Waspada! Ini Modus Cybercrime Paling Populer di 2020

W

Tahukah Anda, jika semakin majunya perkembangan teknologi saat ini memiliki dampak yang buruk juga. Ya, memang selalu ada sisi negatif dan positif dari majunya perkembangan teknologi. Salah satu dampak negatif yang memprihatinkan dan membutuhkan perhatian khusus adalah munculnya cybercrime.

Cybercrime adalah sebuah kejahatan melalui teknologi dimana penjahat dapat mengeksploitasi informasi pribadi pengguna internet demi keuntungan mereka sendiri. Mereka dapat masuk dalam perdagangan gelap untuk membeli serta menjual berbagai macam produk dan layanan secara ilegal.

Bahkan, lebih mengerikannya lagi para pelaku cybercrime ini juga bisa mendapatkan akses informasi pemerintah yang rahasia. Karena hal inilah, kejahatan di dan maya ini sangatlah tinggi, bahkan bisa merugikan perusahaan ataupun individu hingga mencapai miliaran dolar setiap tahunnya.

Sedangkan untuk penegakan hukum dengan permasalahan ini sendiri masih dalam pengembangan. Bahkan angka kriminalitas yang disebabkan oleh cybercrime juga semakin bertambah setiap tahunnya. Mereka melakukan hal ini untuk mendapatkan keuntungan dari internet.

Lantas, apa yang dimaksud dengan Cybercrime itu sendiri?

Ya, yang dimaksud dengan cybercrime adalah sebuah kejahatan dunia maya yang diartikan sebagai kejahatan dimana sebuah komputer menjadi objek kejahatan dan digunakan sebagai alat untuk melakukan pelanggaran.

Bahkan, cybercriminal juga dalam penerapannya menggunakan perangkat untuk mengakses informasi bisnis rahasia, informasi pribadi dari pengguna, informasi pemerintah, atau juga bisa digunakan untuk menonaktifkan perangkat.

Selain itu, ada juga kejahatan dunia maya yang mana menjual serta mendapatkan informasi secara online. Intinya, semua kejahatan yang dilakukan melalui dunia maya dan menggunakan komputer sebagai medianya disebut dengan cybercrime.

Kategori Cybercrime

Tahukah Anda jika kejahatan dunia maya atau Cybercrime ini secara umum dibagi menjadi dua kategori? Kedua kategori ini adalah kejahatan yang menggunakan jaringan ataupun perangkat dan juga ada kejahatan perangkat yang digunakan untuk berpartisipasi dalam kegiatan yang berbau kriminal.

Lantas seperti apa contoh dari cybercrime ini? adapun beberapa contoh kejahatan dunia maya yang kerap terjadi antara lain seperti virus email pishing, cyberstealing malware, dan juga DoS menyerang pencurian identitas.

Intinya semua kejahatan yang dilakukan untuk bisa mendapatkan keuntungan sendiri dengan cara merugikan orang lain. Ada banyak sekali kejahatan dunia maya yang terjadi dan bahkan saat ini sudah terjadi dimana-mana dan siapa saja bisa menjadi korbannya.

Sedangkan untuk kategori utama kejahatan dunia maya yang sering terjadi adalah kejahatan individu, pemerintah dan juga properti. Untuk metode yang digunakan dalam kejahatan ini tentunya memiliki tingkat kesulitan yang bervariasi tergantung dengan kategori kejahatannya. Adapun ketiga penjelasan dari kejahatan ini antara lain sebagai berikut:

Kejahatan Properti

Kejahatan dunia maya yang satu ini menjadi salah satu contoh kejahatan dunia maya yang ilegal. Misalnya saja dengan memiliki rincian data dari bank atau kartu kredit milik individu.

Para peretas di sini akan melakukan pencurian data bank secara detail dari perorangan agar bisa mendapatkan akses untuk mengambil dana yang Anda. Selain itu, kejahatan ini juga bisa berupa pembelian online serta melakukan penipuan phising dengan tujuan agar orang lain mau memberikan informasi kepada pelaku kejahatan.

Bahkan, para peretas ini juga bisa memanfaatkan perangkat lunak yang berbahaya agar bisa mengakses suatu halaman web dengan informasi yang rahasia. Kejahatan ini tentunya sangat merugikan baik pihak bank ataupun individu yang diambil uangnya.

ilustrasi aktivitas peretas melakukan kejahatan siber
Ilustrasi kejahatan dunia maya

Kejahatan Individual

Sedangkan kategori kejahatan dunia maya individual ini melibatkan hanya satu individu saja untuk menyebarkan informasi yang berbahaya secara online. Misalnya saja seperti cyberstalking, perdagangan manusia atauun mendistribusikan pronografi.

