Kisaran Harga Pajak Mobil Sport Lamborghini, Porsche dan Nissan GTR

K

Ada beberapa kategori mobil di Indonesia yang masuk dalam kategori mobil mewah. Tidak tanggung-tanggung, harganya lebih dari satu miliar per unitnya. Tentunya mobil yang memiliki harga selangit itu kisaran harga pajak mobil nya juga tinggi. Seperti Porsche Lamborghini, Nissan GT-R dan lain sebagainya.

Seperti mobil sport buatan Jepang Nissan GT-R ini. Sedan yang mempunyai 2 pintu ini harganya tidak murah. Tapi Nissan GT-R disebut-sebut menjadi mobil sport dengan harga terjangkau dibandingkan dengan mobil sport Eropa lain seperti Ferrari dan Lamborghini. Sekarang harga Nissan GT-R sekitar 4,6 miliar, anda sudah bisa membeli mobil dengan tenaga 550 dk dengan harga yang tergolong murah.

jatim.sindonews.com

Kisaran Harga Pajak Mobil Sport

Orang yang yang membeli mobil mewah bukan karena digunakan untuk kebutuhan berkendara. Tetapi desain cantik dengan harga fantastis pastinya mengundang decak kagum banyak orang. Pesona tersebut yang menjadi alasan mobil mewah seperti Lamborghini dan Porsche dibeli. Mobil mewah bukan cuma sekedar kendaraan biasa, tetapi menjadi bentuk investasi dan penghargaan terhadap diri sendiri.

Membeli mobil premium untuk kalangan yang berduit dapat jadi ajang untuk memanjakan diri. Karena pengguna bisa merasakan kenyamanan dan kenikmatan nomor satu hasil dari produk otomotif kenamaan. Anda pastinya penasaran sebenarnya berapa pajak yang dikenakan untuk mobil sport semacam Nissan GT-R, Lamborghini dan Porsche. Ternyata pajak yang ditangguhkan untuk supercar tersebut telah ditetapkan oleh BPRD atau Badan Pajak dan Retribusi Daerah DKI Jakarta.

Biaya Pajak Mobil Lamborghini

Supercar yang dilansir oleh Lamborghini dengan tipe Gallardo LP550-2 Coupe memiliki harga jual sebesar 3,49 miliar. Sementara harga pajak mobil sport ini berada di angka sebesar 73,71 juta. Fantastis bukan, tetapi masih ada pajak mobil yang lebih tinggi dibanding itu seperti Lamborghini Aventador atau yang harga jualnya 5,8 miliar dan pajaknya 129,02 juta setiap tahun.

Pajak Mobil Porsche

Selain Lamborghini, ada juga mobil sport yang memiliki harga dan pajak yang fantastis yaitu mobil Porsche 911 Turbo 3.8 AT. Mobil ini dijual di pasaran dengan harga 2,65 dan 1,98 miliar. Sementara untuk setiap tahunnya pemilik mobil Porsche ini harus membayar pajak sebesar 54,36 dan 44,2 juta.

Pajak Nissan GT-R

Meskipun harga Nissan terjangkau pada segmen mobil sport dan harganya menyentuh miliaran rupiah, namun mobil ini ternyata juga punya besaran pajak yang cukup tinggi. Bila anda ingin membayar pajak kendaraan bermotor untuk masa pajak 12 bulan atau setahun, pemilik Nissan GT-R harus mengeluarkan puluhan juta rupiah. Bahkan besarnya pajak yang harus dibayarkan dapat digunakan untuk membeli motor sport 250cc.

Dalam setahun jika ingin membayar pajak Nissan GT-R, maka pemiliknya harus mengeluarkan uang sebesar 40 juta rupiah per tahunnya. Meskipun terlihat tinggi, namun besaran pajak ini masih cukup terjangkau bagi mobil di kelasnya. Bahkan besaran pajak ini masih dinilai aman dan lebih murah bila dibandingkan dengan Ferrari atau Lamborghini yang dapat mencapai 100 juta keatas dalam pembayaran pajaknya.

Sebenarnya jajaran mobil mewah itu memiliki harga pajak mobil yang sama dengan mobil yang lain yang ada di Indonesia. Mulai dari Pajak Kendaraan Bermotor. Pajak Progresif Kepemilikan Kendaraan Bermotor dan Bea balik nama kendaraan bermotor. Namun yang namanya mobil mewah, karena harganya juga sudah tinggi ditambah pula dengan harga jual yang dibebani pajak penjualan barang mewah 125% dari ppn 10%. Hal ini membuat pajak mobil sport mewah menjadi mahal. Meski mahal, namun nyatanya sampai saat ini ada saja orang yang membeli mobil sport super mewah ini.

About the author

Editorial Staff

Add Comment

Editorial Staff

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.