4 Panduan Lengkap Membuat Web WordPress dari Awal [A-Z]

4

Berbicara mengenai pembuatan website, sebelum memulai pembuatan ada beberapa hal mendasar yang perlu diketahui. Hal-hal tersebut nantinya akan berpengaruh terhadap arah dan perkembangan website Anda.

Secara teknis Anda bisa memilih membuat website dengan membeli hoting dan domain sendiri atau website tidak berbayar seperti Weebly, WordPress, Drupal, Prestashop, Modle dan Joomla.

Namun pembuatan situs web yang gratis biasanya memiliki beberapa kelemahan dimulai dari tampilan sampai hal lain yang sifatnya penting. Kelemahan lain adalah kita tidak bisa memakai domain TLD (top level domain)

Sebagai contoh Anda memiliki hosting di weebly, nama domain Anda akan berubah menjadi “situsku.weebly.com” yang membuat pengunjung menganggap situs Anda hanya menumpang domain orang dan tidak dapat dipercaya.

Stereotipe Pembuatan Website

Dalam pembuatan website, ada beberapa hal yang sering disalah artikan oleh banyak orang sehingga mereka menganggap membuat website itu sulit.

Hal-hal tersebut contonya sepeti pembuat website harus mengetahui kode pemrograman, membutuhkan biaya puluhan juta dan memerlukan waktu yang sangat lama untuk membuatnya.

Padahal teknologi sekarang sudah lebih maju, beberapa terobosan membuat website bisa lebih mudah, misalnya seperti elementor yang memungkinkan kita untuk mendesain tampilan dengan drop down. Dengan kata lain, pembuatan website dan kodenya sudah bisa dilakukan secara otomatis.

Pembuatannya pun juga tidak perlu membutuhkan banyak biaya sampai puluhan juta karena hosting dan domain sudah dapat dibeli tanpa harus meminta sebuah agensi membuatkan website sepenuhnya untuk Anda.

Panduan Membuat Website dengan WordPress

Panduan berikut akan menerangkan bagaimana membuat website dengan cara yang jelas dan ringkas dalam waktu kurang dari setengah jam.

1. Beli Hosting dan Domain

Hosting merupakan istilah teknis dari tempat tinggal dari sebuah situs web, atau ada yang menyebutkan web hosting. Fungsi dari hosting adalah sistem komputer yang akan terus menyala untuk menyimpan berkas-berkas dari situs web serta menampilkannya kepada para pengunjung.

Anda juga harus memiliki alamat situs seperti www.contoh.com, atau yang biasa disebut sebagai nama domain. Untungnya, penyedia hosting biasanya sudah memberikan satu paket hosting dan domain sehingga lebih mudah untuk mendapatkannya.

Terkait dua hal diatas, sekarang ini tidak sulit bagi kita untuk menemukan perusahaan hosting yang memiliki layanan bagus dengan harga yang masuk akal. Ya, sebelum membeli ada baiknya anda memastikan bahwa layanan yang dihadirkan dan harga yang ditawarkan masuk akal, jangan tertipu oleh perusahaan yang menjual hosting dengan harga murah namun kualitas tidak layak karena nantinya ini akan sangat merugikan.

Sebagai saran, sebaiknya pilihlah hosting yang terpercaya dengan track record yang bagus. Hosting yang bagus pasti akan mempermudah website untuk dibuka selama 24 jam secara terus menerus tanpa ada kendala seperti server tiba-tiba down.

Penyedia hosting yang sampai sekarang bisa diandalkan dan mudah dalam pengelolaannya untuk pemula adalah Hostinger. Perusahaan lain yang tidak kalah bagus dan kualitasnya juga international adalah Google cloud platform. Jika Hostinger pun tidak bisa membuat anda percaya, kami rasa Google Cloud Platform bisa menjadi pilihan yang ideal.

Ingin dapat kode promo hosting+domain? Lihat disini kode promo khusus hosting

2. Menginstal WordPress

Sebelum melanjutkan pembahasan pasti Anda bertanya mengenai apa itu WordPress dan apa fungsinya?

Seperti yang sudah dibahas di awal, WordPress adalah perangkat lunak CMS (Content Management System) yang berfungsi membantu jalannya seluruh website baik desain, konten, pengaturan hingga struktur yang diinginkan.

WordPress sudah menjadi mesin yang menjalankan sepertiga dari website di seluruh dunia. Mesin ini juga gratis, mudah digunakan dan dikembangkan dengan menawarkan banyak plugin gratis dan memiliki komunitas para pengguna yang besar dan saling mendukung. Panduan penggunaannya pun juga mudah ditemukan di internet dan sebagian besar tidak memerlukan biaya.

Langkah pertama menginstal WordPress adalah masuk terlebih dahulu ke akun hosting anda.

