Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Smartphone

C

Banyaknya aplikasi dan game yang terinstall pastinya membuat memori HP-mu kepenuhan. Atau memang pada dasarnya memori internal HP Anda sangat kecil sekali, sehingga membuat Anda sangat terbatasi untuk mendownload aplikasi atau game yang Anda inginkan. Itu artinya Anda harus segera memindahkan aplikasi yang ada ke kartu SD. Tak perlu khawatir, sebab kali ini akan kami membagikan cara memindahkan aplikasi ke kartu SD yang mudah, melalui beberapa aplikasi yang kami pilihan berikut.

Kabar baiknya, untuk melakukan pemindahan aplikasi ke kartu SD Anda tidak perlu melakukan rooting terlebih dulu. Panduan memindahkan aplikasi ke memori SD Card ini bahkan bisa diaplikasikan di semua merk HP, mulai dari HP Samsung, Oppo, Asus, Lenovo, Vivo, LG, Xiaomi, dan lain sebagainya.

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD

App2SD Easy

Cara memindahkan aplikasi ke kartu SD pertama adalah dengan menggunakan aplikasi App2SD Easy. Ini merupakan aplikasi untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD terbaik buatan Bazinga. Jika dibandingkan dengan aplikasi lain, App2SD Easy menawarkan fitur lengkap dan tampilannya pun lebih sederhana sehingga mudah dalam penggunaannya.

App2SD Easy bahkan akan menampilkan daftar aplikasi yang terinstall di HP Anda. Selain itu, aplikasi tersebut juga akan mengingatkan Anda selalu agar tidak memindahkan aplikasi tertentu sekaligus memberikan beberapa alasannya. Pada tampilan Home aplikasi App2SD Easy terdapat 5 tombol pilihan yang mewakili beberapa fungsi dari aplikasi tersebut.

Adapun fitur unggulan aplikasi App2SD Easy antara lain sebagai berikut, yakni pemindahan aplikasi ke kartu SD, pembersihan cache, optimasi memori, dan uninstall aplikasi. Tentu saja pada fitur utama aplikasi ini Anda bisa memindah aplikasi ke kartu SD dengan mudah dan praktis.

Baca juga: Panduan Memindahkan Aplikasi ke SD Card

ManageApps (Apps 2 SD)

Pilihan lain aplikasi pemindah aplikasi dan game ke kartu SD adalah ManageApps (Apps 2 SD). Aplikasi buatan ProbComp tersebut tentu saja sangat berguna sekali untuk memindahkan aplikasi atau game yang berukuran besar, baik itu dari HP atau tablet ke kartu SD. ManageApps (Apps 2 SD) akan menampilkan aplikasi ke dalam empat kategori, antara lain ada Moveable, SD Card, All Apps, dan Phone Only.

Kabar baiknya, aplikasi yang bisa ditemukan di Google Play tersebut bisa di download dan install secara gratis. Sama seperti aplikasi pemindah aplikasi ke kartu SD lainnya, ManageApps (Apps 2 SD) juga menawarkan beberapa fitur unggulan. Meskipun tidak terlalu populer dibandingkan dengan aplikasi pertama, ManageApps (Apps 2 SD) tetap bisa diandalkan untuk memindahkan aplikasi ke memori SD Card Anda.

Disable App adalah fitur utama pada aplikasi tersebut yang berguna untuk menon-aktifkan aplikasi dan membackup Apps 2 SD yang bisa digunakan untuk menyimpan aplikasi yang sudah terinstall. Itu artinya, Anda bisa dengan mudahnya menggunakannya lagi jika suatu saat nanti diperlukan tanpa harus mendownloadnya kembali.

AppMgr III

Aplikasi yang terakhir ini selain mudah digunakan ternyata memiliki fitur lebih lengkap jika dibandingkan dengan kedua aplikasi di atas. Namun meskipun demikian aplikasi AppMgr III tersebut memiliki fungsi yang sama, yakni bisa memindahkan aplikasi ke kartu SD dengan mudah. Tapi sayangnya, dalam penggunaannya aplikasi tersebut ternyata agak lambat.

Di bagian layar utama pada aplikasi tersebut Anda akan disuguhkan tiga tap, antara lain daftar aplikasi yang moveable, on SD Card, dan aplikasi yang tidak bisa dipindah. Lalu untuk fitur yang tersemat pada aplikasi ini ada App Manager dan Hide App.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara memindahkan aplikasi ke kartu SD. Semoga bermanfaat.

About the author

Editorial
By Editorial

Editorial

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.