Pengertian Program Asimilasi Lapas bagi Narapidana

P

Narapidana merupakan seseorang yang terpidana karena hilangnya kemerdekaan diri di kalangan lembaga permsyarakatan karena sesuatu hal yang bersimpangan dengan normal dan aturan. Namun, ada program asimilasi yang bisa didapatkan Narapidana dan Anak sebelum adanya pembebasan mutlak.

Pengertian Asimilasi

Program asimilasi merupakan suatu proses untuk pembinaan Narapidana dan Anak dalam bentuk pembauran atau adaptasi pada kehidupan masyarakat tertentu.

Narapidana yang Mendapat Asimilasi

Asimilasi adalah hak yang bisa didapatkan oleh semua para Narapidana dan Anak yang memenuhi persyaratan. Persyaratan tersebut cukup umum, adapula yang tidak berhak mendapatkan asimilasi adalah:

  • Narapidana dan Anak yang jiwanya terancam, dan
  • Narapidana dan Anak yang menjalani hukuman penjara untuk seumur hidup
ilustrasi lapas dan program asimilasi napi
Ilustrasi lapas dan program asimilasi napi

Syarat Pemberian Program Asimilasi

Sebuah harapan pasti ada untuk para narapidana, salah satunya program asimilasi. Program ini bukan dapat langsung didapatkan dan bebas namun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh individu Narapidana dan Anak.

Syarat umum diatur pada pasal 44 ayat 1 Permenkumham 3/2018, yaitu:

  1. Memiliki kelakuan yang baik selama 6 bulan terakhir yang dapat dibuktikan dengan tidak menjalani hukuman disiplin.
  2. Berperan aktif dalam program pembinaan dengan catatan berkelakuan baik, dan
  3. Telah menjalani setengah dari masa pidana yang telah diterima.

Terdapat juga syarat bagi beberapa Narapidana Tindak Tertentu. Narapidana tersebut seperti terorisme, narkotika, dan precursor narkotika, psikotropika, korupsi, kejahatan keamanan, dan kejahatan HAM berat. Syarat khusus tersebut, yaitu:

  1. Selama 9 bulan terakhir memiliki kelakuan yang baik
  2. Aktif dalam program pembinaan
  3. Sudah menjalani masa hukuman selama 2/3 dari waktu yang telah ditetapkan.

Selain itu, untuk Narapidana terorisme terdapat tambahan hukuman berupa program deradikalisasi dan menyatakan iklan. Dan juga bagi Narapidana korupsi harus membayar lunas atas denda sesuai keputusan.

Program asimilasi ini didapatkan berdasarkan pada keputusan sah yang telah ditetapkan Direktur Jenderal Permasyarakatan yang berperan atas nama Menteri Hukum dan HAM.

Hukuman pidana di Indonesia bisa sangat beragam mulai dari ringan hingga berat. Oleh karena itu, sebagai warga Indonesia harus patuh pada aturan, norma, dan nilai yang dianut masyarakat luas.

About the author

Editorial

Add Comment

By Editorial

Editorial

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.