Kejahatan terhadap Pemerintah

Kejahatan dunia maya terhadap otoritas negara menjadi salah satu cybercrime yang paling tidak umum dilakukan. Bahkan, kejahatan dunia maya yang satu ini juga bisa disebut dengan terorisme dunia maya.

Dalam kejahatan ini, pelaku kejahatan akan meretas situs web instansi pemerintahan, situs web militer atau melakukan distribusi propaganda. Biasanya kejahatan ini dilakukan oleh musuh negara lain atau dari kalangan terorisme dari dalam negeri.

Jenis-Jenis Kejahatan Dunia Maya

Kejahatan dunia maya juga dibagi menjadi beberapa jenis. Jenis-jenis kejahatan ini juga berbeda. Adapun semua jenis kejahatan dunia maya antara lain adalah sebagai berikut:

Serangan DdoS

Ini adalah sebuah kejahatan yang digunakan untuk membuat layanan online yang awalnya tidak tersedia, dan kemudian menurunkan jaringan dengan cara membanjiri sebuah situs.

Nah, jaringan besar dari kejahatan ini dikenal dengan nama Botnet yang mana dibuat untuk menyebarkan malware ke komputer pengguna. Saat malware ini sudah masuk, maka peretas akan melakukan peretasan setelah sistem dari jaringan ini mati.

Botnet

Apa itu Botnet? Botnet adalah sebuah kejahatan dimana jaringan pada komputer yang telah di-hack akan dikendalikan oleh peretas melalui jarak jauh. Kemudian peretas akan melakukan pengiriman spam dengan tujuan untuk menyerang komputer lain melalui botenet ini.

Tidak hanya itu, Botnet ternyata juga bisa digunakan sebagai sebuah malware yang akan melakukan tugas jahat.

Web Anda terkena spam? Berikut panduan lengkap dalam mengatasi spam.

Pencurian Identitas

Kejahatan yang ketiga adalah pencurian identitas. Ini adalah kejahatan yang sering terjadi dalam dunia maya dimana seseorang bisa memperoleh akses informasi pribadi milik orang lain untuk mencuri data, berpartisipasi dalam hal penipuan asuransi atau pajak, dan bahkan mengakses informasi yang rahasia.

Lebih parahnya lagi, para peretas juga bisa membuka akun telepon ataupun internet atas nama Anda. Mereka juga bisa menggunakan nama Anda untuk merencanakan sebuah kejahatan dan mengakali tunjangan dari pemerintah atas nama Anda.

Untuk melakukan hal ini, maka mereka akan mencari tahu sandi milik Anda melalui proses peretasan. Kemudian, mereka akan mengambil informasi pribadi yang berasal dari media sosial atau mengirimkan email phishing.

Cyberstalking

Ini adalah sebuah kejahatan dunia maya yang mana dalam prosesnya melibatkan pelecehan online. Dalam hal ini para pengguna akan mendapatkan sejumlah pesan ataupun email secara online.

Biasanya cyberstalking ini digunakan pada media sosial, mesin pencari ataupun situs web untuk mengintimidasi pengguna dan membuat mereka takut. Biasanya juga pelaku cyberstalking mengenal korbannya dan akan mencari keuntungan dari hal itu.

Rekayasa Sosial

Ini adalah kejahatan dimana para penjahat akan melakukan kontak langsung dengan Anda, baik melalui media sosial ataupun telepon. Di sini, mereka akan mendapatkan kepercayaan dari Anda dan biasanya menyamar sebagai agen perusahaan sehingga akan mendapatkan informasi yang diinginkan dari Anda.

Misalnya saja seperti kata sandi, informasi bank atau perusahaan tempat Anda bekerja. Setelah itu, mereka kana mencari tahu melalui internrt dan akan menjual informasi dengan menggunakan nama Anda.

Masih ada banyak lagi jenis kejahatan dunia maya atau cybercrime yang ada saat ini. Semoga dengan adanya informasi ini menyadarkan kita bahwa kejahatan tidak hanya ada di dunia nyata, namun kejahatan dunia maya juga banyak dan bahkan merugikan.

About the author

Editorial
By Editorial

Editorial

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.