Plat Nomor Kendaraan BK dan Daftar Kode Belakangnya

1 min read

kode plat nomor indonesia

Ya, kode plat nomor kendaraan bermotor bukan hanya sekadar sederetan angka dan huruf saja. Kode tersebut memiliki peranan penting, yakni untuk menunjukkan daerah asal dan nomor identitas kendaraan. Tak terkecuali untuk kode plat nomor satu ini, “BK” yang ditujukkan secara khusus untuk wilayah Kota Medan, Sumatera Utara bagian Timur atau pesisir timur. Di bawah ini adalah informasi lengkapnya kode plat nomor BK dan daftar kode belakangnya, wajib banget Anda tahu.

Plat Nomor BK dan Daftar Kode Belakangnya

Selain memiliki angka dan huruf tertentu, plat nomor kendaraan juga memiliki warna dan tulisan yang memiliki arti tersendiri. Misalnya, untuk jenis kendaraan pribadi dan sewa umumnya menggunakan plat dengan warna hitam dan tulisan putih. Sementara itu untuk jenis kendaraan umum biasanya menggunakan warna kuning dengan tulisan berwarna hitam. Lalu, untuk kendaraan pemerintah sendiri menggunakan plat nomor merah dengan tulisan warna putih. Dan berikut ini adalah daftar plat nomor BK dan daftar kode belakangnya.

  • Kabupaten Labuhanbatu Utara memiliki plat nomor BK dan kode belakang J**.
  • Kabupaten Deli Serdang memiliki plat nomor BK dan kode belakang M**.
  • Kabupaten Batubara memiliki plat nomor BK dan kode belakang O**.
  • Kabupaten Langkat memiliki plat nomor BK dan kode belakang P**.
  • Kabupaten Karo memiliki plat nomor BK dan kode belakang S**.
  • Kabupaten Simalungun memiliki plat nomor BK dan kode belakang T**/U*.
  • Kabupaten Asahan memiliki plat nomor BK dan kode belakang V**.
  • Kabupaten Serdang Bedagai memiliki plat nomor BK dan kode belakang X**.
  • Kabupaten Labuhanbatu memiliki plat nomor BK dan kode belakang Y**.
  • Kabupaten Labuhanbatu Selatan memiliki plat nomor BK dan kode belakang Z**.
  • Kota Tanjung Balai memiliki plat nomor BK dan kode belakang Q**.
  • Kota Binjai memiliki plat nomor BK dan kode belakang R**.
  • Kota Pematang Siantar memiliki plat nomor BK dan kode belakang W**.
  • Kota Tebing Tinggi memiliki plat nomor BK dan kode belakang N**.
  • Kota Medan memiliki plat nomor BK dan kode belakang A**/B*/C*/D*/E*/F*/G*/H*/I*/K*/L*.
Artikel terkait:  Plat Nomor Kendaraan K dan Kode Belakangnya

Meskipun banyak yang menyepelekan, tetapi pada dasarnya keberadaan sebuah plat nomor merupakan salah satu hal penting bagi kendaraan bermotor, baik mobil atau motor. Plat nomor bahkan disebut sebagai wajah dari nomor kendaraan yang dicantumkan di dalam STNK tiap kendaraan bermotor. Plat nomor bisa diibaratkan sebagai KTPnya kendaraan bermotor, yang artinya wajib ada.

Informasi plat nomor kendaraan bermotor, tanggal jatuh tempo pajak, dan nominal yang harus Anda bayarkan dulu hanya bisa didapatkan dengan cara datang ke kantor – kantor Samsat terdekat. Namun di era digital seperti sekarang Anda sudah bisa melakukannya dengan mudah, misalnya lewat aplikasi cek plat nomor kendaraan bermotor satu ini, Cek Pajak Kendaraan Bermotor.

Ini adalah aplikasi untuk mengecek pajak kendaraan bermotor di Indonesia dari berbagai e-Samsat di Indonesia. Aplikasi tersebut dibuat khusus untuk memudahkan akses e-Samsat untuk cek pajak kendaraan bermotor. Penting sekali untuk membayar pajak pada waktunya, dengan begitu Anda akan terhindar dari denda dan e-Tilang atas keterlambatan membayar pajak.

Tak perlu khawatir, aplikasi tersebut juga bisa digunakan untuk cek plat nomor yang tertera di BPKB atau STNK. Beberapa daerah yang belum memiliki fasilitas e-Samsat tidak bisa ditampilkan lewat aplikasi Cek Pajak Kendaraan Bermotor.

Demikian informasi seputar plat nomor BK dan daftar kode belakangnya. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DMO.or.id: Digital Marketing via Online