Pengertian & Cara Kerja Mobile Marketing

P

Mobile marketing dalam 1 -2 tahun belakangan ini kerap muncul dalam pembicaraan publik. Awalnya mobile marketing menggunakan SMS, yang mungkin sampai saat masih banyak yang menggunakannya. Yang kemudian muncul dan menjadi pertanyaan adalah apa pengertian marketing mobil dan kenapa hal ini menjadi begitu penting untuk para pelaku usaha? Bagaimana cara memanfaatkan dan apa saja aplikasinya?

pengertian mobile marketing
Mengenal mobile marketing dalam dunia pemasaran online

Pengertian Mobile Marketing

Mobile Marketing adalah seperangkat praktek pemasaran yang memungkinkan organisasi  atau pebisnis untuk berkomunikasi dan terlibat dengan audiens mereka secara interaktif dan relevan melalui perangkat mobile atau jaringan nirkabel. Dengan kata lain mobile marketing adalah sistem pemasaran yang mengandalkan penayangan via mobile atau sekarang di kenal dengan smartphone dengan menggunakan aplikasi khusus.

Jika dulu mobile marketing didominasi oleh SMS, sekarang jenisnya ada bermacam-macam. Bentuk layar smartphone yang semakin besar, semakin memudahkan para pelaku bisnis untuk berpikir bagaimana membuat konten yang menarik.

Cara Kerja Mobile Marketing

Cara kerja layanan mobile marketing dengan menggunakan SMS yaitu mengirimkan pesan secara masal kepada daftar nomor pelanggan dengan biaya bulanan yang rendah. Karena banyaknya pelanggan yang mempunyai layanan paket SMS maupun gratis, membuktikan mobile marketing yang menjadi metode efektif dan murah untuk terhubung langsung ke semua pelanggan.

Namun di era yang serba internet seperti sekarang ini, metode SMS sudah semakin kurang diminati. Perusahaan harus mempunyai blog agar bisa dikunjungi banyak orang yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang perusahaan anda. Semisal untuk website dan blog bisnis, tulislah secara berkala artikel yang akan menarik calon pelanggan. Atau melalui sosial media seperti instagram, maka buatlah foto dan konten video pendek yang menarik dan share-able.

Lihat pula: Mengenal Pengertian Experiential Marketing

Hal lain yang cukup penting, jika aktif dalam forum atau marketplace publik, maka usahakanlah profil usaha punya rating dan review yang baik dari para pelanggan. Karena hal tersebut juga menjadi salah satu tanda bahwa citra brand yang kamu miliki bagus atau tidak di dunia maya.

Apa Itu Mobile Selling?

Proses bisnis tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya penjualan. Oleh karenanya, ujung tombak dari aktivitas mobile marketing adalah adanya peningkatan angka penjualan atau pembelian lewat smartphone, oleh karenanya, mobile selling dapat diartikan juga sebagai aktivitas jual-beli yang dilakukan lewat hp. Untuk mendukung aktivitas mobile marketing juga mobile selling, ikuti ulasan contoh bentuk-bentuk pemasaran yang relevan di bawah ini.

Contoh Bentuk Mobile Marketing

Model Model Mobile Marketing
Model Model Mobile Marketing

Ada beberapa metode marketing yang sangat identik dengan pengguna mobile alias dengan menggunakan media smarthpone. Berikut contoh model mobile marketing yang sudah populer dilakukan:

a. Email Marketing

Saat ini, banyak orang mengakses email tidak lagi lewat laptop atau PC melainkan hanya lewat aplikasi smartphone. Buat kamu yang belum tahu, mengirim email yang berisi pesan pemasaran juga merupakan salah satu bentuk mobile marketing yang sangat populer. Diantara startup yang getol sekali menggunakan metode ini adalah perusahaan Gojek.

Promo Gojek Via Email Marketing
Promo Gojek Via Email Marketing

b. Mobile Friendly Website

Website sebagai tools utama dalam pemasaran juga berperan penting dalam efektivitas pemasaran lewat gawai. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah; pastikan web perusahaan Anda kompatibel dan bisa tetap tampil apik jika diakses lewat browser hp (user interface yang mobile friendly).

c. Maksimalkan Fitur Stories di Media Sosial

Stories sebagai fitur posting secara temporer ramai digandrungi anak muda sejak eranya Snapchat. Fitur Stories yang kini diadopsi banyak media sosial seperti FB, Instagram, YouTube hingga WhatsApp juga bisa menjadi media branding via ponsel yang efektif. Hal ini dikarenakan, story Anda hanya akan terlihat kepada orang yang memang tertarik untuk membukanya, bukan tampil secara random kepada semua pengguna media sosial.

Tools Pendukung Mobile Marketing

Untuk mendukung kesibukan dan kesuksesan karir para marketer, dunia modern telah menciptakan beberapa aplikasi mobile yang bisa membantu memaksimalkan waktu ketika berada di dalam maupun luar kantor. Dan berikut ini adalah beberapa contoh aplikasinya:

1. Dropbox

Salah satu aplikasi mobile marketing adalah Dropbox. Dengan Dropbox, dapat dengan mudah menyimpan dan mengakses data dari manapun dan membaginya dengan siapapun. Dropbox jauh lebih mudah digunakan karena keterbukaan dan tampilan yang sederhana.

2. Evernote

Evernote adalah aplikasi pembuat catatan. Dengan Evernote, marketer dapat ingat detail pekerjaan setiap saat, tentu saja jika handphone selalu berada di dekatmu. Selain itu, Evernote dapat menghubungkan dengan pengguna lain.

3. Dragon

Saat bertemu klien dan melakukan perbincangan, seringkali tidak sempat mencatat tentang apa yang telah dibicarakan. Dengan aplikasi mobile Dragon, akan terbantu untuk mencatat semua pembicaraan ke dalam bentuk teks. Aplikasi ini juga mendukung untuk menulis pesan teks ataupun email.

4. Trello

Aplikasi ini memanejemen tugas secara kolaboratif dan telah mendunia serta dipakai oleh individu atau perusahaan yang mencari cara mengorganisir alur kerja mereka secara  rapi dan sistematis. Trello adalah aplikasi yang tepat untuk orang dengan process-oriented yang kerap berkolaborasi dengan orang lain.

5. E-Signature Aplication

Saat pertemuan dengan klien telah menghasilkan sebuah kesepakatan, maka dibutuhkan sebuah penandatanganan kontrak. Dengan aplikasi E-Signature, para marketer dan marketing akan terbantu dengan untuk mendapatkan tanda tangan secara digital. 

6. Canva

Kebutuhan desain grafis yang menarik merupakan hal penentu dalam mobile marketing. Dalam mendesain sebuah campaign, ada baiknya kamu membuat ilustrasi yang bisa outstanding, salah satunya dengan Canva. Selain powerful untuk pemula, tools ini juga tersedia dalam versi gratis sebagai salah satu one-stop-solution untuk masalah desain grafis.

Penjelasan di atas merupakan bahasan komprehensif mengenai pengertian mobile marketing. Semoga dengan ulasan di atas, dapat membatu menjawab pertanyaan anda, sekaligus menjadi referensi yang bermanfaat.

About the author

DMO Staff
By DMO Staff

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.