Untuk kicau mania, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah pemasteran burung. Ya, ini karena pemasteran bagi kicau mania ibarat seni dan tantangan dalam merawat dan memelihara burung kicau. Menjadi kebahagian tersendiri bagi kicau mania ketika dapat melatih burung kicaunya sampai dapat menirukan kicau burung lain. Untuk pemasteran sendiri ada beberapa cara.

Sebelum membahas cara memaster burung, ada baiknya kicau mania tahu lebih detail apa itu pemasteran, agar kicau mania tidak salah langkah ketika memaster burung kicau kesanyangan. Berikut sedikit informasi tentang apa itu pemasteran dan Cara cerdas dalam memaster burung kicau.

Apa Itu Pemasteran Burung Kicau?

Yellow Lutino Cockatiel In Black Cage Sitting On Perch
Yellow Lutino Cockatiel In Black Cage Sitting On Perch

Pemasteran atau memaster burung kicau merupakan proses melatih burung kesayangan agar bisa menirukan sekaligus mendoktrin burung dengan suara kicau burung lainnya. Jadi burung dilatih supaya dapat merekam dan menirukan suara kicau yang berbeda, yang telah kicau mania perdengarkan. Suara kicau lain ini bisa dari suara burung sejenis atau juga kicau dari burung lain yang berbeda jenis.

Pemasteran bertujuan agar burung memliki variasi dari kicauannya. Biasanya hal ini dilakukan agar burung kicau kesanyangan dapat memenangkan lomba kicau. Jadi semakin variatif kicauan burung yang diperlombakan semakin tinggi kesempatan memenangkan lomba. Untuk memaster burung, waktu yang paling cocok adalah burung masih trotolan atau saat burung mabung. Bisa juga saat burung istirahat di siang hari dan malam hari menjelang pagi pada jam 22.00-06.00.

Cara Memaster Burung Kicau

Supaya proses memaster tidak gagal dan lebih cepat, kami memiliki sedikit tips cara memaster burung yang tepat. Dan berikut ini ulasan cara cerdas memaster isian burung dengan benar.

Memaster Burung dengan Menggunakan Burung Asli

Cara memaster burung menggunakan burung asli atau disebut burung master masih populer dikalangan kicau mania. Walaupun dengan cara ini kicau mania perlu mengglontorkan dana yang cukup dalam. Beberapa jenis burung yang kerap dijadikan master seperti, lovebird, kapas tembak, cucak jenggot, cililin dan gereja.

Suara kicauan tembakan rapat dan irama cepat yang menjadikan burung ini dipilih menjadi master. Supaya masteran dengan burung asli efektif berikut langkah-langkah yang perlu diperhatikan

  1. Tempatkan burung yang ingin dimaster diruangan yang sama dengan burung master. Dalam sekali masteran bisa beberapa burung sekaligus.
  2. Berikan kerodong dan gantung burung masteran tidak jauh dari burung masternya.
  3. Dikerodong sendiri bertujuan agar burung masteran fokus mendengarkan suara burung masternya tanpa harus melihatnya. Ini dipercaya dapat mempercepat proses masteran.

Memaster Burung Menggunakan Suara MP3

Pemasteran burung menggunakan mp3 atau sering disebut juga masteran mp3 saat ini cukup diminati kicau mania. Dengan menggunakan mp3 biaya yang dikeluarkan cukup murah karena hanya bermodal koneksi data dan perangkat pemutar audio mp3. Supaya lebih efektif berikut tips cara  memaster burung dengan menggunakan mp3.

  1. Audio dari masteran mp3 harus berkualitas, jernih, dan bersih dari suara noise atau suara lain yang menganggu.
  2. Beri perhatian lebih pada volume perangkat yang digunakan agar tidak terlalu keras yang akan membuat burung tidak nyaman. Dan jangan sampai terlalu lirih, yang membuat burung masteran tidak mendengar dan merekam suara master yang didengarkan.
  3. Atur pemutar mp3 di bawah sangkar burung agar lebih efisien.
  4. Hindari menggabungkan 3 suara burung master dalam 1 sesi masteran
  5. Untuk setiap suara masteran berikan jeda 3-5 menit
  6. Waktu pemasteran dilakukan setiap hari selama 90 menit pada siang dan sore hari. Dan dilakukan 1-2 bulan agar semua masteran dikuasai.

Demikian sedikit tips cara memaster burung kicau agar memiliki suara yang bervariatif. Untuk pemasteran memang membutuhkan ketelatenan dan waktu yang cukup lama. Namun hasil yang didapat pasti akan berbanding lurus dengan usaha yang dilakukan.