Panduan Lengkap Membuat Film Pendek Menggunakan Samsung Galaxy 10

P

Seorang sutradara membutuhkan beberapa tahapan untuk membuat sebuah film. Hal tersebut dilakukan agar menghasilkan film yang menjadi kesatuan cerita dengan alur menarik. Selain itu juga dapat memberikan kesan mendalam bagi yang menontonnya.

Untuk saat ini, membuat film pendek menjadi lebih mudah. Karena, siapapun dapat membuatnya dengan menggunakan smartphone saja. Samsung Galaxy Movie merupakan platform bagi para pengguna smartphone Samsung Galaxy untuk berkreasi menghasilkan konten yang mempunyai kualitas terbaik layaknya sebuah film.

Tips Membuat Film Pendek bersama Galaxy 10

Ada beberapa tips untuk membuat film dengan menggunakan smartphone dengan mengoptimalkan fitur dari Samsung Galaxy 10. Tips tersebut berasal dari 3 sutradara. Coach di Galaxy Movie Studio tersebut adalah Joko Anwar, Yandi Laurens dan Sammaria Sari Simanjuntak.

Tips Pre-Produksi oleh Joko Anwar

Beberapa tips pre-produksi dari Joko Anwar diantaranya adalah:

1. Menggali Ide

Sebaiknya jangan membatasi diri terhadap hal-hal yang dapat menjadi sumber inspirasi. Anda dapat memulainya dari lingkungan sekitar, trend yang terbaru hingga menonton lebih banyak film. Hal ini dilakukan agar wawasan semakin terbuka, sehingga anda tidak terbatasi oleh hal-hal yang monoton.

2. Menuliskan Semua Ide

Tuliskan hal sekecil apapun yang ada di benak anda. Jika semua ide telah ditulis, maka imajinasi dan kreativitas akan semakin bertambah. Sehingga akan membantu memutuskan hal menarik yang paling ingin diangkat menjadi sebuah cerita.

3. Konversi Ide Menjadi Skrip

Semua ide yang telah terkumpul dapat anda susun menjadi sebuah alur cerita yang menarik. Jika sudah mendapatkan alur cerita yang diinginkan, konversi ide tersebut dapat dijadikan sebuah skrip.

Samsung Galaxy 10 akan memudahkan dalam mengkonversi tulisan tangan menjadi teks digital. Hasil teks tersebut dapat dikonversi menjadi bentuk pdf atau file word. Selanjutnya dapat anda bagikan kepada kru produksi.

4. Konversi Skrip Menjadi Visual

Pada zaman dahulu, harus membuat storyboard sebelum memberikan gambaran alur cerita. Namun kini bagi pengguna kamera smartphone telah ada banyak kemudahan. Penggambaran cerita lebih modern dengan memakai videoboard.

Videoboard ini akan sangat diperlukan kru produksi untuk mendapatkan feel yang diinginkan oleh sutradara. Misalnya saja mulai dari pergerakan kamera hingga lokasi shooting yang dikehendaki.

Saat membuat floorplan juga akan lebih gampang dengan menggunakan S Pen dari Note 10. Penggambaran mengenai kamera, kru, property, hingga aktor akan dimudahkan dengan membagikannya langsung melalui teknologi digital.

Tips Proses Produksi oleh Yandy Laurens

Proses produksi oleh Yandy Laurens dirangkum dalam beberapa tips di bawah ini.

1. Menentukan Budget Produksi

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah mengenai budget yang telah ditentukan dari awal. Harus dapat diukur sejauh mana produksi film dapat dieksplorasi menggunakan budget tersebut.

Saat memasuki tahap pre-produksi atau pembuatan skrip, anda harus mengetahui detail mengenai budget produksi yang akan dipakai.

2. Tidak Ada Alasan Produksi Value yang Buruk

Salah satu faktor pendukung saat memasuki proses produksi adalah konsep yang matang saat pre-produksi. Pendanaan produksi yang minim tidak boleh dijadikan alasan dari buruknya produktion value sebuah film.

Kekuatan dari film yang diproduksi tidak hanya bergantung dari budget. Akan tetapi kematangan dan kesiapan dari semua tahap produksi wajib diperhatikan. Selain itu, elemen pendukung lainnya, seperti kekuatan cerita dan naskah, sinematografi yang bagus dan karakter aktor yang kuat akan membuat produksi film menjadi lebih baik.

3. Pemain dan Keterbukaan Proses Produksi

Sangat penting untuk memilih pemain yang pas dan tepat untuk cerita yang akan diangkat ke dalam sebuah film. Selain itu juga perlu penyampaian keterbukaan proses produksi. Agar para pemain dan kru lebih tahu mengenai kapasitas produksi seperti apa yang sedang mereka jalankan.

4. Pemilihan Lokasi yang Tepat

Memilih lokasi shooting tidak perlu jauh sehingga membutuhkan biaya yang besar. Cukup memilih lokasi yang homebase. Homebase merupakan lokasi yang tidak jauh dari lokasi utama.

5. Penggunaan Galaxy 10

Perlakukan gear seperti kamera profesional, begitu pula dengan smartphone anda. Perhatikan saat proses load data, grip untuk tripod dan penggunaan lensa tambahan.

Kamera Galaxy 10 telah mempunyai kemampuan pro-grade. Shooting dengan memanfaatkan kamera dari smartphone ini akan didukung dengan fitur-fitur andalan. Misalnya saja live focus video, super slow-mo,zoom-in mic sert super steady. Fitur tersebut dapat membantu anda mengeksplorasi berbagai angle pengambilan gambar. Cerita pun akan semakin menarik dengan sinematografi yang memukau.

Tips Post Production oleh Sammaria Sari Simajuntak

Tips post production Sammaria Sari Simanjuntak adalah sebagai berikut:

1. Offline Editing

Semua hasil shooting dirangkai menjadi ssebuah cerita. Jika urutan gambar telah dikunci, maka dilanjutkan dengan proses Sound Editing, Scoring, CGI atau VFX serta Color Grading. Dengan menggunakan Galaxy 10, maka dapat mempersingkat tahapan tersebut. Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi video editing seperti Adobe Pemiere Rush.

Jika dua video yang sama dengan edit memakai urutan yang berbeda, maka akan memberikan makna yang berbeda pula. Tentukan makna yang kuat dan shot mana sajakah yang diutamakan, sehingga penonton dapat terbawa perasaannya saat menonton film anda.

2. Pemilihan Musik

Pastikan anda mengetahui mood apa yang akan dibangun untuk penonton. Sehingga dapat memilih musik dan efek suara yang tepat. Musik atau efek suara dapat diperoleh dari berbagai sumber secara gratis. Pastikan anda tidak memakainya secara komersial. Jika penayangan film dengan skala yang luas, maka anda wajib mengecek hak cipta musik atau lagu yang akan anda gunakan.

3. Double Cek untuk Setiap Detail

Anda bersama tim wajib bekerja sama untuk saling double check film saat sedang mengedit. Karena, dalam kondisi kurang maksimal, kadang ada hal kecil yang terlupakan yang mungkin saja termasuk dalam adegan film.

Apabila menginginkan edit langsung dengan smartphone, akan lebih nyaman memakai layar yang lebih lebar. Jika menggunakan Galaxy 10, maka gunakan fitur Samsung Dex untuk editing film. Pengeditan dapat dijalankan di laptop, sehingga saat mengedit bisa lebih teliti.

About the author

Editorial
By Editorial

Editorial

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.