Jenis Pengauditan Energi Beserta Langkahnya

J

Audit energi listrik sangat penting bagi kegiatan ekonomi di berbagai sektor Industri. Saat ini energi sangat bermanfaat sebagai tulang punggung utama dalam kegiatan ekonomi dan kegiatan lainnya. Tetapi, dapat kita lihat bahwa pelaku ekonomi lebih mementingkan aspek estetika dalam arsitektur bangunan, dibanding efisiensi energi yang di habiskan. Audit energi sangat penting untuk mengidentifikasi potensi-potensi penghematan energi. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai audit energi.

Definisi Audit Energi

Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa Audit Energi Listrik merupakan salah satu upaya dalam penghematan energi listrik serta mengetahui sumber dan potensi yang bisa dilakukan agar pemakaian energi lebih tepat tanpa mengurangi produktivitas.

Jenis-jenis Audit Energi

  • Prelimentary Audit

Pada jenis Prelimentary Audit, pengauditan hanya dilakukan pada bagian vital saja. Audit ini meliputi identifikasi mesin, analisis kondisi aktual, perhitungan konsumsi energi, pemborosan energi.

  • Detailed Audit

Pada jenis Detailed Audit, proses pengauditan dilakukan secara menyeluruh terhadap semua aspek yang harus diperiksa. Biasanya Detailed Audit dilakukan oleh lembaga profesional. Tahap pelaksanaan audit didahului dengan analisis biaya audit energi, identifikasi mesin, analisis kondisi aktual dan menghitung setiap konsumsi energinya.

jasa audit energi listrik

Langkah Audit Energi

Dalam Audit Energi, terdapat beberapa langkah yang dilakukan yaitu :

  • Audit penilaian pengelompokan bangunan (Building rating for an audit)

Bangunan yang akan di audit dikelompokkan berdasarkan jumlah penghematan energi yang telah dilakukan. Dilakukan pada bangunan dengan tingkat konservasi tinggi ke rendah.

  • Disagregasi (Disaggregation)

Pada langkah ini perhatian difokuskan pada komponen bangunan dengan tingkat intensitas aliran energi dan penghematan energi yang besar. Sebagai contohnya yaitu sistem penerangan, sistem pendingin, atau pemanas.

  • Potensi penghematan energi/ Energy Conservation Opportunities (ECOs)

Langkah ini merupakan langkah mengidentifikasi dan mengevaluasi potensi yang memungkinkan untuk diaplikasikan atau tidak.

Audit Energi Listrik akan kurang maksimal jika tidak dilakukan oleh layanan yang profesional. Sewatama hadir sebagai penumpas segala kegundahan Anda dalam mengatasi persoalan pembangkit kelistrikan. Melalui sistem yang terintegrasi dan dapat memberikan hasil maksimal sesuai dengan angka anggaran dan biaya investasi Anda. Tunggu apa lagi, segera kunjungi laman website Sewatama di https://sewatama.com/id/.

About the author

Editorial

Add Comment

Editorial

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.