Kisaran Harga Batu Nisan dan Modelnya

K

Artikel ini disponsori oleh San Diego Hills

Makam atau kuburan merupakan sesuatu yang dianggap sakral oleh masyarakat Indonesia. Bagi masyarakat Jawa pada khususnya, lokasi makam pun biasanya tidak pada tempat sembarangan, tetapi berada di dekat masjid.

Tidak hanya dari sisi letak, sejak dahulu pun ketika orang-orang akan berziarah ke makam pasti akan selalu membersihkannya, sehingga makam benar-benar terawat. Dan dari dahulu pula, nenek moyang punya cara sendiri untuk menandai makam agar tidak hilang digusur maupun ditimbun, yaitu dengan diberi batu.

 Zaman dahulu belum dikenal dengan nisan yang dibubuhi dengan nama atau informasi seperti tanggal lahir dan tanggal kematian, sehingga untuk penanda diberi dengan batu hitam yang tidak terlalu besar dan dinamakan dengan kijing.

Dari hanya batu sederhana, kijing kemudian berkembang menjadi batu nisan sejalan dengan perkembangan zaman. Dari batu yang diberi nama dan informasi secukupnya, hingga kini lahir beragam nisan bahkan yang terbuat dari marmer atau keramik.

Jenis batu Nisan dan Kisaran Harganya

Saat ini tersedia berbagai bentuk dan model batu nisan yang umum digunakan masyarakat. Tidak hanya terbatas dari batu ataupun kayu, nisan juga telah dibuat dari bahan modern seperti marmer dan keramik.

Lalu kira-kira model seperti apa saja yang ada dan berapa harga yang umunya ditetapkan oleh para pembuat batu nisan? Simak penjelasannya di bawah berikut.

Nisan Kotak

Model yang umum dijumpai adalah nisan kotak, yaitu model sederhana yang hanya berbentuk kotak tebal. Bisa terbuat dari batu, namun saat ini bahan marmer atau granit juga banyak digunakan. Pada bagian atasnya, dilengkapi dengan nama jenazah serta tanggal kelahiran dan kematian.

Nisan ini harganya lebih murah dikarenakan modelnya yang sederhana. Harganya bervariasi mulai dari ratusan ribu sekitar Rp300 ribu hingga mencapai Rp1 juta tergantung ukuran, bahan, dan ketebalan. Model nisan ini pada umumnya berwarna hitam dan hanya diletakkan di bagian kepala.

Nisan Tumpuk

Model nisan tumpuk juga disebut dengan model nisan mataram karena pada zaman dahulu memang model inilah yang digunakan untuk makam raja-raja atau tokoh penting dari Mataram, meskipun saat ini sudah banyak juga masyarakat umum yang menggunakannya.

Model ini tidak hanya mencakup bagian kepala saja, tetapi juga meliputi seluruh badan makam dengan dasar yang menumpuk. Makam model mataram dilengkapi dengan kijing yang bisa hanya diberi pada sisi kepala saja maupun kedua sisi.

Bentuk kijing ini bermacam-macam, ada pula yang mengambil bentuk sederhana yaitu kotak.

Karena ukurannya yang besar, nisan model ini harganya cukup mahal, bahkan bisa mencapai hingga Rp3,5 juta untuk yang terbuat dari marmer.

Nisan Kembang

Bentuk satu ini juga masih umum digunakan. Dinamakan nisan kembang karena modelnya yang melliuk-liuk memang mirip dengan kembang atau bunga. Tidak ada patokan khusus dalam desain nisan ini, sehingga bisa jadi tiap pengrajin menghasilkan nisan kembang yang berbeda-beda sesuai ciri khasnya masing-masing.

Harganya bisa mulai dari Rp700 ribu, tergantung ketebalan, ukuran, dan jenis desainnya harga bisa bertambah atau berkurang.

Beberapa jenis nisan diatas adalah model-model yang populer dan berkembang di masyarakat Indonesia. Saat ini, untuk mendapatkan nisan pun bahkan bisa melalui toko online. Untuk itu, pilihlah nisan yang tepat sesuai dengan keyakinan dan budget Anda.

About the author

Editorial

Add Comment

By Editorial

Editorial

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.