Mengenal Beasiswa APERTI Dari BUMN

M

Brought to you by Ruangguru.co.id

Sebenarnya ada banyak sekali anak bangsa yang cerdas, tapi karena keterbatasan biaya mereka terpaksa tidak melanjutkan jenjang pendidikan ke bangku kuliah. Melihat kondisi tersebut Badan Usaha Milik Negara bersinergi bersama beberapa universitas di Indonesia membentuk APERTI BUMN.

Apa Itu Beasiswa APERTI BUMN?

Di kalangan praktisi pendidikan, istilah APERTI BUMN mungkin bukan istilah asing. APERTI merupakan Aliansi Perguruan Tinggi yang ditujukkan pada lima perguruan tinggi swasta di tanah air. Saat melakukan sinergi tersebut, baik BUMN dan kelima perguruan tinggi tidak hanya membangun hubungan partnership tapi turut menggagas program beasiswa.

Beasiswa APERTI BUMN dibuka untuk seluruh siswa lulusan SMA/SMK/MA. Detail beasiswa yang diberikan berbeda tergantung kebijakan dari masing-masing universitas. Program studi yang ditawarkan untuk program beasiswa pun telah ditentukan oleh universitas.

Contohnya Telkom University yang menyediakan kuota beasiswa untuk tujuh fakultas dengan variasi program studi. Sementara Sekolah Tinggi Manajemen Logistik (STIMLOG)  hanya menawarkan dua program studi saja yakni SI Manajemen Logistik dan yang kedua SI Manajemen Transprotasi.

Menariknya selain memiliki kebejakan yang berbeda terkait jatah beasiswa, masing-masing universitas juga memiliki kebijakan berlainan mengenai cakupan dan peraturan pemberian beasiswa untuk siswa yang lolos program beasiswa APERTI BUMN.

Cakupan dan Peraturan Beasiswa APERTI

Setiap anak memiliki impian tapi tidak semua anak diberkati dengan kemampuan untuk mewujudkan impian tersebut. Bersama beasiswa APERTI, siswa kini bisa menjangkau impian mereka lebih dekat. Tapi sebelum mendaftarkan diri baiknya mengetahui cakupan peraturan beasiswa yang diatur oleh masing-masing universitas berikut ini:

Telkom University

universitas terlkom milik BUMN
universitas terlkom milik BUMN

Sebelumnya telah disebut terdapat 7 fakultas yang mendapatkan jatah beasiswa dari APERTI BUMN di Telkom University. Fakultas tersebut meliputi:

  • Fakultas Teknik Elektro
  • Fakultas Informatika
  • Fakultas Rekayasa Industri
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Industri Kreatif
  • Fakultas Komunikasi dan Bisnis
  • Fakultas Ilmu Terapan

Anda yang sejak lama memiliki impian kuliah di Telkom University bisa mengikuti beasiswa APERTI BUMN. Adapun cakupan biaya yang dibebaskan oleh universitas bagi penerima beasiswa adalah biaya UP3, biaya penyelenggaraan pendidikan dan SDP2. Sementara itu untuk kebijakan pembayaran BPP semester, Telkom University memiliki persyaratan tambahan.

Di mana siswa penerima beasiswa tidak boleh menapatkan IPK kurang dari 3.50, bila IPK yang diterima kurang dari 3.50 otomatis siswa harus membayar BPP semester secara mandiri mulai dari 25%-100%. Jika di semester berikutnya siswa bisa kembali konsisten mendapatkan IPK 3.50 maka mereka akan dibebaskan kembali dari biaya BPP semester.

Sekolah Tinggi Manajemen Logistik

STIMLOG merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di tanah air yang berdiri atas prakarsa YPBPI (Yayasan Pendidikan Bhakti Pos Indonesia). Perguruan tinggi dibangun dengan harapan bisa memenuhi kebutuhan sektor industry terutama dalam bidang logistic dan manajemen.

Saat memilih perguruan tinggi ini untuk mengikuti beasiswa APERTI BUMN, artinya Anda hanya diperkenankan untuk memilih dua program studi saja.

Sekolah Tinggi Teknik PLN

STT-PLN menawarkan dua program kuliah bagi siswa SMA/SMK/MA yang baru lulus yakni program diploma atau sarjana dengan terapan ilmu yang beragam. Saat masuk ke STT-PLN melalui jalur beasiswa APERTI, artinya Anda akan dibebaskan dari biaya kuliah penuh sampai mendapatkan gelar sarjana.

Tentunya ada beberapa peraturan yang telah ditetapkan oleh STT-PLN dan harus dipenuhi oleh masing-masing penerima beasiswa. Di mana, siswa harus secara konsisten mendapatkan IPK tidak kurang dari 3.20 setiap semesternya.

Jika satu semester saja mendapatkan IPK di bawah tersebut, maka beasiswa mahasiswa akan dicabut dan berubah menjadi mahasiswa regular. Artinya, Anda harus membayar biaya kuliah secara mandiri.

Universitas Pertamina

Yang ingin bekerja di PERTAMINA bisa masuk ke Universitas Pertamina melalui jalur beasiswa. APERTI BUMN memberikan jatah enam fakultas dengan beragam terapan ilmu, Anda bisa mengambil kuliah di Fakultas Sains dan Komputer atau Ekonomi dan Bisnis.

Cakupan beasiswa yang diberikan oleh Universitas Pertamin ada dua jenis yakni pembebasan pembayaran biaya SPI dan SPP semester.

Universitas Internasional Semen Indonesia

Tidak kalah banyak dari Universitas Pertamina, UISI menawarkan program beasiswa pada tiga fakultas yang program studinya bisa Anda pilih sesuai selera dan kebutuhan. Lantas berapa banyak cakupan beasiswa yang diberikan oleh UISI?

Cakupan beasiswa tersebut sudah termasuk bebas BIP dan UKT. Sementara untuk penarikan biaya uang kuliah tunggal di semester 2 dan seterusnya akan dilihat berdasarkan IPK. Bila IPK penerima beasiswa cukup memuaskan minimal 3.30 maka tidak akan dipungut biaya UKT.

Saat turun, mahasiwa harus membayar biaya UKT sama seperti mahasiswa regular. Dan ketika nilai IPK-nya naik lagi, maka siswa akan dibebaskan kembali dari pembayaran UKT.

Itulah informasi menarik seputar beasiswa APERTI BUMN, Anda yang ingin menimba ilmu di salah satu dari kampus bergengsi tersebut tidak perlu ragu untuk mengikuti beasiswa ini. Persyaratan yang dibutuhkan sangat simple, cukup siapkan nilai raport dari semester pertama sampai keempat dan upload berkas registrasi via online. APERTI BUMN memberikan kesempatan untuk memilih 3 program studi di kampus yang Anda inginkan.

About the author

Editorial

Add Comment

Editorial

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.