Panduan Cara Mudah Menggunakan Turnitin untuk Cek Tulisan Plagiat

P

Turnitin adalah salah satu program andalan para dosen dan mahasiswa dalam pembuatan jurnal, skripsi, tesis dan lain sebagainya. Fungsi dari aplikasi ini adalah untuk mengecek keaslian dari sebuah dokumen yang dibuat dan mengetahui sumber artikel mana yang digunakan. Oleh karena itu, Turnitin banyak digunakan oleh berbagai universitas untuk mengoreksi karya tulis ilmiah.

Meskipun demikian, tidak semua orang paham cara penggunaan Turnitin. Padahal beberapa kampus mewajibkan mahasiswanya yang sedang menyelesaikan skripsi untuk melakukan pengecekan plagiarisme menggunakan Turnitin. Jika Anda salah satunya, simak panduan penggunaan Turnitin berikut.

Panduan Penggunaan Turnitin

1. Pertama kunjungi situs https://turnitin.com/ menggunakan browser yang biasa Anda pakai.
2. Anda bisa langsung login jika sudah memiliki akun. Apabila belum memiliki akun daftar terlebih dahulu dengan menekan opsi Student pada menu Create a New Account.
3. Kemudian isilah detail akun Anda. Untuk Class enrolment dan Class ID biasanya sudah disediakan oleh pihak universitas, kamu bisa meminta kode tersebut di perpustakaan atau pihak universitas yang bersangkutan.
4. Selanjutnya Anda akan masuk ke dashboard Turnitin, silakan klik opsi Class Name.
5. Kemudian klik tombol Submit pada ID Fakultas Anda. Pada bagian ini Anda dapat melakukan Submit berulang kali atau re-submit untuk memastikan tulisan Anda benar-benar bebas plagiarisme.
6. Untuk mengunggah dokumen yang akan dicek plagiarisme caranya:

  • Pilih opsi Single File Upload pada bagian Submit.
  • Kemudian isi bagian Submission Tittle dengan Judul Tulisan Anda.
  • Selanjutnya tekan tombol Choose from this computer untuk mengunggah file TA, skripsi, tesis, jurnal, atau paper yang akan dicek tingkat plagiarisme-nya dari komputer.
  • Jika file yang akan dicek plagiarisme-nya bukan dari komputer, maka Anda tinggal menyesuaikan saja. Klik Choose from Dropbox jika file tersimpan di Dropbox atau Choose from Google Drive jika file tersimpan di Google Drive.
  • Setelah itu pilih file tulisan yang akan dicek.
  • Tekan tombol Upload dan tunggu beberapa saat hingga file berhasil terunggah sepenuhnya.

7. Setelah file berhasil terunggah, klik tombol Confirm yang berwarna biru lalu klik pula tombol Return to assignment list.
8. Kemudian tunggu kolom Similarity melakukan pengecekan plagiarisme sampai selesai. Proses ini memerlukan beberapa menit untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
9. Jika sudah selesai, Anda bisa melihat hasilnya dengan menekan tombol View.
10. Pada bagian tersebut akan ditampilkan persentase kemiripan tulisan Anda dengan tulisan yang telah dipublikasikan sebelumnya.
11. Anda bisa melihat bagian mana saja yang dianggap sebagai plagiat dengan menekan tombol VIEW. Biasanya kalimat yang terdeteksi plagiat akan ditandai dengan warna merah.
12. Jika angka yang berada di awal kalimat bertanda merah Anda klik, maka akan ditampilkan paper yang mirip dengan tulisan yang Anda buat.
13. Apabila sudah terdeteksi plagiat maka mau tidak mau Anda harus mengubah kalimat tersebut. Anda tidak perlu menghapus kalimat tersebut, ubah saja susunan katanya menjadi kalimat yang berbeda namun mempunyai makna yang sama agar tidak terdeteksi plagiat.

turnitin untuk mencegah plagiarisme
turnitin untuk mencegah plagiarisme

Kelebihan Turnitin Untuk Cek Plagiarisme

1. Simpel dan Sangat Mudah Digunakan

Penggunaan Turnitin untuk mengecek tingkat plagiarisme suatu karya tulis ilmiah adalah Langkah yang tepat. Karena aplikasi pemrograman ini sangat mudah digunakan. Selain itu untuk memahami sistem ini juga tidak memerlukan waktu yang lama.

2. Proses Pengecekan Cepat

Walaupun memang kecepatan bergantung pada kondisi dari sistem utama Turnitin. Namun proses yang dibutuhkan Turnitin untuk mengecek tingkat plagiasi dari suatu tulisan relatif cepat.

3. Akses yang Mudah

Karena merupakan aplikasi berbasis web, Turnitin bisa diakses dengan mudah melalui berbagai browser. Selain itu kemudahan juga Anda peroleh saat akan mengunggah file yang akan dicek, Anda bisa mengunggah file dari komputer, Dropbox, maupun Google Drive.

4. Penggunaan Sistem Rubric

Sistem tersebut digunakan untuk penandaan dan penilaian tugas. Selain itu, Turnitin juga mempunyai mark-up tool untuk memperbaiki dan memberikan nilai yang berbentuk pdf atau doc dalam format online.

5. Cakupan Sumber yang Luas

Dalam melakukan deteksi plagiat, Turnitin akan mencakup berbagai sumber referensi yang ada di internet. Dengan cakupan yang luas ini, Turnitin akan mengecek setiap dokumen dengan ketelitian yang tinggi.

Melakukan pengecekan plagiarisme suatu tulisan menggunakan Turnitin sebenarnya sangat mudah. Anda harus membuat akun terlebih dahulu dan memiliki Class ID serta Class enrolment yang bisa diperoleh dari pihak kampus. Agar tulisan yang dibuat tidak terdeteksi plagiat, sebisa mungkin buatlah kalimat dengan gaya bahasa Anda sendiri.

About the author

DMO Staff

Add Comment

By DMO Staff

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.