Kumpulan Akun Youtube Berisi Video Ondel-Ondel Unik dan Menarik

K

Bagi warga Jakarta tentu tidak merasa asing dengan tradisi ondel-ondel betawi. Boneka ini kerap ditampilkan dalam gelaran pesta rakyat setempat. Boneka khas masyarakat Betawi ini biasanya dimainkan dengan mengikuti alunan musik dari speaker gerobak. Boneka ini akan bergerak ke kiri dan kanan untuk menghibur para penonton sekalian.

Akan tetapi, bagi warga luar Jakarta mungkin belum begitu paham dengan ondel-ondel. Terlebih saat ini belum begitu memungkinkan guna singgah ke Jakarta. Tidak ada salahnya untuk melihat ondel-ondel dari sejumlah akun Youtube. Anda dapat melihat keseruan permainan boneka khas ibukota ini hanya melalui smartphone atau PC saja.

Atraksi Ondel-Ondel Raksasa di Monas

Akun Youtube Video Ondel-Ondel

1. Vidio Unik

Di akun Youtube ini Anda bisa melihat boneka kesenian tradisional Betawi yang tengah asyik menari mengikuti alunan musik. Akun ini menayangkan permainan kesenian asli ibukota di berbagai pentas jalanan. Tidak hanya itu saja, kesenian ini juga dimainkan dalam gelaran acara ulang tahun hingga pernikahan Adapun sanggar ondel-ondel yang ditampilkan ialah Sanggar Mamit CS.

Link YouTube: https://www.youtube.com/user/yogieaja77

2. Dongeng Kita

Dongeng Kita ialah salah satu akun Youtube yang menampilkan video lagu daerah yang berjudul serupa. Lagu yang ditulis oleh Djoko Subagyo ini dinyanyikan oleh Anggit dengan iringan musik dari Agus TM. Adapun setting video ondel-ondel yang ditayangkan oleh akun ini ada di Monas dengan versi animasi. Saking menariknya, video ini sudah disaksikan sampai nyari 6 juta kali.

Link YouTube: https://www.youtube.com/watch?v=wardyOl-EHo&t=11s

3.      Betawi Bangkit

Akun Youtube ini menayangkan parade ondel-ondel yang diketuai oleh David Darmawan. Parade Ondel-Ondel dan Festival 1000 Jawara ini diselenggarakan oleh para Betawi tulen dalam rekonstruksi proyek khusus pendirian Betawi Tower yang ada di Jakarta Barat. Acara yang diadakan pada tahun 2018 ini begitu banyak disaksikan oleh penonton Youtube hingga lebih dari 27 juta kali.

4.      Babang Marboi

Ini adalah akun Youtube yang menampilkan video ondel-ondel dengan membawakan lagu dari mendiang Benyamin S. Babang Marboi bersama ketiga temannya yakni Atta, Panjul dan Otoy menyanyikan lagu ondel-ondel dengan sangat apik. Lagu dan instrumen yang sangat bagus tentu membuat siapa pun yang mendengarnya serasa ingin berjoget bersama.

5.      Happiness Channel

Bagi Anda yang rindu dengan suasana Betawi, maka cobalah untuk berkunjung ke akun Youtube ini. Pada salah satu unggahannya, akun Youtube ini menampilkan video ondel-ondel hasil kegiatan Paguyuban Ondel-Ondel seluruh Jakarta. Ada ratusan ondel-ondel yang mengiringi sepasang ondel-ondel besar. Saking menariknya, video ini juga telah disimak sebanyak lebih dari 2 juta kali.

ondel ondel jakarta beragam ukuran
Ondel ondel jakarta (Wikipedia)

Kesenian tradisional Betawi memang cukup menarik disaksikan. Seperti halnya ondel-ondel. Boneka khas masyarakat Betawi ini kerap ada dalam gelaran acara ulang tahun, khitanan, pernikahan, festival hingga parade musik jalanan. Saksikanlah video ondel-ondel sebagai obat rindu dengan tanah Betawi tercinta secara mudah.

About the author

DMO Staff

Add Comment

By DMO Staff

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.