidak akan melakukan pembelian jika iklan tersebut tidak menampilkan visual yang menarik.

Saat ini konsumen juga sudah semakin cerdas, sehingga konsep iklan dengan hard selling cenderung kurang efektif. Oleh karena itu konten yang dibuat harus menyesuaikan selera dan keinginan konsumen.

Pembuatan konten yang menarik sangat tepat dalam menggaet konsumen yang kritis terhadap iklan. Konten yang dibuat bisa ditampilkan dalam berbagai macam bentuk sesuai dengan produk yang ingin ditampilkan. Bisa dalam bentuk artikel guest post, e-book, studi kasus, gambar, infografik, podcast yang saat ini sedang trending, webinar, dan banyak lagi lainnya. Karena progres dunia digital sangat fleksibel, buatlah konten yang sebisa mungkin dapat diterima oleh konsumen.

Konten yang dibuat tidak semata-mata hanya untuk mengiklankan produk saja. Kreativitas yang baik akan membuat konten menjadi sarana branding bagi produk bahkan bisnis Anda. Jika konten yang Anda buat dilakukan secara serius, berkualitas, dan sesuai selera masyarakat ada kemungkinan konten menjadi trending dan selalu dicari masyarakat. Pola kreativitas yang baik sangat berpengaruh dalam pembuatan konten tersebut.

4. Mobile Marketing

Mobile marketing saat ini menjadi salah satu jenis iklan yang banyak digunakan. Salah satu indikasinya adalah adanya game yang dibuat berdasarkan iklan atau produk tertentu. Dahulu misalnya terkenal game Playstation bernama Pepsi yang terkenal bahkan hingga kini. Game tersebut mewakili brand Pepsi yang sedang bersaing dengan produk sejenis.

Hasilnya, Pepsi menjadi produk minuman teratas dunia. Konsep tersebut mulai diaplikasikan dalam bentuk mobile game, dan banyak memberi hasil memuaskan.

ilustrasi game pepsi yang terkenal di masanya
ilustrasi game pepsi yang terkenal di masanya

Mobile marketing juga dahulu terkenal dengan adanya SMS marketing. Bahkan teknik SMS tersebut masih digunkan hingga saat ini, dan terbukti efektif. Hal ini lantaran, frekuensi orang memegang handphoneya cukup tinggi akibat gaya hidup dan kebutuhan. Namun kini jenis mobile marketing yang paling sering digunakan adalah aplikasi, video mobile, dan mobile website.

5. Email Marketing

Nampaknya jenis iklan email marketing mulai ditinggalkan oleh para pelaku bisnis. Karena mereka menilai saat ini sudah sangat jarang orang yang membuka email. Faktanya, email menjadi saluran iklan sangat potensial. Demografi pengguna email sendiri banyak diisi para mahasiswa, pegawai kantoran, bahkan hingga pencari kerja. Hal ini terjadi, karena email dianggap sebagai saluran informasi yang efektif dan efisien di era digital.

Melihat potensi pengguna tersebut, email marketing bisa menjadi media periklanan yang tepat dalam menggaet konsumen. Jenis iklan ini bisa dilakukan dengan mengirimkan informasi seputar produk Anda. Misalnya Anda sedang mengadakan promosi atau peluncuran produk baru, penyampaian iklan bisa dilakukan denagn mengirimkan email secara langsung pada target yang masuk dalam segmen produk Anda.

Namun ada cara alternatif selain mengirimkan email secara manual. Bisa dengan menggunakan tools Mailchimp, Getresponse, dan Awever. Walau berbayar, tools ini mampu secara efektif dalam mengirimkan emali dalam jumlah banyak dan waktu yang cukup singkat.

6. Pemasaran Lewat Media Sosial

Jenis iklan ini fokus menampilkan produk lewat media sosial. Misalnya dengan memasang Ads pada You Tube, Instagram, dan Facebook. Pilihan dari iklannya pun ada berbagai macam. Misalnya pada Instagram iklan bisa dimunculkan dalam bentuk postingan (promoted) atau story. Di mana kedua fitur tersebut sangat sering dikunjungi oleh pengguna instagram.

Namun tidak melepas kemungkinan bahwa di media sosial iklan bisa dimunculkan melalui gambar, teks, atau video marketing. Sesuaikan saja dengan pola perilaku konsumen serta kebutuhan yang sedang mereka inginkan.

Demikianlah jenis iklan yang paling efektif di era digital. Namun, walau bisa dikatakan efektif dalam menggaet konsumen, Anda harus tetap melakukan pengawasan pada iklan yang telah dipasang. Hal ini sebagai bahan evaluasi sejauh mana iklan tersebut dapat memberikan konversi serta berdampak pada sales produk bisnis Anda secara umum.

About the author

DMO Staff

Add Comment

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.