Mengenal Mandau Dan Tameng Sebagai Properti dalam Seni Tari

M

Kalimantan Tengah merupakan salah satu provinsi yang kaya akan kebudayaan di Indonesia dan jug memiliki banyak jenis tarian Kalimantan Tengah karena banyaknya suku yang beragam. Salah satu tarian tradisional yang berasal dari Kalimantan Tengah yang sangat populer dulunya yaitu Tari Mandau.

Tari Mandau

Tari Mandau merupakan salah satu kesenian tari tradisional yang berasal dari suku Dayak, Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Tari Mandau menunjukkan aksi yang menggunakan properti tari yaitu senjata mandau. Nama tari ini juga diambil dari nama senjata mandau yang merupakan senjata tradisional suku dayak berbentuk parang atau pedang

Tari Mandau merupakan simbolisasi dari semangat membela diri dan kehormatan dan juga perjuangan masyarakat suku Dayak jadi bukan hanya berfungsi sebagai seni pertunjukan dalam kehidupan masyarakat. 

Tari ini bukan hanya menceritakan nasionalisme masyarakat Bumi Tambun Bungai yang berjuang mempertahankan tempat kelahirannya namun juga merupakan simbolisasi kejantanan pria suku dayak yang telah melewati segala tantangan dalam kehidupan. 

Properti Mandau dan Tameng

Tari mandau bukan hanya dipertunjukkan untuk penari pria saja namun juga penari wanita. Untuk busana yang dikenakan berupa rompi kulit yang memiliki motif khas pakaian tradisional suku dayak dan juga aksesoris seperti kalung sebagai perlengkapan tambahan. Perlengkapan tambahan lainnya seperti gelang, penutup kepala yang memiliki bentuk seperti burung tingang, dan tato di tubuh para penari.

Foto senjata mandau / Wikipedia

Selain perlengkapan tersebut, tari mandau juga dilengkapi dengan properti yang wajib dipakai yaitu senjata mandau dan talawang yang merupakan sebuah perisai atau tameng khas suku Dayak. Mandau merupakan senjata tajam sejenis parang yang memiliki ukiran di bagian bilah yang tidak tajam. 

Pergelaran Tari Mandau

Tari mandau digelar dengan menampilkan seni tari dan atraksi yang indah dengan memainkan senjata berupa mandau dan juga tameng, berbeda dengan tari mandau kinyah yang menampilkan seni pertempuran dengan unsur-unsur teatrikal dalam pergelarannya. Bagi yang baru menonton tari mandau mungkin akan kaget karena akan menampilkan berbagai aksi dan atraksi yang berbahaya misalnya sepert mengayunkan dan menggigit mandau yang tajam. 

gaya teaterikal tari mandau
Gaya teaterikal tari mandau / Indonesiakaya

Namun sebenarnya atraksi ini cukup aman dan tidak berbahaya karena para penarinya sudah melakukan ritual khusus agar selama pergelaran tari mandau dapat berjalan lancar dan aman tanpa adanya gangguan. Para penari juga sudah dilatih dan profesional sehingga sudah mengerti trik dalam melakukannya. 

Alat Musik Tari Mandau

Sebuah tarian tradisional tentu tidak lengkap tanpa iringan musik. Iringan musik tari mandau menggunakan musik tradisional khas suku dayak yaitu Gerantung dan Gandang yang menghasilkan irama yang merdu dan menghentak. Gerantung sendiri terbuat dari bahan dasar logam seperti gamelan yang berasal dari Jawa. 

Tari mandau memiliki lantunan musik yang sangat indah dan menyenangkan seakan-akan menyatu dengan gerakan yang dibawakan oleh para penari. 

Tari mandau sering ditampilkan dalam berbagai acara seperti acara adat daerah, upacara penyambutan, karnaval budaya, dan acara-acara lainnya. Tari ini bahkan sering dipertontonkan di berbagai acara karnaval internasional sebagai perwakilan kebudayaan etnis khas Negara Indonesia. Inilah pembahasan tentang tari mandau mulai dari pergelaran, alat musik, hingga properti tari mandau dan tameng. Hingga saat ini tari mandau juga masih dianggap sebagai tari tradisional yang penting bagi masyarakat suku dayak.

About the author

DMO Staff

Add Comment

By DMO Staff

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.