Domain saat ini menjadi incaran kebanyakan pebisnis untuk kebutuhan pemasaran digitalnya. Apalagi di era digital seperti saat ini, memiliki domain bisnis adalah suatu tuntutan. Bahkan, ada juga yang mengatakan bahwa satu domain saja tidak cukup.

Ya, ada berbagai alasan dan keuntungan, mengapa sebagai pebisnis, Anda perlu memiliki beberapa domain. Bisa lebih dari satu domain dengan ekstensi berbeda atau bisa juga dengan nama domain berbeda.

Selain itu, Anda juga bisa membuat subdomain dari domain utama yang sudah berjalan lebih dulu. Lantas, apa sajakah keuntungan-keuntungan memiliki domain lebih dari satu tersebut? Berikut ini ulasannya untuk Anda.

Keuntungan Memiliki Domain Lebih dari Satu

Sejatinya, setiap pebisnis pasti memiliki satu domain utama sebagai rujukan kliennya. Namun, yang namanya bisnis pasti ada saja kompetitor yang selalu berusaha bersaing, entah dengan cara yang sportif atau tidak.

Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda perlu memiliki lebih dari satu domain. Dengan demikian, domain brand bisnis Anda bisa aman dari klaim pihak kompetitor. Selain itu, risiko salah ketik pengguna internet saat mencari brand Anda di mesin pencari juga terantisipasi.

Alhasil, traffic pengguna terhadap bisnis Anda bisa tetap terjaring. Selengkapnya terkait keuntungan punya domain lebih dari satu bagi bisnis Anda, terdapat pada penjabaran berikut. Yuk, simak!

1. Menguatkan SEO Brand Produk

Pertama, domain tambahan berfungsi untuk memperkuat SEO brand produk Anda. Melalui domain tersebut, Anda bisa redirect traffic menuju domain utama Anda. Cara ini disebut Redirect 301.

Mungkin, Anda juga pernah menemukan konsep bisnis dengan lebih dari satu domain seperti ini. Dengan metode Redirect 301, trafik dapat berpindah dari satu domain ke domain lain. Tenang saja, cara ini termasuk legal dan berdampak positif terhadap SEO rank website Anda.

Tidak hanya itu, domain lebih dari satu bisa menjangkau konsumen internet lebih luas. Dengan demikian, akan lebih banyak pengguna internet yang mengetahui produk Anda melalui optimasi di mesin pencari.

2. Mengantisipasi Cybersquatting

Kejahatan internet atau sering dikenal dengan nama cyber crime memang sangat berbahaya dan kejam. Nah, cyber crime dalam bidang bisnis ini disebut sebagai cybersquatting atau penyerobotan nama domain.

Bisa saja, seseorang berniat melakukan cybersquatting pada domain Anda yang memiliki trafik tinggi. Kemudian, menjual nama domain tersebut dengan harga sangat tinggi pada perusahaan atau pihak yang menginginkan.

Jika sudah demikian, maka akan berdampak pada reputasi bisnis Anda yang sudah dibangun sejak awal. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi hal tersebut, sangat dianjurkan untuk memiliki lebih dari satu domain.

3. Memperkuat Brand

Keuntungan berikutnya yaitu melindungi dan memperkuat brand Anda. Setidaknya, ada empat alasan mengapa memiliki domain lebih dari satu bisa memperkuat brand Anda.

a. Mencegah domain tiruan

Pertama, mencegah kompetitor mengganggu bisnis Anda dengan membeli domain tiruan. Misalnya, website Anda bernama vinnaclothes.com, lalu ada kompetitor meniru dengan website vinnaclothes.id. Apabila pelanggan tidak teliti, pasti akan merugikan Anda bukan?

b. Memudahkan rebranding

Selanjutnya, memudahkan rebranding dengan cara redirect pelanggan yang mengunjungi URL lama ke URL yang baru. Upaya ini juga berguna untuk memperkenalkan pelanggan dengan brand baru secara halus.

c. Memahami karakter konsumen

Terkadang, banyak konsumen menyebut suatu bisnis secara tidak resmi. Misalnya produk Coca Cola, namun mendapat julukan lain yaitu Coke. Perusahaan Coca Cola pun membeli domain Coke.com, lalu me-redirect ke website resminya di Coca-cola.com.

d. Memanfaatkan TLD baru

Membeli domain dengan ekstensi berbeda bisa meningkatkan trafik, bahkan transaksi pengunjung. Tidak hanya itu, memanfaatkan TLD baru juga akan membuat bisnis Anda nampak lebih unggul dari kompetitor.

4. Strategi Memperluas Promosi Bisnis

Ada banyak penyedia domain & vps termurah yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan lebih dari satu domain. Keuntungan lainnya yaitu untuk memperluas pasar pelanggan baru dengan membuat landing page khusus ke halaman promosi produk Anda.

Bahkan, Anda juga bisa menjangkau pasar luar negeri untuk mengenalkan dan menjual produk melalui promosi online.

5. Mengantisipasi Harga Domain yang Semakin Naik

Tidak dipungkiri, antisipasi kenaikan harga domain adalah salah satu pertimbangan mengapa Anda perlu memiliki lebih dari satu domain sekarang. Sebagai contoh, domain .id mengalami kenaikan harga di beberapa provider karena per tanggal 1 April 2022 lalu, tarif PPN naik menjadi 11%.

Cara Mempunyai Domain Lebih dari Satu

Keuntungan Memiliki Banyak Domain Untuk Pebisnis Online
Keuntungan Memiliki Banyak Domain Untuk Pebisnis Online

Setelah mengetahui sejumlah keuntungan memiliki domain lebih dari di atas, pasti terlintas pertanyaan di benak Anda. Bagaimanakah cara memiliki domain lebih dari satu? Dimana saya bisa mendapatkan domain dan vps termurah?

Jawabannya, Anda bisa membeli vps termurah di Niagahoster. Tersedia beragam domain dengan ekstensi dan nama unik yang bisa Anda sesuaikan dengan domain utama Anda.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, kini Anda memahami bahwa memiliki domain lebih dari satu sangat penting bagi kemajuan dan perkembangan bisnis Anda. Nah, untuk mengoptimalkan domain tambahan Anda, percayakan pada Niagahoster sebagai penyedia domain & vps termurah.