Bali adalah ibukota provinsi Denpasar dan merupakan salah satu pulau di Kepulauan Nusa Tenggara. Di awal kemerdekaan Indonesia, pulau ini termasuk dalam provinsi Sunda Kecil dan beribukota di Singaraja, tetapi ini terbagi menjadi tiga provinsi, yakni Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Membahas lebih lanjut mengenai plat nomor, untuk semua jenis kendaraan bermotor di wilayah eks Karesidenan Bali memiliki seri atau kode plat nomor “DK”. Dan berikut ini adalah daftar lengkap plat nomor DK dan daftar kode belakangnya.

Plat Nomor DK dan Daftar Kode Belakangnya

Perlu diketahui, untuk plat nomor kendaraan bermotor di Bali, khususnya untuk sepeda motor menggunakan angka 2000 – 8999. Sementara itu untuk jenis kendaraan bermotor bus menggunakan angka 9000 – 9999. Untuk kendaraan jenis truk sendiri menggunakan angka 8000 – 9999 dan 1000 – 1999, serta 9000 – 9999 digunakan untuk jenis kendaraan pick up.

Merupakan salah satu kota terbesar di wilayah Indonesia Timur, Bali memiliki moda transporasi dengan dominasi pengguna kendaraan roda empat (mobil) dan roda dua (motor). Sebagai identitas daerah, plat nomor kendaraan Bali wajib menggunakan DK dengan kode belakang yang berbeda – beda. Namun untuk lebih jelasnya, mari simak daftar plat nomor DK dan daftar kode belakangnya berikut ini.

kode plat nomor indonesia
Daftar kode plat nomor Bali DK
  • Kota Denpasar memiliki plat nomor DK dan kode belakang A**/B*/C*/D*/E*/I*/Q*/X*.
  • Kabupaten Badung memiliki plat nomor DK dan kode belakang F**/J*/O*.
  • Kabupaten Tabanan memiliki plat nomor DK dan kode belakang G**/H*.
  • Kabupaten Gianyar memiliki plat nomor DK dan kode belakang K**/L*.
  • Kabupaten Klungkung memiliki plat nomor DK dan kode belakang M**/N*.
  • Kabupaten Bangli memiliki plat nomor DK dan kode belakang P**/R*.
  • Kabupaten Karangasem memiliki plat nomor DK dan kode belakang S**/T*.
  • Kabupaten Buleleng memiliki plat nomor DK dan kode belakang U**/V*.
  • Kabupaten Jembrana memiliki plat nomor DK dan kode belakang W**/Z*.

Ya, saat berkunjung ke Bali Anda pastinya akan memahami bahwasannya ada dua moda transportasi utama, yakni mobil dan motor. Tidak hanya digunakan untuk kebutuhan pribadi saja, wisatawan juga banyak yang menyewakan jenis kendaraan bermotor tersebut untuk kebutuhan travelling. Berikut adalah jenis kendaraan bermotor yang umum digunakan di Bali berdasarkan fungsinya.

  • Mobil. Memiliki bentuk yang lebih besar, ini merupakan jenis kendaraan roda empat yang mampu memuat lebih banyak orang. Baik mobil pribadi, angkutan atau taksi hingga transportasi online berjenis mobil semuanya harus menggunakan kode plat nomor DK.
  • Motor. Tidak jauh berbeda seperti mobil, semua motor yang dikeluarkan di wilayah Bali dan sekitarnya menggunakan kode plat nomor DK sebagai kode nomor polisi wajib. Baik digunakan untuk kebutuhan pribadi atau sewaan, semua motor di Bali menggunakan kode plat nomor yang sama.

Terlepas dari hal tersebut, di jalanan Anda pastinya pernah melihat plat nomor kendaraan dengan beragam warna. Ada yang berwarna hitam, kuning, merah, putih, bahkan ada pula plat nomor yang ada bintangnya. Dari daftar plat nomor di atas, kode DK tidak hanya digunakan secara eksklusif di kota Bali tetapi juga di beberapa kabupaten di sekitar Bali juga menggunakan kode yang sama, meskipun demikian kode belakangnya menggunakan huruf yang berbeda.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan seputar plat nomor DK dan daftar kode belakangnya. Semoga bermanfaat.