Mengenal Smart Surat Izin Mengemudi (Smart SIM) atau SIM Pintar

M

Saat ini, Kepolisian Republik Indonesia telah membuat terobosan dengan merilis Smart SIM. Surat izin mengemudi atau SIM yang biasanya hanya sebatas kartu identitas saja, kini kartu identitas ini memiliki fungsi yang jauh lebih modern. Mengapa diberi nama dengan Smart SIM? hal ini lantaran kartu izin mengemudi ini bahkan dapat anda gunakan untuk membayar tol ataupun belanja.

Smart SIM memang bukan sekedar kartu biasa, di dalam kartu ini telah dibenamkan chip yang memiliki fungsi untuk dapat menyimpan data setiap pemiliknya. Tak hanya itu, smart SIM juga dapat diisi dengan saldo layaknya dengan kartu e-money, sehingga dapat anda gunakan untuk berbagai kebutuhan.

Smart SIM ini telah diluncurkan bersamaan dengan peluncuran SIM online pada saat peringatan hari Lalu Lintas Bhayangkara yang ke-64 yang terletak di gedung basket Gelora Bung Karno. Smart SIM ini merupakan bagian dari inovasi pelayanan puvlik dalam bidang lalu lintas yang berbasis teknologi (IT).

Sumber foto: indonesia.go.id

Merekam Data Pelanggaran Lalu-lintas

Seperti namanya, Smart SIM juga memiliki fungsi cerdas. Kartu izin mengemudi yang satu ini tidak lagi berisis sebatas informasi, akan tetapi lebih dari itu. Smart SIM dapat menyimpan data forensik dari pemiliknya. Bahkan SmartSIM juga mampu menyimpan data pelanggaran yang dilakukan oleh sang pemilik.

Dengan kelebihan yang dimilikinya ini, pihak Korlantas Polri akan menjadi lebih mudah dalam mencatat perilaku sang pemilik. Tidak hanya merekam jenis pelanggaran saja, data rekam jika terjadi kecelakaan juga akan terekam pada Smart SIM ini. Jadi, keseluruhan data dari sang pemilik Smart SIM ini akan terekam menjadi bahan evaluasi oleh pihak kepolisian.

Apakah Penggunaan SIM Lama Harus Beralih ke Penggunaan Smart SIM?

SIM lama yang masa berlakunya hingga setelah peluncuran Smart SIM, maka tidak perlu mengurus penggantian ke Smart SIM. Kelompok pemilik SIM lama baru akan diperkenankan mengganti ke Smart SIM setelah masa berlaku dari SIM lama habis. Proses pengubahan SIM lama menjadi Smart SIM ini sama sekali tidak ada perbedaan dalam proses pembuatannya. Biaya dari pembuatan SIM pintar ini juga tidak jauh berbeda dengan pembuatan SIM lama.

Cara Memperoleh Smart SIM

Langkah pertama yang harus diambil jika ingin membuat Smart SIM adalah, anda sebagai pemohon harus melakukan registrasi melalui layanan SIM online yang ada di situs sim.korlantas.polri.go.id. Pelayanan ini sudah terhubung pada 34 Polda yang tersebar di 456 satuan penyelenggara administrasi. Melalui situs SIM tersebut, pemohon SIM akan mengisi formulir registrasi seperti jenis permohonan SIM, dan lain-lain.

Setelah pengisian formulir registrasi selesai tekan tanda setuju lalu pemohon akan mendapatkan kode bayar. Kode tersebut, dapat digunakan untuk membayar biaya registrasi pada layanan Bank BRI hingga waktu maksimal 3 jam setelah registrasi. Pembayaran dapat dilakukan melalui ATM, m-banking, ataupun internet banking mandiri. Setelah semuanya selesai, kode registrasi akan diterima melalui SMS dan juga surat elektronik.

Keuntungan sebagai pemohon yang akan diperoleh adalah, anda tidak perlu lagi mengantri pada saat mengurus registrasi melalui Satpas. Di Satpas nantinya, pemohon wajib mengikuti serangkaian prosedur penerbitan SIM. Prosedur tersebut seperti identifikasi dan juga verifikasi, mengikuti ujian teori, ujian keterampilan mengemudi hingga tertib dalam berlalu lintas.

Biaya pembuatan Smart SIM terbaru

Untuk biaya pembuatan Smart SIM A yaitu Rp 120,000, Smart SIM B1 Rp 120,000, Smart SIM B2 Rp 120,000, Smart SIM C Rp 100,000, dan untuk Smart SIM D Rp 50,000

About the author

Editorial Staff

Add Comment

Editorial Staff

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.