Di era digital seperti sekarang semua serba mudah dan cepat. Teknologi canggih mampu membantu Anda untuk berbelanja dari rumah tanpa melalui smartphone atau laptop. Anda cukup duduk santai sambil memilih barang–barang kebutuhan Anda di platform jual beli online seperti Shopee.

Dunia serasa tanpa batas. Anda bahkan dapat dengan mudah membeli barang dari luar negeri dengan metode pembayaran dan pengiriman yang mudah dan cepat. Saat ini, pembelian barang dari luar sudah lebih mudah Anda lakukan, diantaranya dengan menggunakan jasa import China ataupun menggunakan marketplace besar seperti Shopee.

Logo Branding Shopee International
Logo Branding Shopee International / Shopee.com

Ketentuan Belanja Produk Luar Negeri

Belanja di Shopee memang menyenangkan karena semua barang yang Anda butuhkan ada di sana. Berikut beberapa ketentuan yang harus Anda ketahui jika Anda memutuskan untuk membeli barang dari luar negeri:

  • Sebelum belanja produk, pastikan Anda sudah memilih kategori toko “dari luar negeri” pada halaman rincian produk.
  • Pastikan total belanja Anda tidak melebihi USD75 per hari. Jika melebihi batas tersebut akan dikenakan pajak sebesar 37,5 % dari total invoice. Hal tersebut diatur dalam Peraturan Keuangan Nomor 112/PMK.04/2018 tentang Ketentuan Impor Barang Kiriman.
  • Apabila berbelanja melebihi aturan di atas meskipun dengan akun yang berbeda namun data diri sama akan tetap dikenakan pajak.
  • Jangan membeli produk dari luar negeri melebihi Rp700.000,00.
  • Jika ingin berbelanja dalam jumlah banyak, sebaiknya lakukan pembelanjaan di bawah Rp1.000.000,00 dan lakukan belanja lagi setelah 3 hari dari pembelian pertama. Hal tersebut bermaksud supaya barang belanjaan Anda tidak diangkut pada ekspedisi kapal yang sama.
Bea Masuk Barang Ln Dari Shopee
Bea Masuk Barang Luar negeri dari Shopee / seller.shopee.co.id

Ketentuan Bea Masuk Barang dari Luar Negeri

Pemerintah Indonesia mulai tanggal 30 Januari 2020 memberlakukan peraturan baru terkait bea masuk untuk produk–produk dari kawasan perdagangan bebas dan luar negeri.

Hal tersebut yang menyebabkan Shopee mengeluarkan peraturan bahwa harga suatu produk yang ditampilkan di laman Shopee memiliki 2 jenis ketentuan, yaitu:

  • Harga yang ditampilkan sudah termasuk pajak.
  • Harga yang ditampilkan belum termasuk pajak.

Metode Pengiriman Barang dari Luar Negeri

Ada 2 metode yang bisa Anda gunakan untuk mendatangkan barang dari luar negeri sesuai pedoman Layanan Shopee International Platform, yaitu:

1. Jasa Kirim Cashless

Penggunaan jasa kirim Cashless berarti pihak Shopee yang akan membayarkan ongkos kirim dan pajak ke jasa kirim. Contoh jasa kirim Cashless yaitu jika Anda memilih untuk menggunakan jasa pengiriman, seperti J&T Express, JNE Reguler (Cashless), JNE YES (Cashless), SiCepat REG, SiCepat Cargo, dan Ninja Xpress.

2. Jasa Kirim Non Cashless

Jika Anda memilih menggunakan jasa Pos Kilat Khusus untuk pengiriman barang belanjaan Anda. Pada metode pengiriman ini, penjual yang akan membayarkan ongkos kirim dan pajak ke jasa kirim.

Sebelum memutuskan check out, Anda harus memastikan semua rincian belanja Anda sudah benar. Apabila Anda tidak menginginkan terkena pajak maka Anda tidak boleh belanja melebihi USD75 per hari. Jika Anda merasa masih perlu belanja, Anda bisa melakukannya setelah 2 sampai 3 hari lagi.