Mengenal Identitas Negara Indonesia, Konstitusi, Lambang, dan Simbol NKRI

M

Dalam mengenal identitas negara Indonesia, kita perlu tahu apa itu identitas terlebih dahulu. Kata identitas berasal dari kata identyty yang memiliki arti ciri-ciri, tanda-tanda, atau jati diri dari suatu bangsa.

Sedangkan kata nasional adalah kata yang melekat pada sebuah identitas kelompok yang lebih besar yang diikat dengan kesamaan-kesamaan budaya serta agama dan juga bahasa. Identitas nasional merupakan suatu ciri khas yang dimiliki oleh suatu bangsa yang secara filosofis membedakan bangsa tersebut dengan bangsa yang lain.

Ilustrasi identitas negara Indonesia
Ilustrasi identitas negara Indonesia

Unsur Identitas Negara Indonesia

Banyak sekali unsur yang berpengaruh dalam proses pembangunan bangsa Indonesia. Mulai dari unsur sejarah, kebudayaan, suku bangsa, agama, bahasa, serta kasta dan kelas. Semua unsur tersebut bergabung dalam suatu kesatuan yang kini disebut dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI (sumber: Indonesia.go.id).

Identitas negara Indonesia merupakan ciri-ciri atau sifat khas yang dimiliki oleh bangsa Indonesia sekaligus membedakan dengan identitas yang dimiliki bangsa lain. Indonesia terdiri dari berbagi macam suku, bangsa, agama, dan juga pulau yang sebagian besar dipisahkan oleh lautan [lihat juga: peta Indonesia lengkap].

Maka dari itu, nilai yang dianut oleh setiap masyarakatnya juga berbeda. Beragamnya nilai tersebut kemudian disatukan dengan menggunakan dasar negara Indonesia yaitu Pancasila. Nilai ini sangat penting karena merupakan identitas suatu bangsa.

Nasionalisme dan juga integrasi nasional sangat penting untuk ditekankan pada diri setiap orang yang tinggal di wilayah NKRI ini. Hal ini harus ditekankan agar orang Indonesia tidak kehilangan identitas mereka. Nasional merupakan manifestasi nilai budaya yang sudah berkembang.

Dengan kata lain, hakikat identitas negara Indonesia di dalam kehidupan berbangsa dan juga bernegara adalah Pancasila yang juga tercermin dalam dalam berbagai penataan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Misalnya di dalam pembukaan UUD 1945 sistem pemerintahan yang diterapkan, nilai etik, nilai moral, mitos, ideologi, dan masih banyak lagi secara normatif diterapkan di dalam pergaulan sehari-hari dan juga dalam penataan nasional.

Contoh identitas negara Indonesia yaitu bahasa nasional atau bahasa persatuan yang digunakan adalah bahasa Indonesia, bendera negara yaitu bendera sang saka Merah Putih, Indonesia Raya, lambang negara Indonesia yaitu Pancasila, semboyan negara Indonesia yaitu Bhineka Tunggal Ika, falsafah negara Indonesia yaitu Pancasila, konstitusi atau dasar hukum yaitu UUD 1945, bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia yaitu kedaulatan rakyat.

Penjabaran dan Penjelasan

1. Bahasa Nasional atau Bahasa Persatuan Bahasa Indonesia

Setiap negara tentunya memiliki bahasa persatuan yang berbeda-beda. Begitu juga dengan negara Indonesia, Indonesia memiliki berbagai macam bahasa dari setiap sukunya yang digunakan untuk berkomunikasi antara satu orang dengan orang yang lainnya.

2. Bendera Negara Sang Saka Merah Putih

Tak hanya bahasa nasional, setiap negara pasti mempunyai bendera kebangsaan yang merupakan identitas bagi negara tersebut. Bendera Indonesia memiliki warna merah dan putih seperti yang telah tercantum pada UUD 1945 pasal 35 yang
menyebutkan “Bendera Indonesia adalah Sang Merah Putih”.

3. Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

Indonesia Raya merupakan lagu kebangsaan negara Republik Indonesia. Lagu ini pertama kali diperkenalkan oleh sang komposer yaitu W.R Soepratman pada tanggal 28 Oktober saat kongres 1928 pemuda II yang terletak di Batavia.

4. Konstitusi

Konstitusi bangsa Indonesia adalah Undang-undang dasar yang ditetapkan pada tanggal 18 Agustus 1945 oleh para pendiri bangsa. Dimana konstitusi ini disebut dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

5. Lambang Negara

Lambang negara Indonesia adalah garuda pancasila. Warna keemasan pada burung garuda ini melambangkan keagungan serta kejayaan. Paruh, sayap, cakar dan juga ekor melambangkan kekuatan serta tenaga pembangunan.

6. Dasar Negara Pancasila

Bintang merupakan lambang dari sila Ketuhanan yang Maha Esa. Lalu rantai lambangkan sila kemanusiaan yang adil dan beradab. Kemudian pohon beringin melambangkan persatuan Indonesia. Sementara kepala banteng lambang dari sila kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. Lain halnya padi dan kapas yang melambangkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

About the author

Editorial Staff

Add Comment

Editorial Staff

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.