Pengertian & Cara Kerja Mobile Marketing

Mobile marketing dalam 1 -2 tahun belakangan ini kerap muncul dalam pembicaraan publik. Awalnya mobile marketing menggunakan SMS, yang mungkin sampai saat masih banyak yang menggunakannya. Yang kemudian muncul dan menjadi pertanyaan adalah apa pengertian marketing mobil dan kenapa hal ini menjadi begitu penting untuk para pelaku usaha? Bagaimana cara memanfaatkan dan apa saja aplikasinya?

Pengertian Mobile Marketing
Mobile Marketing adalah seperangkat praktek pemasaran yang memungkinkan organisasi atau pebisnis untuk berkomunikasi dan terlibat dengan audiens mereka secara interaktif dan relevan melalui perangkat mobile atau jaringan nirkabel. Dengan kata lain mobile marketing adalah sistem pemasaran yang mengandalkan penayangan via mobile atau sekarang di kenal dengan smartphone dengan menggunakan aplikasi khusus.
Jika dulu mobile marketing didominasi oleh SMS, sekarang jenisnya ada bermacam-macam. Bentuk layar smartphone yang semakin besar, semakin memudahkan para pelaku bisnis untuk berpikir bagaimana membuat konten yang menarik.
Cara Kerja Mobile Marketing
Cara kerja layanan mobile marketing dengan menggunakan SMS yaitu mengirimkan pesan secara masal kepada daftar nomor pelanggan dengan biaya bulanan yang rendah. Karena banyaknya pelanggan yang mempunyai layanan paket SMS maupun gratis, membuktikan mobile marketing yang menjadi metode efektif dan murah untuk terhubung langsung ke semua pelanggan.
Namun di era yang serba internet seperti sekarang ini, metode SMS sudah semakin kurang diminati. Perusahaan harus mempunyai blog agar bisa dikunjungi banyak orang yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang perusahaan anda. Semisal untuk website dan blog bisnis, tulislah secara berkala artikel yang akan menarik calon pelanggan. Atau melalui sosial media seperti instagram, maka buatlah foto dan konten video pendek yang menarik dan share-able.
Hal lain yang cukup penting, jika aktif dalam forum atau marketplace publik, maka usahakanlah profil usaha punya rating dan review yang baik dari para pelanggan. Karena hal tersebut juga menjadi salah satu tanda bahwa citra brand yang kamu miliki bagus atau tidak di dunia maya.
Contoh Aplikasi Mobile Marketing
Untuk mendukung kesibukan dan kesuksesan karir para marketer, dunia modern telah menciptakan beberapa aplikasi mobile yang bisa membantu memaksimalkan waktu ketika berada di dalam maupun luar kantor. Dan berikut ini adalah beberapa contoh aplikasinya:
1. Dropbox
Salah satu aplikasi mobile marketing adalah Dropbox. Dengan Dropbox, dapat dengan mudah menyimpan dan mengakses data dari manapun dan membaginya dengan siapapun. Dropbox jauh lebih mudah digunakan karena keterbukaan dan tampilan yang sederhana.
2. Evernote
Evernote adalah aplikasi pembuat catatan. Dengan Evernote, marketer dapat ingat detail pekerjaan setiap saat, tentu saja jika handphone selalu berada di dekatmu. Selain itu, Evernote dapat menghubungkan dengan pengguna lain.
3. Dragon
Saat bertemu klien dan melakukan perbincangan, seringkali tidak sempat mencatat tentang apa yang telah dibicarakan. Dengan aplikasi mobile Dragon, akan terbantu untuk mencatat semua pembicaraan ke dalam bentuk teks. Aplikasi ini juga mendukung untuk menulis pesan teks ataupun email.
4. Trello
Aplikasi ini memanejemen tugas secara kolaboratif dan telah mendunia serta dipakai oleh individu atau perusahaan yang mencari cara mengorganisir alur kerja mereka secara rapi dan sistematis. Trello adalah aplikasi yang tepat untuk orang dengan process-oriented yang kerap berkolaborasi dengan orang lain.
5. E-Signature Aplication
Saat pertemuan dengan klien telah menghasilkan sebuah kesepakatan, maka dibutuhkan sebuah penandatanganan kontrak. Dengan aplikasi E-Signature, para marketer dan marketing akan terbantu dengan untuk mendapatkan tanda tangan secara digital.
Penjelasan di atas merupakan pengertian apa itu mobile marketing. Semoga dengan ulasan di atas dapat membatu menjawab pertanyaan anda, sekaligus menjadi referensi yang bermanfaat.