5 Kekurangan Parket Kayu Asli Untuk Lantai Rumah

5

Interior rumah merupakan salah satu elemen yang mempengaruhi tampilan rumah. Terutama interior yang berkaitan dengan lantai rumah. Hal tersebut juga berpengaruh pada tampilan ruangan yang ada di dalam rumah. Terutama penggunaan lantai kayu yang harus benar-benar diperhatikan. Salah satunya adalah kekurangan menggunakan kayu asli untuk lantai rumah.

Meskipun sekarang sudah tersedia lapisan lantai sintetis, namun ada beberapa orang yang masih menggunakan kayu asli sebagai lantai rumah. Alasannya agar terkesan klasik dan juga sederhana. Hal tersebut memang benar adanya karena kayu memberikan kesan sederhana pada ruang.

Lantai parket kayu untuk rumah tinggal
Lantai parket kayu untuk rumah tinggal

Kekurangan Menggunakan Kayu Asli Untuk Lantai Rumah

Bingung cari desain rumah? Kunjungi saja Casanesia

Lantai memang perlu diberikan sentuhan desain. Sebab, lantai merupakan bagian dari elemen interior yang berpengaruh pada tampilan ruangan. Kini sudah tersedia banyak jenis lantai yang bisa digunakan selain keramik.

Namun, ada juga beberapa orang yang masih menggunakan lantai dengan bahan kayu asli. Mengapa? Karena ada beberapa kelebihan yang bisa didapatkan. Seperti unsur estetika, tidak mudah terpeleset karena lantai kayu tidak mudah licin, dan lain sebagainya.

Disamping kelebihannya, penggunaan lantai kayu memiliki kekurangan. Berikut ini beberapa kekurangan menggunakan kayu asli untuk lantai.

1. Mudah Keropos

Lantai kayu memang cocok diterapkan di ruangan rumah. Selain terkesan sederhana, lantai kayu juga memberikan kenyamanan dan tampilan lebih menarik. Dibalik kelebihan tersebut, ternyata lantai kayu sebenarnya mudah keropos.

Hal ini menjadi salah satu kekurangan dari lantai kayu asli. Apabila tidak dirawat dengan perawatan khusus, maka lantai kayu tidak akan bertahan lama akibat keropos. Hal tersebut juga akan berdampak pada tampilan ruangan.

2. Tidak Tahan Pada Kelembapan

Kekurangan menggunakan kayu asli untuk lantai rumah yang selanjutnya adalah bahan tidak tahan lembab. Pada kondisi yang begitu lembab kayu tidak akan bertahan lama.

Hal ini menyebabkan kayu menjadi mudah lapuk dan keropos. Dampak yang lebih parah adalah lantai kayu asli akan menimbulkan bau yang tidak sedap karena tidak tahan lembab.

3. Noda Cair Sulit Dibersihkan

Kekurangan yang selanjutnya adalah sulit dibersihkan ketika terkena noda cair. Hal ini biasa terjadi ketika anda tidak sengaja menumpahkan minuman atau yang lainnya.

Noda cair tersebut akan meninggalkan bekas dan tidak mudah untuk dibersihkan. Sehingga bekas tersebut akan merusak tampilan lantai yang semula cantik.

4. Mudah Tergores

Lantai kayu juga sangat mudah untuk tergores. Apalagi jika sedang dibersihkan menggunakan alat yang berbahan kasar dan cara yang digunakan juga tidak benar. Hal ini juga menjadi salah satu kekurangan menggunakan kayu asli untuk lantai rumah.

5. Perawatan yang Sulit

Kekurangan yang selanjutnya adalah membutuhkan perawatan khusus. Seperti yang diketahui bahwa lantai kayu tidak tahan dengan lembab. Terkadang banyak orang yang membersihkan lantai kayu menggunakan air dalam jumlah banyak.

Oleh karena itu, anda harus menggunakan alat yang berbahan lembut untuk membersihkan lantai kayu. Kemudian hindari penggunaan air yang terlalu banyak agar air tidak meresap ke dalam kayu.

5 kekurangan menggunakan kayu asli untuk lantai diatas bisa anda gunakan sebagai bahan pertimbangan sebelum pakai lantai kayu pada ruangan.

About the author

Editorial

Add Comment

By Editorial

Editorial

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.