Batik adalah ikon Indonesia yang banyak ditemukan hampir di seluruh daerah. Namun yang unik dan khas ada di Jawa, salah satunya di Kudus. Kota ini tidak hanya terkenal dengan ikon masjid dan makam wali saja tapi juga kerajinan batiknya.

Jika Anda penasaran apa saja keunikan motif batik dan toko ternama yang bisa dikunjungi untuk membeli oleh-oleh, maka menyimak artikel ini dari awal hingga akhir adalah pilihan yang tepat.

Keunikan Motif Batik Kudus

Tahukah Anda bahwa seni membatik sudah ada sejak zaman dahulu dan dikerjakan secara turun temurun? Orang Jawa bahkan menjadikannya sebagai mata pencaharian eksklusif bagi perempuan. Namanya semakin meroket ketika sering muncul di pagelaran, pameran seni dan perlombaan.

Seiring perkembangan zaman, muncul beragam motif dan jenis kain yang sangat bagus. Kudus menjadi salah satu pelopornya dan sudah diakui oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO). Keunikan yang dimiliki adalah:

  • Perpaduan Kreasi 3 Daerah

Batik kudus bisa dibilang sangat unik karena memadukan kreasi dari 3 kota sekaligus, yakni Yogyakarta, Pekalongan dan Solo. Sentuhan batik Yogyakarta dan Solo berkontribusi pada bagian dasarnya sedangkan Pekalongan pada bagian bunganya.

  • Corak Warna
Motif Cerah Batik Kudus
Motif Cerah Batik Kudus / IndonesiaKaya

Tak habis di situ, keunikan batik Kudus juga terletak pada warnanya yaitu coklat dan hitam karena ada perpaduan budaya dari Arab dan Jawa. Hal ini juga tidak terlepas dari letak geografisnya yang berdekatan dengan pusat penyebaran Islam yaitu Demak.

  • Motif
Motif Batik Klasik Dari Kudus
Motif Batik Klasik Dari Kudus / IndonesiaKaya

Motifnya mengangkat keotentikan rakyat Indonesia seperti moto iwak, mrutu sewu dan gabah sinawur. Saat ini sudah berkembang jauh lebih baik dan tersedia beragam pilihan motif terbaru, di antaranya adalah kupu, tembakau, omah kudus, parijoto dan mbako cengkeh.

Keunikan batik Kudus seakan-akan tak lekang oleh waktu dan selalu mengalami pembaruan. Apalagi sekarang banyak desainer dari Kudus yang turut menyumbang kreativitas dan inovasi.

3 Toko Batik Ternama di Kudus

Jalan-jalan ke Kudus, tidak lengkap rasanya jika tak membeli buah tangan untuk orang di rumah. Baju batik adalah pilihan yang layak untuk dijadikan oleh-oleh. Ini dia rekomendasi 3 toko batik ternama di Kudus.

Tumpukan Kain Batik Kudus
Tumpukan Kain Batik Kudus / IndonesiaKaya

1. Alfa Shoofa

Pertama adalah Alfa Shoofa yaitu sebuah rumah produksi aneka batik baik tulis, cap ataupun bordir tradisional. Anda tinggal memilih salah satu yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Lokasinya di Jalan Raya Barat Gribig 178 Kudus Jawa Tengah.

2. Toko Kain Syarifah

Nah jika memang Anda tidak ingin membeli baju jadi dan prefer ke kain saja karena bisa dikreasikan sesuai keinginan maka arahkan mobil ke Toko Kain Syarifah karena menyediakan kain batik kiloan. Letaknya ada di Jl. Sunan Kudus, Purwosari, Kudus, Jawa Tengah.

3. Toko Tekstil dan Batik Alaika Fahrida

Terletak di Jalan Sunan Kudus No 114 RT 01 RW 01, Pejaten, Langgardalem, Kudus, Jawa Tengah. Di sana Anda akan banyak menemukan aneka jenis batik baik yang sudah diolah menjadi baju atau masih berbentuk kain. Toko ini juga sering memberikan diskon lho.

Batik Kudus tidak hanya terkenal di Indonesia tapi sudah go international dan pernah masuk dalam sebuah pameran di Jepang. Wow sangat keren, kan? Seharusnya Anda bangga menjadi orang Indonesia.

Mulai sekarang coba terapkan mencintai produk lokal dengan membeli batik untuk acara-acara penting, seragam kantor atau pesta pernikahan. Anda bisa belanja di Kudus sebagai salah satu kota penghasil batik yang unik, menarik dan murah.