Beberapa daftar produk akan ada di sana, lalu pilih tombol “kelola” pada bagian “hosting”. Anda akan diarahkan ke bagian dasbor hosting dan carilah “Auto Installer” di bawah “website” atau ikon monitor dengan kilat kuning. Tujuan Auto installer adalah untuk menambahkan CMS pada website. Pilih opsi WordPress untuk memulai proses penginstalan.

Dalam proses penginstalan, Anda akan diminta untuk memilih nama domain sesuai dengan kebutuhan. Jika WordPress hanya ingin digunakan untuk blog, Anda bisa memilih folder namadomain.id/blog.

Selanjutnya Anda harus membuat akun administrasi untuk situs web dengan memasukkan nama pengguna, kata sandi dan alamat email sebagai antisipasi jika harus mengulang akses ke situs web Anda. Nama email yang anda masukan disini adalah yang menggunakan domain anda sendiri, seperti [email protected], etc.

Langkah terakhir yaitu memilih bahasa panel admin dan judul situs web yang nantinya masih bisa diubah sesuai keinginan. Jika sudah, klik tombol “install” dan tunggu beberapa saat sampai muncul tabel yang berisi informasi website yang baru dibuat. Untuk masuk ke bagian administrasi, selanjutnya klik tombol “WP Admin”.

3. Mengonfigurasi WordPress

Tidak semua pengaturan dari WordPress adalah pilihan otomatis. Maka dari itu beberapa fitur harus dirubah sesuai dengan kebutuhan.

Beberapa fitur di bagian sisi kiri dasbor tidak harus dipelajari secara langsung. Anda hanya perlu memenggunakan beberapa saja yang sering digunakan seperti pos dan halaman. Pada bagian ini Anda akan sering mengunjunginya untuk pembuatan konten baru, komentar, dan diskusi.

Yang perlu diketahui dari dua fitur di atas adalah fungsi dari halaman untuk konten yang tidak sering dirubah seperti “Tentang Kami”, sementara pos memiliki fungsi dalam penambahan konten secara teratur.

Bagian lain yang tidak kalah penting dari menu admin WordPress adalah fitur Tampilan. Bagain ini memungkinkan Anda menginstal dan mengubah tema website yang akan membantu menambahkan menu navigasi, widget, tombol kategori spesifik, dan search bar. Selain itu, bagian ini juga memiliki menu customizer untuk menyesuaikan warna dan font.

Fasilitas lainnya yaitu bagian plugin untuk menambahkan fitur lainnya seperti tombol share, keamanan, kontak, dan lain-lain.

4. Menambah Plugin dan Tema

Penting untuk tidak mengabaikan tampikan website. Anda boleh saja menggunakan tema bawaan dari wordpress, namun anda harus sadar bahwa tema itu sudah digunakan jutaan orang dan tentu saja akan membuat website anda sama dengan website lainnya.

Namun jika anda tidak ada masalah dengan hal tersebut, tema bawaan dari wordpress pun tidak masalah, bahkan secara kualitas tema ini juga sudah SEO Friendly.

Saran kami, buatlah website dengan tampilan unik baik dengan mengedit sendiri bagain kode-nya atau menggunakan tema premium. Jika anda ingin membeli tema premium, themforest bisa menjadi tempat anda berbelanja.

Sebagai bahan tambahan berbagai fitur, Anda juga bisa mengaktifkan plugin baik yang gratis maupun berbayar. Beberapa plugin berikut ini adalah yang paling banyak digunakan:

  • Akismet : berfungsi untuk memfilter komentar yang berisi link spam dan kata-kata yang menurut Anda tidak layak ditampilkan.
  • All in One SEO : untuk optimasi mesin pencari seperti mengatur meta pada konten website, serta memberikan parameter terkait teknik SEO yang digunakan.
  • Yoast SEO : sama seperti plugin sebelumnya, yoats SEO juga digunakan untuk melakukan optimasi dengan memberikan parameter dari setiap halaman.
  • Google Analytics Dashboard berfungsi sebagai mesin pelacak pengunjung website. Tentunya Anda akan memerlukan akun Google Analytics yang dapat diakses secara gratis.
  • Contact Form 7 berfungsi untuk menerima pesan dari pengunjung. Plugin juga dapat mengirimkan email dari pengunjung ke email lain seperti gmail, namun Anda harus melakukan setting pada Mail SMTP.

Seperti itulah gambaran panduan singkat untuk membuat website dengan CMS WordPress. Semoga tutorial singkat ini dapat membantu anda yang sedang membangun website. Saran kami, jika anda ingin membuat website bisnis, sebaiknya gunakan hosting dan domain pribadi, kami rasa biasanya juga tidak terlalu mahal.



About the author

Editorial
By Editorial

Editorial

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.