Produk Bisnis

Mesin RO Air Laut: Tahapan dan Cara Instalasinya

PT Tirta Mandiri ‒ Pabrik Mesin AMDK Water & waste water treatment spesialist yang dipercaya dalam proses pengolahan air....

Written by Editorial Staff · 3 min read >
air laut mesin reverse osmosis

PT Tirta Mandiri ‒ Pabrik Mesin AMDK

Water & waste water treatment spesialist yang dipercaya dalam proses pengolahan air. Menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan.

CP: 0812 1032 3334 / 0821 1757 5575 / [email protected]

Di era dimana air sudah tercemar dan sumber resapan air sudah semakin berkurang karena minimnya lahan hutan, pertanian dan meluasnya pemukiman warga seperti sekarang ini tentu menjadikan mesin RO air laut kiprahnya mulai dipertimbangkan.

Tidak hanya untuk kepentingan nasional, kepentingan rumah tangga dan perusahaan pun sudah mulai banyak yang menggunakan mesin RO air laut untuk menyuling air menjadi air bersih yang layak dikonsumsi. Lantas, seperti apa metodologi dan tahapan membuat mesin RO air laut sendiri? Disini kami akan berikan ulasannya untuk Anda!

Mesin RO Air Laut

Jika air murni serta larutan garam dipisahkan oleh suatu selaput yang dikenal dengan istilah semipermeabel, maka akan terjadi aliran air yang mengalir dari zat cair dengan konsentrasi yang lebih rendah ke air yang konsentrasinya lebih tinggi.

Nah, dalam metodologi dan tahapan membuat mesin RO air laut, sistem dan teknik konsentrasi yang seperti ini sangat berperan. Jika tekanan yang dilakukan atau diberikan sebaliknya, misalkan air garam diberi suatu tekanan buatan dengan besaran yang sama dengan tekanan osmosisnya, maka yang terjadi tidak akan ada aliran dari air ke air garam atau pun sebaliknya.

Sistem RO sendiri tidak bisa menyaring garam sampai dengan kisaran 100% sehingga air produksi masih sedikit mengandung garam. Nah, untuk mendapatkan air yang memiliki kandungan garam kecil maka diterapkan suatu sistem dengan dua sampai tiga saluran.

Jika yang Anda ingin lakukan adalah membuat air minum yang mengandung sekitar 300 sampai dengan 600 ppm TDS cukup dengan menggunakan saluran tunggal. Ketika air yang diolah kemudian menghasilkan semakin banyak, maka jumlah dari air baku akan jauh lebih besar juga.

Nah tekanan kerja atau suatu tekanan buatan tersebut harus lebih besar dibandingkan dengan tekanan osmosis di bagian air bakunya. Tekanan yang dibutuhkan sendiri jika memakai air laut adalah diantara 55 sampai dengan 70 kg/cm2.

Mesin RO air laut sebagai mekanisme untuk membuat air laut menjadi air RO atau air normal memiliki beberapa ciri. Adapun ciri – cirinya sebagai berikut:

  • Energi yang dihasilkan relatif hemat yaitu dalam pemakaian energinya. Konsumsi energi alat ini juga relatif cenderung lebih rendah untuk proses instalasi kemasan kecil antara 8 sampai dengan 9 kWh/T untuk 35 ribu TDS dan sebesar 9 – 11 kWh/T untuk kisaran 42 ribu TDS.
  • RO juga merupakan mesin yang hemat ruangan. Untuk memasang alat atau mesin RO sendiri dibutuhkan ruangan yang sedikit saja sehingga Anda tak perlu menyediakan ruangan besar hanya dijadikan sebagai tempat meletakkan RO ini.
  • Pengoperasian RO juga sangat mudah. Hal tersebut karena RO dikendalikan dengan sistem panel dan suatu instrumen dalam sistem pengontrol yang dapat dioperasikan pada suhu kamar.
  • Dengan RO untuk menambah kapasitas yang dibutuhkan juga sangat mudah.

Walau alat pengolah air ini memberikan banyak sekali kemudahan dan sekaligus keuntungan, akan tetapi dalam sistem operasinya tetap harus mempertahankan petunjuk operasinya. Hal ini tentu dimaksudkan agar alatnya dapat awet dan tahan lama.

Kemudian demi menunjang operasional sistem RO sendiri memang diperlukan biaya perawatan yang terbaik dimana biaya perawatan tersebut diperlukan untuk digunakan sebagai bahan bakar, bahan kimia, penggantian media saring, servis serta digunakan sebagai biaya operatornya.

Sistem pengolahan air memang sangat bergantung atas kualitas dari air baku yang nantinya akan diolah. Nah, kualitas air baku yang buruk tentu pada akhirnya akan membutuhkan suatu sistem tata kelola yang jauh lebih rumit.

Jika kualitas air baku memiliki kandungan parameter fisik yang buruk maka yang butuh suatu pengolahan khusus adalah bagaimana menghilangkan warna. Sementara proses kekeruhan cukup dengan upaya penjernihan yang dilakukan melalui penyaringan atau pengendapan biasa. Itulah yang diperlukan dengan mesin RO air laut dalam proses penjernihan dan pengubahan komposisi dasarnya menjadi air alami.

Dalam proses membuat suatu alat pengolah air dengan sistem RO, beberapa persiapan yang penting dilakukan sebagai berikut :

Menganalisa kualitas air baku

Hasil analisa kualitas air tentu sangat menentukan jenis teknologi apa yang akan dipakai dan berapa biaya yang akan dikeluarkan dalam pendesainan alat. Jika air baku yang akan digunakan memiliki kualitas yang cenderung buruk, sudah bisa dipastikan bahwa biaya yang harus dikeluarkan dalam mendesain alat akan jauh lebih banyak.

Sebagai contoh, jika kualitas air baku memiliki TDS diatas 35 ribu ppm, maka jenis membran yang digunakan untuk air asin harus besar. Hal ini berbanding lurus dengan pompa tekanan yang tinggi.

Desain dan rencana

Desain dan rencana dibuat atas dasar data kualitas air dan juga permintaan dari pihak user.  Rancangan unit pengolah air sendiri nantinya akan dituangkan ke dalam gambar desain demi memudahkan pengerjaan di lapangan atau di bengkel.

Besar atau kecilnya dari desain rancangan unit sendiri dibuat atas dasar pesanan dimana kapasitasnya yang pernah dibuat mencapai 2 m3/hari, 7,5 m3/hari dan juga 10 m3/hari. Jadi walau kapasitas yang pernah dibuat masih tergolong kecil, namun bisa dirancang sampai kapasitas 3 Lt/dt.

Tata rakit dan instalasi

Pada tahapan ini, tahap perakitan terbagi ke dalam 3 bagian yaitu bagian yang pertama perakitan pretreatmen, yang kedua perakitan unit RO dan yang ketiga perakitan sistem elektrik dan sistem pendingin.

Pemasangan di lapangan

Dalam mesin RO air laut, unit RO akan dipasang di bangunan yang sudah dipersiapan. Bangunan tersebut berupa sebuah rumah dan dilengkapi genset. Disanalah mesin RO akan ada dan digunakan.

Demikian metodologi serta tahapan membuat mesin RO air laut yang Anda harus tahu. Semoga informasi yang kami berikan diatas menjadi informasi yang bermanfaat.

Written by Editorial Staff
We build your faster and smarter websites on Google Cloud Platform. Provides any digital marketing services such SEO and content marketing for Indonesian startups and SMEs. Profile