Letak Geografis Gunung Bromo dan 4 Rute Perjalanannya

L

Malang menjadi salah satu kota yang memiliki tempat pariwisata menarik untuk dikunjungi. Mungkin kata pertama yang paling banyak diucapkan orang ketika mendengar kota Malang adalah Gunung Bromo. Jawaban ini memang tidak sepenuhnya salah, namun Anda harus lebih mengenal letak geografis Gunung Bromo secara lebih detail. Berikut ulasan lengkapnya!

Letak Geografis Gunung Bromo

Gunung ini memiliki tinggi mencapai 2.300-an mdpl. Bromo termasuk gunung api yang masih aktif dengan bentuk tubuh ngarai dan lembah dengan 10 km² lautan pasir. Lokasi kawahnya berupa lingkaran besar dengan ukuran 4 km.

Gunung Bromo memang dikenal menjadi salah satu wisata favorit di kota apel, Malang Jawa Timur. Namun sebenarnya, lokasi tempat wisata ini berada di antara 3 kabupaten lain, yaitu Kabupaten Lumajang, Probolinggo dan Pasuruan. Gunung ini lebih dianggap menjadi ikon kota apel, sebab lokasinya persis di sebelah timur Kabupaten Malang.

Wisata gunung bromo bersama TravelMalang.ID
Wisata gunung bromo bersama TravelMalang.ID

Rute Perjalanan Menuju Gunung Bromo

Lokasi yang berada di antara 4 kabupaten ini membuat akses para wisatawan yang hendak berkunjung lebih mudah menjangkaunya. Akses jalan menuju Gunung Bromo bisa ditempuh melalui jalur 4 kabupaten tersebut. pada setiap rute masing-masing kabupaten memiliki keunikan, kelebihan dan kekurangan masing-masing. Apa sajakah itu?

  1. Rute perjalanan dari Tumpang, Kabupaten Malang akan menyuguhkan pemandangan alam sekitar dengan panorama hamparan sawah yang hijau dan udara sejuk. Namun, Anda harus bersiap-siap karena medan jalan cukup sulit.
  2. Rute perjalanan dari Wonokitri, Pasuruan memiliki jalanan yang mulus dan nyaman. Namun, Anda harus mempersiapkan kondisi kendaraan dengan baik, khususnya memastikan rem, karena jalannya paling curam di antara rute lain.
  3. Rute perjalanan dari kabupaten Lumajang hanya sampai di jalan B29. Selebihnya, Anda harus mengaksesnya dengan jalan kaki. Meskipun cukup sulit, Anda akan disuguhi dengan panorama alam yang memesona.
  4. Rute perjalanan dari Ngadisari, Probolinggo merupakan jalur paling tua menuju wisata Bromo. Jalan ini sudah dibuka dari 100 tahun lalu. Kondisi jalan cukup menanjak, sehingga usahakan mengendarai motor/ mobil manual.

Kelebihan dan kekurangan dalam setiap rute di atas bisa menjadi acuan Anda untuk menentukan rute mana yang membuat perjalanan lebih nyaman. Misalnya saja, jika Anda datang dari Bandara Juanda Surabaya, maka Anda bisa melalui Sidoarjo – Bangil – Pasuruan – Probolinggo, hingga sampailah di Bromo.

Akses Kendaraan Menuju Gunung Bromo

Lokasi wisata Gunung Bromo yang sudah dikenal banyak masyarakat membuat akses jalan menuju tempat ini terbilang mudah. Hal ini juga sejalan dengan moda transportasi apa yang bisa dipilih. Anda bisa menggunakan angkutan umum, sewa motor/mobil/jeep, hingga mengendarai kendaraan pribadi. Sangat fleksibel bukan?

Berwisata ke Gunung Bromo tidak akan menyulitkan Anda dalam hal akses menuju lokasinya. Letak geografisnya cukup dibilang sangat strategis, sehingga akan memudahkan jangkauan kendaraan jenis apapun. Apakah Anda sudah menentukan jalur manakah yang akan diambil?

About the author

Editorial

Add Comment

By Editorial

Editorial

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.