Mengenal Manfaat Madu Odeng dan Cara Cek Keasliannya

M

Madu odeng merupakan madu yang berasal dari spesies lebah Apis Dorsata. Lebah tersebut hidup secara koloni dan sarangnya berbentuk kotak berada di area hutan. Karena habitatnya berada di hutan, maka nectar yang dikonsumsi lebah dari bunga berbagai macam tanaman yang ada di hutan (mutiflora).

Hal tersebut mengakibatkan madu odeng mempunyai rasa serta aroma yang berbeda-beda setiap kali panen. Lebah yang menghasilkan madu odeng atau madu hutan ini hanya mampu berkembang biak di wilayah tropis dan subtropis. Salah satu kesitimewaan madu odeng asli adalah, madu ini hanya dipanen di musim tertentu di dalam hutan tropis, artinya bukan madu yang diternakkan dengan sengaja melainkan madu yang langsung diambil dari sarang lebah di alam bebas.

Mencari madu yang dijamin keasliannya? Madu iHoney terbukti mengandung kadar enzim diastase yang tinggi (hingga 29 DN), hebatnya lagi, enzim itu tetap aktif karena madu iHoney tidak melalui proses pemasakan. Kandungan iHoney lainnya seperti bee polen, royal jelly, vitamin, mineral dan nutrisi di dalam madu dijaga untuk tetap utuh.

Mengomsumsi madu iHoney membantu kita terhindar dari diabetes, stroke, insomnia, sekaligus meningkatkan imunitas tubuh. Untuk meyakinkan Anda silakan cek ihoney.co.id.

Panen Madu Odeng Di Tengah Hutan
Panen Madu Odeng Di Tengah Hutan

Manfaat Madu Odeng

Pada dasarnya madu odeng mempunyai manfaat yang tidak jauh berbeda dengan madu biasa. Namun, kandungan yang dimiliki madu odeng lebih pekat, sehingga manfaat untuk kesehatan manusia lebih bagus dibandingkan dengan madu lainnya. Berikut beberapa manfaat yang ada pada madu odeng:

  1. Membantu Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sebenarnya semua jenis madu mempunyai manfaat untuk meningkatkan stamina dan kekebalan tubuh. Karena madu odeng mempunyai kandungan yang lebih pekat, maka khasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh madu odeng lebih efektif.

Hal tersebut dikarenakan madu odeng memiliki sifat sebagai antimikroba dan antibakteri. Madu odeng sangat kebal terhadap bakteri gram positif.

  1. Meningkatkan Nafsu Makan

Madu odeng dapat meningkatkan nafsu makan dikarenakan mengandung glukosa dan fruktosa yang tinggi. Kedua kandungan tersebut dapat dijadikan sebagai stimulan pada sistem pencernaan.

  1. Menyehatkan Kulit

Manfaat madu odeng tidak hanya dari dalam tubuh saja. Akan tetapi, jenis madu ini bisa mengobati luka bakar dan menyehatkan kulit.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Antioksidan yang tinggi pada madu odeng dipercaya mampu membuat tekanan darah seseorang turun. Oleh karena itu, madu odeng juga bisa mengurangi resiko terkena serangan jantung, kanker, dan stroke.

  1. Memperbaiki Kolesterol

Konsumsi madu odeng secara rutin dapat membuat kualitas kolesterol dalam tubuh lebih baik. Banyak penelitian yang telah menyatakan bahwa madu odeng bisa mengurangi kadar kolesterol jahat.

  1. Membantu Meredakan Batuk Pilek

Selaput meradang dan gangguan batuk dapat diatasi dengan kandungan nutrisi madu odeng yang tinggi. 

Cara Mengecek Keaslian Madu Odeng

Madu odeng mempunyai ciri-ciri yang berbeda dengan madu biasa. Oleh karena itu, cara untuk mengetahui madu odeng adalah dengan memahami perbedaannya dengan madu biasa. Harga madu odeng cenderung lebih mahal, karena telah diklaim memiliki khasiat yang unggul.

Berikut beberapa perbedaan madu odeng dengan madu lainnya:

Lebah Pembuat

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa madu odeng berasal dari lebah Apis Dorsata yang hanya bisa berkembang biak di kawasan tropis dan subtropis. Sedangkan madu biasa dihasilkan oleh lebah ternak yang terdiri dari berbagai macam spesies.

Rasa Madunya

Madu biasa yang dihasilkan oleh lebah ternak biasanya menghasilkan madu dengan rasa yang sangat manis. Hal tersebut dikarenakan lebah-lebah ternak diberi suplemen berupa tambahan gula. Tidak heran jika madu biasa mempunyai rasa yang sangat manis.

Sedangkan madu odeng atau madu hutan mempunyai rasa yang kompleks dan tidak selalu sama. Aroma dari madu odeng pun lebih enak dan tentunya kompleks juga. Hal tersebut dikarenakan madu odeng diperoleh dari berbagai tanaman yang ada di hutan (multiflora). Adapula sebagian madu Odeng dari daerah Garut (Jawa Barat) yang memiliki rasa agak pahit dan cukup pekat dibanding madu biasanya.

Warna Madunya

Foto Madu Odeng Asli Lokal
Foto Madu Odeng Asli Lokal

Biasanya madu mempunyai warna coklat keemasan. Akan tetapi, madu odeng memiliki warna coklat kehitaman. Hal tersebut dikarenakan madu odeng terdapat kandungan enzim, mineral, dan zat lainnya yang lebih banyak dibanding madu biasa.

Madu odeng dapat dikonsumsi setiap hari dan memberikan manfaat yang bagus untuk tubuh. Namun, madu ini cenderung sulit didapatkan dan tentunya memiliki harga yang lebih mahal. Perlu Anda ingat, membedakan madu asli dengan palsu cukup sulit, sehingga Anda perlu membelinya dari penjual terpercaya. 

About the author

DMO Staff

Add Comment

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.