6 Lembaga Amil Zakat Resmi Dan Terdaftar Di LAZ Indonesia

6

Zakat adalah sebagian harta yang dikeluarkan oleh umat muslim dan diberikan kepada golongan yang berhak menerima zakat. Zakat ini merupakan rukun islam yang keempat sehingga sifatnya wajib bagi yang memenuhi kriteria wajib zakat. Zakat sebagai salah satu bentuk ibadah wajib sehingga bagi yang mengerjakan akan mendapatkan pahala dan jika ditinggalkan akan mendapatkan dosa. 

Seorang muslim atau muslimah yang sudah akil baligh, berakal dan memiliki harta sendiri, dimana harta tersebut cukup untuk memenuhi semua kebutuhan pokoknya dan terbebas dari hutang, berkewajiban untuk mengeluarkan zakat. 

Zakat ada beberapa macam diantaranya adalah Zakat Fitrah yang dibayarkan pada saat menjelang hari raya Idul Fitri, Zakat Maal, dan beberapa jenis zakat lainnya.

Lembaga Amil Zakat Resmi Dan Terdaftar Di LAZ Indonesia

Pemberian zakat kepada golongan yang berhak bisa dilakukan sendiri dan bisa dipercayakan kepada Lembaga Amil Zakat. Di Indonesia sudah banyak Lembaga Amil Zakat yang terpercaya dan terdaftar secara resmi pada Kementerian Agama. Berikut beberapa Lembaga Amil Zakat Resmi dan Terdaftar di Lembaga Amil Zakat Indonesia :

Dompet Dhuafa Republika

Merupakan sebuah lembaga non-profit yang menerima dana Zakat, Infaq, Shadaqah, dan Wakaf dari masyarakat yang kemudian disalurkan kepada yang berhak demi mengangkat harkat martabat kemanusiaan kaum dhuafa. Dompet Dhuafa resmi berdiri sejak tahun 1994 dan saat ini menjadi salah satu lembaga terpercaya di Indonesia untuk menerima dana Zakat, Infaq, Shadaqah, dan Wakaf.

Dana yang diterima oleh Dompet Dhuafa ini disalurkan kepada golongan-golongan yang berhak sesuai dengan syariat Islam. Selain itu lembaga ini memiliki beberapa program untuk meningkat harkat martabat kemanusiaan melalui kegiatan diberbagai bidang, misalnya pendidikan, sosial, ekonomi, dan kesehatan yang tersebar di seluruh Indonesia.

BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

BAZNAS merupakan satu-satunya lembaga yang dibentuk Pemerintah Nasional untuk menerima dana Zakat, Infaq, Shadaqah, dan Wakaf yang kemudian disalurkan kepada golongan yang berhak. BAZNAS ini berskala nasional, dan dapat memberikan rekomendasi bagi pembentukan BAZNAS pada tingkat Provinsi, Kebupaten atau Kota. 

Inisiatif Zakat Indonesia

Lembaga ini masih terbilang baru karena resmi terdaftar pada Lembaga Amil Zakat di Kementerian Agama pada tahun 2015. Walaupun masih baru, Inisiatif Zakat Indonesia merupakan salah satu lembaga penerima zakat yang terpercaya dan jangkauannya sudah sangat luas. Lembaga yang memiliki slogan “Memudahkan, Dimudahkan” ini berambisi menjadi lembaga zakat yang otentik serta menyalurkan dana yang diterima sesuai sasaran dan tujuan syariat Islam.

Yatim Mandiri Surabaya

Lembaga ini bermula pada sebuah gagasan untuk menyatukan seluruh panti asuhan di Surabaya pada tahun 1994, sehingga dibentuklah Yayasan Pembinaan dan Pengembangan Panti Asuhan Islam dan Anak Purna Asuh (YP3IS). Pada tahun 2018 baru berubah nama menjadi Yatim Mandiri karena nama sebelumnya terlalu panjang dan sulit diingat.

Fokus lembaga ini adalah menyalurkan dana yang berasal dari Zakat, Infaq, Shadaqah, dan Wakaf kepada anak yatim piatu. Dana ini disalurkan ke panti atau kepada lembaga atau perseorangan untuk kemudian diteruskan guna membantu anak yatim piatu.

Lembaga Amil Zakat Infak dan Shadaqah Nahdatul Ulama (NU CARE LAZIZ NU)

NU CARE LAZIZ NU sudah terdaftar Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah seraca resmi pada tahun 2004. Lembaga ini digagas oleh para petinggi NU untuk membantu menyalurkan dana zakat di provinsi Jawa Tengah dan sekitarnya.

LAZIZ MU (Lembaga Amil Zakat Muhammadiyah)

Lembaga ini dibentuk oleh para petinggi Muhammaddiyah yang menerima dana Zakat, Infaq, Shadaqah, dan Wakaf untuk disalurkan kepada yang membutuhkan dalam skala nasional.

Berbagai lembaga penerima zakat di atas sudah tersebar di berbagai kota bahkan beberapa diantaranya bisa diakses secara online. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan para wajib zakat untuk membayar zakat demi membantu orang-orang yang membutuhkan. Jadi jika anda memiliki cukup harta, tidak ada alasan lagi untuk tidak membayar zakat.

About the author

Editorial

Add Comment

By Editorial

Editorial

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.