Produk Bisnis

Mesin RO untuk Air Payau: Fungsi dan Penggunaanya

Filter membran RO (Reverse Osmosis) saat ini sudah menjadi satu teknologi yang paling banyak digunakan di era teknologi seperti...

Written by Editorial Staff · 2 min read >
fungsi mesin reverse osmosis air payau

Filter membran RO (Reverse Osmosis) saat ini sudah menjadi satu teknologi yang paling banyak digunakan di era teknologi seperti sekarang ini. Filter ini sangat banyak dipakai karena semakin tercemarnya kondisi air dan semakin sulitnya sumber air bersih bisa ditemukan, khususnya di daerah perkotaan.

Karena itu teknologi RO sudah banyak beredar dan kebanyakan digunakan menjadi mesin RO Air Payau yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Apa sajakah fungsi mesin RO air payau untuk kehidupan manusia? Berikut informasi selengkapnya yang penting Anda tahu!

PT Tirta Mandiri ‒ Pabrik Mesin AMDK

Water & waste water treatment spesialist yang dipercaya dalam proses pengolahan air. Menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan.

CP: 0812 1032 3334 / 0821 1757 5575 / [email protected]

Fungsi Mesin RO Air Payau

Mesin RO untuk kebutuhan rumah tangga

Air minum rumah tangga dengan memanfaatkan mesin RO sebenarnya merupakan suatu konsep teknologi yang digunakan dalam pengolahan air minum untuk kebutuhan rumah tangga. Air baku yang dimasukkan pada mesin RO sebenarnya dapat secara langsung diminum tanpa Anda perlu masak lebih dulu.

Secara umum, mesin ini pada rumah tangga bentuknya adalah Undersinc atau dispenser RO. Membran reverse osmosis pada mesin RO untuk rumah tangga dapat digunakan ketika menggunakan air yang memiliki standar input sesuai dengan Permenkes 416.

Sementara harga jual mesin RO untuk air minum rumah tangga merupakan harga jual mesin RO yang paling murah.

Untuk mesin RO rumah tangga yang tentu memiliki beda karakter dengan mesin RO industri atau pabrik dijual dengan harga sekitar 500 sampai 2,5 juta rupiah. RO 500 GPD saja sudah cocok untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga harian di keluarga Anda.

Baca juga: Semua Tentang Mesin Reverse Osmosis Air Laut

Produksi air minum kemasan

Mesin RO ini pada industri pabrik air minum dalam kemasan digunakan untuk menghasilkan air murni setelah air tersebut dimurnikan dengan menggunakan suatu membran RO. Air akan segera diproses dengan berbagai teknologi sampai menghasilkan air yang memiliki spesifikasi yang diinginkan oleh suatu perusahaan.

Misalkan seperti perusahaan alkaline maka mereka akan membuat air alkaline dari air RO yang akan diproses lebih lanjut setelah dari mekanisme mesin RO itu sendiri.  Serta masih banyak contoh yang lain termasuk pada perusahaan air hexagonal dan yang lainnya.

Untuk Depo air minum isi ulang

Depo air minum isi ulang dulunya hanya menggunakan suatu teknologi sederhana dalam proses airnya. Kebanyakan tidak menggunakan filter RO dalam tata cara pengolahan airnya. Sehingga kebanyakan depo air minum isi ulang dulu menghasilkan air yang sangat bergantung atas kualitas air sumber yang digunakan dalam pemrosesan.

Sehingga tak jarang juga terjadi kualitas air pada depo air isi ulang di beberapa tempat, kualitas airnya sangat rendah. Nah, untuk mengatasi masalah ini, sebagian depo air minum kemudian menggunakan cara baru sebagai alternatif penyaringan air sumber sehingga bisa menghasilkan air yang lebih baik lagi.  Salah satunya adalah dengan menggunakan mesin RO.

Sejak adanya mesin RO air payau dalam pemrosesan air yang juga kemudian digunakan oleh banyak perusahaan depo air minum, permasalahan kualitas air yang dialami dapat teratasi dengan sangat baik.

Mengolah air payau dan air laut

Dalam rangka untuk menghilangkan kadar garam didalam air payau atau air laut sehingga bisa menjadi air bening, ada banyak pelaku industri atau instalasi swasta juga pemerintah yang menggunakan suatu sistem penyaringan membran RO semi permeable.

Pada membran RO semi permeable, terjadi proses osmosa terbalik yang secara efektif digunakan untuk memisahkan partikel garam yang terlarut didalam air. Sehingga pada akhirnya yang didapatkan adalah kadar klorida atau garam didalam air dapat disaring sampai dengan 99%.

Selain melalui RO semi permeable dalam proses penyaringan air laut dan air payau, juga ada perusahaan yang melakukan proses distilasi. Proses distilasi air sendiri biayanya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan penggunaan mesin RO semi permeable yang cenderung lebih mahal.

Hampir semua proses distilasi yang dilakukan oleh suatu perusahaan memanfaatkan filter RO, semua itu karena RO memerlukan biaya serta energi yang jauh lebih sedikit jika kita bandingkan dengan sistem distilasi.

Membuat air demineralisasi

Harga jual mesin RO pada industri farmasi sangat  tinggi. Mesin RO air payau pada industri farmasi dengan mesin RO rumah tangga tentu berbeda. Mesin RO pada industri farmasi ini digunakan dalam proses demineralisasi.

Air baku yang kandungan mineralnya tinggi, akan segera disaring oleh mesin RO reverse osmosis sehingga akan dihasilkan suatu purified water atau air murni nantinya. Kemudian air murni tersebut digunakan dalam proses pembuatan obat sesuai dengan standar perusahaan farmasi.

Nah, perusahaan farmasi memiliki suatu standarisasi tersendiri yang cenderung tinggi. Sehingga dalam proses pembuatannya pun dibutuhkan pengalaman khusus dengan tingkat ketelitian yang tinggi yang menjadikan biaya investasi untuk filter RO juga cukup tinggi.

Membran RO atau reverse osmosis dalam proses farmasi  atau rumah sakit memiliki filter. Filter RO yang dipilih memiliki satu acuan baku mutu yang akan menyesuaikan kesemuanya dengan syarat dan juga ketentuan yang telah diterapkan oleh BPOM.

Demikian fungsi mesin RO air payau yang Anda harus tahu dan pahami. Jadi, mesin RO air payau sudah banyak digunakan pada berbagai macam ruang lingkup. Tidak hanya untuk kebutuhan rumah tangga melainkan untuk kebutuhan industri dan perusahaan.

Written by Editorial Staff
We build your faster and smarter websites on Google Cloud Platform. Provides any digital marketing services such SEO and content marketing for Indonesian startups and SMEs. Profile