Mengenal Istilah Maklon dalam Bisnis Konveksi

M

Bisnis konveksi merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan seiring berjalannya waktu. Perkembangan mode yang pesat menjadikannya tak akan pernah sepi peminat. Namun, bagi Anda yang ingin memulai bisnis dalam dunia ini, haruslah tahu mengenai istilah-istilah yang sering digunakan, salah satunya adalah Maklon.

Apa Itu Maklon?

Istilah maklon berasal dari bahasa Belanda yang memiliki arti pengerjaan produk oleh pihak lain. Dari arti tersebut bisa diambil pengertian bahwa maklon merupakan pengerjaan produk konveksi yang dilakukan oleh pihak lain sesuai dengan kesepakatan antara pihak pemakai jasa maklon dan pihak produksi.

Istilah ini dikenal juga dengan nama Cut Make Trim (CMT). Untuk material produksi pada sistem maklon biasanya disediakan oleh pihak pengguna jasa maklon. Namun, tak menutup kemungkinan juga jika pihak produksi justru yang menyediakan bahan produksi. Inti dari semuanya adalah bergantung pada kesepakatan keduanya.

Lalu, untuk masalah brand atau merk, biasanya yang memberi adalah pihak pengguna jasa, karena pihak produksi hanya merupakan pihak yang mengerjakan, bukan pihak utama yang menjual produk. Hal ini dikarenakan pengguna jasa maklon biasanya sedang mengembangkan brand sehingga tidak fokus pada sektor produksi (hulu).

Keuntungan Menggunakan Jasa Maklon

Tujuan utama menggunakan jasa maklon adalah meminimalisir pengeluaran biaya untuk pembelian alat produksi serta perawatannya. Dengan menggunakan jasa maklon, alat serta perawatan akan ditanggung oleh pihak produksi alias yang menjual jasa maklon itu sendiri. Pengguna jasa hanya akan bisa lebih fokus dalam mengalokasikan dana untuk pengembangan brand miliknya.

Sektor produksi konveksi padat modal

Selain itu, membuat produksi sendiri juga membutuhkan manajemen sumber daya manusia yang baik agar bisnis berjalan lancar. Tentu hal ini akan membutuhkan keahlian, pengalaman, serta modal yang besar dalam waktu yang lama. Dengan menggunakan maklon, pengguna jasa tidak membutuhkan itu dan tak perlu khawatir mengenai SDM yang digunakan karena tentu sudah ditangani pihak produksi.

Menggunakan jasa maklon yang hemat biaya juga sangat menguntungkan karena Anda tidak perlu berurusan dengan gaji pegawai bulanan dalam jumlah yang besar. Alokasi dana dari gaji pegawai dapat dijadikan sebagai modal marketing yang berkualitas.

Lihat pula: Konveksi Jaket Surabaya

Dengan keuntungan tersebut, Anda tak perlu khawatir jika sedang memulai bisnis konveksi dengan brand sendiri. Pikiran-pikiran mengenai besarnya biaya, pembangunan pabrik, perawatan alat dan aset tak perlu menjadi beban. Yang perlu Anda fokuskan adalah bagaimana brand tersampaikan dan bisa tersebar luas.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Menggunakan Jasa Maklon

Sebelum menggunakan jasa maklon dan pengerjaan produk dalam skala besar atau massal, pihak pengguna jasa harus terlebih dahulu menunjukkan proofing atau sampel produk. Hal ini ditujukan agar nantinya tidak ada kesalahan persepsi desain yang terjadi di antara pengguna jasa dengan pihak produksi.

Motif dan warna baju sesuai pesanan klien

Buat sampel yang dirasa benar-benar sudah cocok dengan ekspektasi yang diinginkan. Jangan ragu untuk meminta revisi proofing berulang-ulang hingga dirasa sudah sesuai dengan desain yang dirancang. Setelah cocok itulah produk baru diproduksi secara massal oleh bagian produksi maklon.

Tak kalah pentingnya dari semua itu adalah memilih jasa maklon yang berkualitas. Jangan ragu untuk melakukan survei mengenai jasa yang akan digunakan agar Anda tidak salah dalam memilih. Hal ini penting mengingat biaya produksi yang nantinya akan Anda tanggung.

Perbedaan Maklon, Modes, dan Tailor

Dalam dunia konveksi tentu istilah seperti maklon, modes, dan tailor sudah tidak asing lagi di telinga. Lalu, apakah perbedaan ketiganya?

Ketiga istilah dalam dunia konveksi tersebut memiliki konsep pengerjaan yang berbeda. Tailor merupakan bidang yang berfokus pada pengerjaan baju pria. Modes merupakan bidang yang berfokus pada pengerjaan baju wanita. Sedangkan maklon merupakan bidang yang berfokus pada produksi jahit baju dalam skala besar.

Pemotongan kain pada modes dan tailor juga dilakukan secara manual karena jumlahnya yang sedikit. Sedangkan pemotongan kain pada bisnis maklon menggunakan mesin potong karena jumlahnya yang cukup besar. Modis dan tailor hanya mengerjakan produk jahit sesuai dengan pesanan klien dalam jumlah yang sedikit dan bisa dikerjakan dengan mesin biasa atau manual.

Bisa diambil kesimpulan secara menyeluruh bahwa maklon merupakan jasa produksi jahit yang menerima penjahitan dalam skala besar dalam dunia konveksi. Produksi jahit tersebut dilakukan oleh sebuah pihak yang menerima pemesanan sesuai dengan kesepakatan bersama klien.

About the author

DMO Staff

Add Comment

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.