Keanekaragaman budaya, adat dan tradisi di Indonesia menghasilkan berbagai jenis kuliner unik. Nasi merupakan makanan pokok yang wajib ada. Berkat kreativitas masyarakat, banyak ditemukan olahan nasi yang bisa Anda nikmati dari seluruh Nusantara.

12 Nasi Olahan di Indonesia

1. Nasi Subut

Nasi subut berasal dari Kabupaten Tana Tidung, Provinsi Kalimantan Utara. Bahan dasarnya adalah ubi ungu, beras, dan butiran jagung. Tampilannya menarik dan rasanya unik.

Kandungan gulanya yang rendah sehingga banyak dikonsumsi orang-orang yang sedang diet atau memiliki penyakit gula darah tinggi.

2. Nasi Megono Pekalongan

Nasi Megono Khas Jawa Tengah
Nasi Megono Khas Jawa Tengah

Megono berisi nasi yang dicampur dengan sayuran seperti nangka muda, rempah-rempah dan kelapa muda. Selain itu, diberi lauk berupa opor ayam, tempe goreng, pepes jamur, ayam goreng, pepes tahu teri dan ikan pindang.

3. Nasi Bakar

Salah satu cara unik untuk mengolah nasi adalah dengan dibakar. Nasi diberi santan dan berbagai macam bumbu rempah. Anda bungkus menggunakan daun pisang lalu dibakar. Beberapa orang ada yang menambahkan lauk seperti udang, teri dan ayam.

4. Nasi Jagung

Jenis olahan nasi ini bisa Anda jumpai di Jawa Tengah, Madura, Jawa Timur dan Nusa Tenggara. Cara pengolahannya yaitu pipilan jagung ditumbuk, lalu ditanak hingga matang seperti ketika memasak beras. Nasi jagung juga bisa dinikmati bersama lauk.

Lihat juga: Nasi Tiwul Khas Pacitan

5. Nasi Kuning

Warna kuning terbentuk akibat adanya rempah-rempah kunyit. Hampir di semua daerah di Indonesia ditemukan nasi kuning hanya saja cara penyajian dan jenis lauk yang menghiasi berbeda-beda.

Nasi Kuning Begadang Maluku
Nasi Kuning Begadang Ambon, Maluku

Pada umumnya, nasi kuning disajikan dalam bentuk tumpeng yang mana dikelilingi oleh lauk, urap dan lain sebagainya. Tumpeng mengandung makna kekayaan dan kemakmuran. Tidak heran jika sering hadir dalam acara seperti syukuran.

6. Nasi Tutug Oncom

Nasi khas Sunda ini dibuat dengan mencampurkan oncom yang telah dilumat dan dibumbui dengan nasi. Teksturnya unik, rasanya pun sangat gurih dan lezat. Banyak orang yang memburunya ketika berwisata kuliner di Jawa Barat.

7. Nasi Jamblang

Nasi Jamblang Khas Cirebon
Nasi Jamblang Khas Cirebon

Keunikan nasi khas Cirebon ini adalah dibungkus daun jati sehingga muncul aroma yang sedap. Anda wajib mencicipinya, pasalnya nasi juga dilengkapi dengan lauk sehingga rasanya sangat lezat.

8. Nasi Uduk Betawi

Nasi Uduk Khas Betawi
Nasi Uduk Khas Betawi

Nasi uduk khas daerah Betawi ini sangat sedap dan terasa gurih. Aroma dan rasa tersebut tercipta karena nasi diaron dengan berbagai bumbu dan santan, setelah itu baru dikukus sampai matang. Anda pasti akan ketagihan saat mencobanya.

9. Nasi Gandul

Nasi Gandul Khas Pati
Nasi Gandul Khas Pati

Hidangan khas Pati, Jawa Tengah ini diberi nama nasi gandul karena nasi disiram dengan kuah gandul dan potongan daging. Selain itu, juga ditambahkan telur bacem, tempe dan perkedel sehingga rasanya semakin enak.

10. Nasi Gegok

Bagi Anda para pecinta masakan pedas, wajib mencoba nasi gegok yang asalnya dari Trenggalek. Penyajiannya sederhana, nasi di atasnya diberi sambal teri kemudian dibungkus dan dikukus.

11. Nasi Grombyang

Jalan-jalan ke Pemalang, Jawa Tengah kurang lengkap jika tidak mencoba menu nasi grombyang. Nasi disajikan bersama kuah yang cukup banyak. Alhasil, tampak bergoyang-goyang.

12. Nasi Minyak

Nasi menjadi istimewa karena disantap bersama sambal nanas dan malbi, lauk khas Provinsi Sumatra Selatan. Pada zaman dahulu, makanan tersebut dianggap mewah oleh masyarakat Palembang.

Pasalnya, hanya seorang sultan saja yang boleh memakannya di waktu-waktu tertentu. Misalnya usai sholat Jumat atau pesta untuk merayakan kesultanan.

Anda sangat beruntung bisa tinggal di Indonesia, banyak menu nasi hasil olahan yang rasanya bisa memanjakan lidah. Anda sangat direkomendasikan untuk mencoba sendiri sensasi makan nasi dengan rasa khas dari berbagai daerah.