Terpal adalah salah satu barang yang sangat penting ketika seseorang ingin melindungi barangnya di outdoor. Baik itu untuk menutup barang di truk, berjualan di pinggir jalan, atau untuk  alas pembuatan kolam ikan, terpal adalah barang penting yang perlu ada.

Apakah Anda hendak membutuhkan terpal? Ada baiknya Anda mengetahui jenis-jenis terpal dan seperti apa karakteristik dan fungsinya. Ada banyak jenis terpal di luar sana, sehingga Anda perlu memastikan mana yang sekiranya cocok untuk menjawab kebutuhan Anda.

Jenis Terpal dan Fungsinya

Mengenal jenis terpal dan fungsinya sangat penting untuk agar tidak salah dalam memilih untuk kebutuhan Anda. Sebab, setiap terpal ini memiliki karakteristiknya masing-masing. Mau tahu apa saja jenis terpal dan fungsinya?

Cari terpal? Agenterpal.com aja. Berlokasi di pusat kota, Jl. Mess Dalam No. 6 RT 12/17, Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat 10230. Bisa dihubungi lewat WhatsApp di 0856-4375-6205 atau call di nomor 021-3160282.

1. Terpal Plastik

Pertama, ada jenis terpal yang paling banyak digunakan oleh orang-orang, yakni  plastik. Terpal plastik dibuat dari lembaran benang plastik yang dirajut. Setelah itu, rajutan kemudian dilaminasi dengan menggunakan bahan plastik juga.

Laminasi ini digunakan agar kain terpal yang telah dirajut tahan terhadap air, mengingat fungsi dari terpal plastik ini adalah melindungi barang-barang di lingkungan outdoor.

tekstur terpal plastik
tekstur terpal plastik

Ya, fungsi dari terpal plastik umumnya adalah untuk menjadi penutup barang di kendaraan seperti truk, kontainer, mobil pick up, dan sebagainya.

Terpal plastik juga sering digunakan sebagai tenda orang-orang yang berdagang di pinggir jalan, karena sifatnya yang ringan namun bisa melindungi dari panas dan hujan. Terpal ini banyak ditemukan di pasar-pasar lokal maupun di toko-toko online.

Pada umumnya, harga terpal plastik ini adalah Rp 7.000 per meternya, lebih murah dari jenis terpal lainnya. Namun, biasanya harga terpal sudah dalam bentuk rol atau tidak dijual secara meteran seperti kain pada umumnya.

2. Tarpaulin (Semi Karet)

Selanjutnya, ada jenis terpal bernama terpaulin atau semi karet. Tarpaulin sebenarnya berasal dari singkatan tarpa ulin yang kemudian sering diplesetkan menjadi terpaulin. Bahan terpal ini adalah PVC atau semi karet.

Tarpaulin ini bisa dibilang adalah jenis terpal yang memiliki ketebalan paling bagus jika dibandingkan dengan lainnya. Pada umumnya, tingkat ketebalan terpaulin sendiri terbagi menjadi beberapa klasifikasi seperti A3 Super, A12, A5, hingga A15.

tarpa ulin terpal semi karet

Nah, karena sifatnya yang tebal ini, maka terpaulin sangat cocok untuk penggunaan kolam. Ya, fungsi  dari terpaulin ini digunakan untuk bahan membuat kolam budidaya ikan. Sifatnya yang lebih tebal membuat terpaulin lebih kuat.

Ya, jika Anda bandingkan dengan jenis terpal plastik, maka terpaulin adalah yang terbaik karena tidak mudah sobek. Selain berfungsi untuk bahan membuat kolam ikan ikan, tambak, terpaulin juga bisa digunakan untuk menutup barang di mobil truk terbuka.

Terpaulin juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan tenda di acara-acara, balon gate, kanopi membrane, dan beberapa kebutuhan lainnya. Harga untuk terpaulin tentu lebih mahal dibandingkan dengan terpal plastik, karena bahannya yang lebih tebal. Terpaulin biasa dibanderol Rp 24.000 per m2.

3. Terpal Kanvas

Apabila Anda pernah mengikuti kemah saat Sekolah Dasar (SD) atau sering naik gunung dan bermalam di tenda, maka sebenarnya tempat yang Anda gunakan saat tidur adalah terpal kanvas. Ya, terpal kanvas terbuat dari bahan dengan serat yang begitu tebal.

terpal kanvas cocok untuk tenda outdoor.jpg
terpal kanvas cocok untuk tenda outdoor.jpg

Dengan ketebalan seratnya, maka terpal kanvas sangat tahan air dan percikan api. Sifat tahan air dari terpal kanvas sendiri dikarenakan produsen menambahkan zat kimia, sehingga terpal ini bagus sekali untuk penggunaan outdoor.

Terpal kanvas juga tersedia dalam beberapa ketebalan dan motif. Ada banyak variasi motif yang bisa Anda pilih sesuai dengan preferensi.

Terpal jenis ini juga sangat kuat pada hembusan angin. Terpal kanvas umumnya berfungsi untuk pembuatan tenda camping, cover tas, pembuatan tas ransel, keperluan industri berat, menutupi beberapa area pengelasan, penutup mobil pick up, kanopi, dan sebagainya.

Nah, untuk harga terpal kanvas sendiri cukup mahal dibandingkan dengan dua jenis kanvas sebelumnya, yakni Rp 80.000 per meternya.

Anda yang membutuhkan terpal, perhatikan baik-baik karakteristik dan fungsi dari 3 jenis terpal yang sudah disebutkan di atas agar tidak salah dalam memilih. Jika kebutuhan Anda adalah untuk berdagang di outdoor, maka Anda bisa membeli tenda plastik yang murah dan bahannya ringan.

Tapi jika Anda ingin membuat kolam, maka terpal semi karet adalah yang terbaik. Begitu pula jika Anda ingin membuat tas, maka terpal kanvas adalah pilihannya.