Mengenal Istilah Audiophile dan Komunitasnya di Indonesia

M

Pernah mendengar istilah audiophile? Atau Anda jangan-jangan sudah masuk ke dalam kategori Audiophile, tapi Anda tidak mengetahuinya? Audiophile itu bukan sekedar pecinta musik atau yang suka mendengarkan musik. Daripada bingung, mari kita bahas lebih lanjut Audiophile!

Apa itu Audiophile?

Audiophile itu adalah kata yang berasal dari bahasa Yunani dan Latin. Terdiri dari dua kata, yakni audio yang berasal dari bahasa latin dan juga philos yang merupakan bahasa Yunani. Audio artinya adalah mendengar dan philos berarti suka. Jadi bisa disimpulkan bahwa Audiophile merujuk kepada orang yang menyukai kualitas suara yang tinggi.

Jadi, audiophile itu bukan hanya sekedar orang yang suka mendengarkan musik saja, tapi orang yang begitu detail pada kualitas suara. Kalau Anda termasuk orang yang sangat detail pada kualitas suara, maka bisa jadi Anda adalah seorang audiophile.

Ciri-Ciri Anda Seorang Audiophile

Bukan hanya detail pada kualitas suara saja, tapi ada tanda lain yang membuat Anda bisa disebut sebagai seorang audiophile. Tandanya antara lain:

1. Mengetahui Teknologi Audio

Pertama tentu Anda sangat tahu dengan teknologi audio. Bukan hanya yang terbaru, tapi sampai yang paling jadul sekalipun, Anda mengetahuinya. Bukan hanya sekedar tahu, tapi tahu sampai detail dan cara kerjanya.

2. Punya Mimpi Menjadi Audio Engineer

Beberapa audiophile memiliki mimpi menjadi seorang audio engineer karena memang itulah pekerjaan impian kebanyakan audiophile. Apakah Anda punya mimpi itu?

3. Paham Sejarah Audio

Selain paham pada teknologi audio sekarang ini, Anda juga paham sejarahnya. Bagaimana teknologi audio berkembang? Ketika era kesekian apa yang populer? Serta pengetahuan sejarah lainnya. Kalau paham itu, bisa jadi Anda audiophile sejati.

4. Beli Vinyl

contoh piringan vinyl klasik
contoh piringan vinyl klasik

Apa itu CD? CD bukan barang yang dicintai anak audiophile. Mereka lebih suka vinyl. Hal itu karena vinyl adalah bagian dari sejarah yang sangat berharga. Bahkan sampai sekarang vinyl memiliki harga yang mahal.

5. Headphone yang Mahal

headphone berkelas penikmat audio
headphone berkelas penikmat audio

Jelas sekali kalau headphone yang dipakai pasti mahal. Karena para audiophile itu mengejar kualitas. Jadi, mereka akan melakukan apapun untuk mendapatkan headphone yang memberikan kualitas suara terbaik.

6. Tahu Istilah Slew Rate

Kalau Anda tahu slew rate, maka bisa dipastikan Anda seorang audiophile. Slew rate itu laju perubahan voltase per unit waktu. Ngerti, nggak? Kalau Anda mengerti ini, maka sudah bisa dipastikan Anda adalah audiophile sejati!

7. Memiliki Album Import

Punya? Anda bisa masuk ke dalam kategori audiophile ketika Anda menyukai musik dari berbagai negara dengan bahasa dan juga budaya yang berbeda. Lebih audiophile lagi kalau Anda mengoleksi piringan hitamnya.

Saking cintanya, Anda bisa mati-matian mencari setiap album dari musisi penting yang namanya jarang didengar banyak orang.

Komunitas Audiophile Indonesia

Kalau bicara soal komunitas Audiophile di Indonesia sendiri sebenarnya cukup banyak. Tapi kalau Anda mau mencari komunitas yang juga memiliki basis online yang baik, maka setidaknya ada 2 yang akan muncul di pencarian pertama Google. Mereka adalah:

Audiophile ID

Komunitas pertama yang muncul di hasil pencarian Google adalah Audiophile Indonesia. Anda bisa masuk ke dalam websitenya, yakni audiophile-id.com. Di dalam website yang tatanannya mirip dengan Kaskus itu, akan ada banyak forum.

Di dalam setiap forum itu ada banyak sekali pembahasan. Untuk Anda yang baru pertama kali masuk ke forum tersebut bisa masuk ke bagian “Selamat Datang di Forum Au-ID”. Di sana Anda akan mendapatkan banyak informasi baru tentang peraturan dan lain sebagainya.

Sementara kalau Anda ingin mendapatkan informasi terbaru soal event yang dilakukan Audiophile Indonesia ini bisa masuk ke Au-id News. Lalu juga ada Lounge Area di mana Anda bisa berbincang dengan anggota lain dengan topik yang bukan soal audio.

Selanjutnya juga ada forum tentang headphone, portable headphone, in-ear monitor, headphone amps, sampai car audio dan computer audio. Di dalam forum tersebut akan ada banyak sekali informasi, sehingga Anda bisa tahu tentang audio komputer terbaik dan lain sebagainya.

IHEAC

Untuk komunitas yang kemudian ini Anda bisa masuk ke website piheac.com. Di dalam website tersebut mungkin Anda akan lebih banyak melihat pengusaha-pengusaha audio high end, seperti namanya, Paguyuban Indonesia High End Audio Club.

Tapi di website tersebut juga Anda bisa melihat di bagian menu bar terdapat opsi Audiophiles Forum. Jika Anda masuk ke dalam laman tersebut maka Anda akan mendapatkan banyak tema obrolan tentang audio.

Mulai dari tips dan cara menempatkan speaker di dalam ruangan atau cara menempatkan loudspeaker, hingga beda dari suara kaset dan PH, termasuk mengakali ruangan kaca. Anda tidak perlu khawatir tips mereka anti gagal, karena IHEAC ini diisi para expert di bidangnya.

Jadi, apakah Anda termasuk seorang audiophile? Atau sebatas suka mendengarkan musik saja? Coba cek tanda-tandanya. Kalau termasuk audiophile, gabunglah komunitas agar hobi Anda itu bisa terasah dan akhirnya bisa menghasilkan uang juga untuk Anda.

About the author

DMO Staff

Add Comment

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.