3 Bersaudara Pemilik Lazada dan Kisah Awal Mula Bisnisnya

3

Dunia yang serba mengandalkan jaringan internet seperti sekarang, membuat masyarakat lebih mudah untuk melakukan banyak hal, salah satunya berbelanja. Platform e-commerce yang cukup berkembang pesat di Indonesia adalah Lazada. Lalu, bagaimana perjalanan platform ini? Siapakah pemiliknya? Lewat tulisan ini, DMO akan memberikan sedikit kisah mengenai perjalanan bisnis Lazada serta owner ecommerce raksasa ini.

Profil Owner Lazada

Lazada bisa dikatakan sebagai platform e-commerce yang sudah berdiri lebih dahulu dibandingkan platform sejenisnya. Lazada didirikan tahun 2012 silam oleh 3 bersaudara bernama Alexander Samwer, Oliver Samwer, dan Marc Samwer.

Ketiga pendiri ini adalah bagian dari Rocket Internet. Pembuatan Lazada sendiri berdasarkan inspirasi dari Amazon.com. Oliver, Alexander, dan Marc adalah anak dari Sigmar Jungen dan Sabine Samwer.

Rocket Inkubator Bisnis Awal Lazada
Rocket Internet Inkubator Bisnis Awal Lazada / rocket-internet.com

Setelah pengembangan berhasil dilakukan dan mendapatkan kesuksesan pada tahun 2013 lalu, memasuki tahun 2014 Lazada mengalami kerugian hingga diambil alih oleh Alibaba di tahun 2016 dan pada tahun 2017 sepenuhnya lepas dari Rocket Internet. Secara otomatis Lazada saat ini dimiliki oleh Jack Ma, Founder Alibaba.

Jack Ma merupakan pebisnis asal China yang lahir pada 10 September 1964 di Hangzhou. Kesuksesan Jack Ma tidak didapatkan dengan mudah, karena beliau mengawali karirnya dari bawah. Bahkan cerita menarik dan jatuh bangunnya Jack Ma menjadi pebisnis sukses seperti sekarang ini sangat populer.

Sejarah Perjalanan Lazada Menjadi E-Commerce

Awal peluncuran Lazada adalah bulan Maret 2012. Platform e-commerce ini sudah berkembang pesat hingga sekarang. Peran Lazada menjadi salah satu jaringan retail online di Indonesia dan 5 negara lain yakni Malaysia, Filipina, Singapura, Vietnam, dan Thailand.

Lazada Hadir Di 6 Negara Di Asia Tenggara
Lazada Hadir di 6 Negara Asia Tenggara

Lazada berdiri dari hasil pengembangan perusahaan teknologi Rocket Internet dari Jerman. Rocket Internet sudah dikenal menciptakan perusahaan berbasis inovasi dan kreasi di berbagai negara. Kantor pusatnya berada di Kota Berlin, Jerman.

Beberapa proyek yang pernah dijalankan oleh Rocket Internet adalah Foodpanda, Traveloka hingga Zalora. Pendirian Lazada yang dibantu Rocket Internet dimulai dari permodalan, rekrutmen tenaga ahli, hingga implementasi platform yang akan dijalankan.

Semakin lama, Lazada menunjukkan kemampuannya dalam bersaing dengan platform e-commerce lainnya, hingga bisa berjalan secara mandiri. Namun, Lazada juga mendapatkan dukungan lain dari tambahan modal yang diberikan Temasek Holdings, Summits Partners, Tesco, hingga JP Morgan.

Lazmall Salah Satu Produk Unggulan Lazada Saat Ini
Lazmall Salah Satu Produk Unggulan Lazada Saat Ini

Sebagai perusahaan ritel e-commerce yang terkenal di Indonesia, Lazada menawarkan aneka produk dengan kategori elektronik, dekorasi rumah, kebutuhan pokok, kebutuhan ibu dan bayi, kesehatan, hingga kecantikan. Selain itu, Lazada memberikan pilihan sistem pembayaran yakni:

COD

Cash On Delivery atau COD adalah metode pembayaran yang memungkinkan Anda menerima barang dahulu, kemudian membayarnya melalui kurir. Sistem ini akan lebih memudahkan Anda untuk mendapatkan barang yang diinginkan tanpa kekurangan atau cacat.

Selain itu, sistem COD juga sebagai solusi untuk meminimalisir penipuan yang mungkin saja dilakukan oknum penjual atau pembeli. Jika Anda memilih sistem COD, pastikan untuk menyiapkan uang pas agar penerimaan barang lebih mudah dan cepat.

Alfamart/ Indomart

Anda tidak perlu khawatir jika tidak memiliki rekening tabungan atau ATM. Sesuai dengan tujuan Lazada sebagai platform yang memudahkan konsumen, e-commerce ini menyediakan pembayaran via Alfamart dan Indomaret.

Transfer bank

Sistem pembayaran paling umum yang dijalankan platform e-commerce, termasuk Lazada adalah transfer bank. Anda juga bisa transfer berdasarkan rekening yang dimiliki karena ada berbagai macam pilihan bank, mulai dari BRI, Mandiri, BCA, Permata Bank, hingga Bank BTN.

Bagi yang suka berbelanja online, Anda bisa berkunjung ke platform Lazada melalui web atau melakukan penginstalan via smartphone. Lazada menyediakan berbagai macam barang mulai dari  kebutuhan pokok hingga tambahan.  Apakah Anda sudah pernah berbelanja di platform ini?

About the author

DMO Staff

Add Comment

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.