Panduan Penggunaan Aplikasi Resmi BPOM dan Cara Pengaduannya

P

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah terhadap kesehatan warganya. Melalui BPOM, pemerintah memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat mengenai apa yang mereka konsumsi, baik itu sebagai obat ataupun makanan. Dengan tugas yang secara legal tertuang dalam Pasal 2 Peraturan Presiden Nomor 80 Tahun 2017, BPOM berwenang memegang peran pemerintah dalam pengawasan obat dan makanan.

Meskipun topik yang terbilang sangat umum makanan bisa saja menjadi masalah bagi suatu negara di kemudian hari. Sebagai makhluk hidup warga negara perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Hal tersebut kemudian menjadi penting jika dikaitkan dengan kesehatan masyarakat.

Umber foto: gatra.com

Panduan Penggunaan Aplikasi Resmi BPOM

Perlu adanya standarisasi khusus mengenai kelayakan makanan berkaitan dengan kesehatan. Implementasinya, BPOM akan berperan melakukan pengkajian mengenai kelayakan bahan makanan tersebut sampai ke masyarakat. Selain menjaga kaitannya dengan makanan, BOPM juga berwenang dalam obat-obatan yang beredar di masyarakat.

Dalam menjalankan tugas yang berat, tentunya BPOM tidak bisa bergerak sendiri. Perlu adanya kesadaran masyarakat tentang makanan dan obat. Untuk meningkatkan kesadaran serta peran aktif masyarakat dalam dunia makanan dan obat BPOM memberikan fasilitas mudah berupa Aplikasi Resmi yang dapat diakses semua kalangan masyarakat.

BPOM secara resmi telah meluncurkan aplikasi dengan nama CEK BPOM. Lewat aplikasi ini, masyarakat menjadi lebih mudah dalam menentukan layak tidaknya bahan pangan atau obat tersebut dikonsumsi. Dalam aplikasi CEK BPOM sendiri sudah berisi dengan database produk-produk yang telah memenuhi standar BPOM sehingga aman untuk dikonsumsi.

Cara penggunaan aplikasi ini sangat mudah. Pertama, aplikasi dapat diunduh melalui gawai anda lewat Google Apps Store. Aplikasi yang telah diunduh langsung bisa dijalankan tentunya dengan menggunakan koneksi internet.

Setelah aplikasi terinstal, pengguna hanya menulis kata kunci yang ingin dicari pada kolom yang tersedia. Setelah mengetik nama produk dalam kolom kata kunci, pengguna tinggal menekan tombol CARI dan aplikasi akan mencari secara otomatis. Jika kata kunci yang dipilih akan memberikan hasil yang sesuai dengan produk yang digunakan, itu berarti produk tersebut terdaftar oleh BPOM.

Dalam suatu kasus pengguna mencoba memasukkan kata kunci dari produk lain dan pada aplikasi tertulis “Data tidak ditemukan” menandakan bahwa produk tersebut belum terverifikasi oleh BPOM. Belum terverifikasi berarti produk tersebut masih belum jelas tentang asal usul, dampak konsumsi, serta komposisi dari produk tersebut. Bisa saja produk tersebut berbahaya bila dikonsumsi.

Cara Pengaduan

Ketika menjumpai produk yang belum terverifikasi oleh BPOM setelah penggunaan aplikasi, pengguna tidak perlu panik. BPOM juga memberikan layanan pengaduan yang dapat diakses oleh masyarakat dengan mudah. Pengaduan dapat dilakukan melalui situs resmi BPOM maupun lewat sosial media milik BPOM.

Langkah awal yang dapat dilakukan, pengadu hanya perlu membuka sebuah situs resmi BPOM yaitu www.pom.go.id. Kemudian pengadu dapat memilih bagian Layanan Online. Dalam bagian layanan online, pengadu akan menemukan berbagai pilihan layanan, maka pilihlah bagian Layanan Pengaduan Konsumen.

Selanjutnya pengadu menuliskan aduan yang ingin diunggah. Selain lewat situs resmi, pengadu juga dapat melakukan proses pengaduan melalui sosial media BPOM yaitu Twitter @HaloBPOM1500533, Instagram Halo BPOM 1500533, melalui email [email protected], atau bisa menghubungi via telepon 1500533.

Meskipun berhak melakukan pengaduan sepenuhnya, tentunya pengadu harus melakukan pengaduan yang bertanggung jawab. Pengaduan harus berdasarkan data faktual serta terlepas dari kepentingan-kepentingan lain. Dilarang menggunakan unsur menjatuhkan produk milik orang lain ataupun perusahaan.

About the author

Editorial Staff

Add Comment

Editorial Staff

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.