Mengenal Perbedaan PCX Hybrid dan PCX Biasa: Bukan Sekedar Teknologi

PCX Hybrid adalah salah satu sepeda motor yang masih terbilang baru di Indonesia. Bahkan, dapat dikatakan bahwa PCX Hybrid adalah salah satu sepeda motor dengan teknologi hybrid pertama di Indonesia. Sepeda motor yang canggih ini dibuat langsung oleh produsen kendaraan yang sudah tak diragukan lagi kualitasnya yaitu Astra Honda Motor. Astra memang sengaja menawarkan inovasi terbarunya karena selama ini  teknologi hybrid hanya dipasangkan di kendaraan roda empat, sedangkan kendaraan roda dua masih terbilang langka.

Bagi Anda yang mungkin belum begitu familiar dengan teknologi hybrid, banyak yang menyangka bahwa PCX Hybrid dan PCX biasa itu sama saja. Padahal, kedua PCX tersebut nyatanya menggunakan teknologi yang berbeda. Sudah pasti keduanya juga memiliki perbedaan, termasuk beda harga jualnya. Agar Anda tak merasa bingung ketika membeli PCX, tak ada salahnya Anda mengetahui beberapa perbedaan yang dimiliki PCX Hybrid dan PCX Biasa.

Daftar isi:

Body PCX 

Sebenarnya, ketika membahas tentang perbedaan antara PCX Hybrid dan PCX Biasa, tak ada perbedaan yang mencolok yang dapat dilihat dari segi body motor. Sekilas keduanya tampak saja. Hanya saja, ketika Anda melihat informasi tentang ukuran masing masing PCX, keduanya memiliki sedikit perbedaan dalam hal berat motor. PCX baik yang dibuat dengan teknologi hybrid atau teknologi motor biasa berukuran panjang 1923 mm, lebar 745 mm dan tinggi 1107 mm. Tetapi berat keduanya memiliki selisih sedikit yang mana PCX biasa beratnya 132 kg sedangkan PCX Hybrid 136 kg.

Lihat pula: Honda PCX 160 Terbaru di Tahun 2021

Eksterior PCX 

Perbedaan antara PCX Hybrid dan PCX Biasa dapat terlihat juga dari desain eksteriornya. Meski bisa dilihat langsung oleh mata, tetapi hanya yang paham dengan tipe PCX saja yang mampu melihat perbedaannya. Pada PCX Hybrid pada bagian badan motor sengaja memilih aksen biru dongker metalik atau istilah kerennya adalah Hybrid Blue. Aksen tersebut sengaja dibuat senada dengan emblem hybrid yang berada di bagian samping.

Honda Pcx 150 Scooter
Honda PCX 150 Scooter

Apabila Anda melihat dengan seksama, jahitan pada jok juga memilih warna yang sama yaitu warna biru dongker. Agaknya PCX Hybrid memang didominasi dengan warna biru karena remote controlnya pun juga berwarna biru. Dengan kata lain, PCX hybrid memang dibuat hanya satu macam saja yaitu motor warna biru. Sedangkan untuk PCX biasa, Anda bisa menjumpai warna warna lain seperti warna biru. Sehingga, Anda bisa memilih warna motor sesuai dengan warna yang Anda favoritkan. 

Fitur PCX

Perbedaan antara PCX Hybrid dan versi biasa nyatanya juga ditampakkan lewat fitur yang melengkapi motor PCX buatan Astra. Pada PCX Hybrid, Astra melengkapinya dengan riding mode sedangkan pada PCX biasa, Astra tidak menyematkannya. Adanya mode ini bisa membuat Anda nyaman berkendara karena Anda bisa menyesuaikan dengan kontur jalan. Perbedaan lain juga bisa dilihat dari ukuran bagasi. Bagasi PCX Hybrid berkapasitas 23,3 liter sedangkan bagasi PCX Biasa lebih besar yaitu berkapasitas 28,8 liter.

Harga PCX 

Setelah Anda mengetahui beberapa perbedaanya, pastinya Anda sedikit bisa menebak bahwa harga PCX Hybrid pastinya lebih mahal daripada PCX Biasa. PCX Hybrid dijual di pasaran dengan harga mencapai 40,3 juta rupiah. Sedangkan untuk PCX Biasa, Astra membandrolnya dengan harga 28,8 juta rupiah untuk tipe CBS dan 30,8 juta rupiah untuk ABS. Jadi, mulai sekarang, Anda yang berniat untuk membeli motor PCX, Anda bisa mempersiapkan terlebih dulu mana kira kira PCX yang sesuai dengan kebutuhan. Semoga bermanfaat!

Join the discussion

DMO