Plat Nomor Kendaraan BG dan Kode Belakangnya

P

Kode plat nomor kendaraan memiliki minimal digit yang harus diketahui oleh setiap pengemudi. Sebab, kode nomor kendaraan tersebut berbeda-beda. Untuk itu, digit yang digunakan juga berbeda. Kode bagian depannya dibedakan menggunakan huruf abjad. Plat nomor kendaraan BG merupakan salah satu plat yang menggunakan dua digit huruf pada bagian depannya. Plat kendaraan BG ini digunakan untuk kawasan Palembang Sumatera Selatan. Jika menggunakan salah satu huruf saja, entah itu B atau G, maka akan menyerupai dengan beberapa kota lainnya.

Kode Plat Nomor Kendaraan BG

Plat nomor kendaraan yang resmi merupakan plat kendaraan yang sangat direkomendasikan. Namun terkadang ada beberapa pihak yang menggunakan kode plat sendiri dengan alasan agar lebih menarik. Namun hal tersebut sebenarnya membuat pemilik kendaraan dalam bahaya karena tidak mematuhi aturan. Untuk itu, akan lebih baik jika menggunakan plat kendaraan yang sudah ditentukan oleh pemerintah.

Kode plat nomor kendaraan yang resmi memiliki beberapa informasi. Salah satunya adalah kode bagian depan seperti BG yang memiliki makna kota atau wilayah tertentu. Plat nomor kendaraan BG memang menunjukkan bahwa kendaraan tersebut berasal dari Sumatera Selatan atau lebih tepatnya adalah Palembang. Perlu diketahui bahwa daerah Palembang sendiri masih dibagi dalam beberapa kabupaten. Sehingga terdapat kode lain yang membedakan plat nomor kendaraannya.

kode plat nomor indonesia
Daftar kode plat nomor Palembang

Plat BG dan Kode Belakang

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kode belakang ditentukan sesuai dengan wilayahnya. Untuk kota Palembang sendiri memiliki beberapa kabupaten. Diantaranya adalah Kota Lubuk Linggau dengan kode belakang H** kemudian Kabupaten Banyuasin dengan kode belakang J**. Selanjutnya adalah Kabupaten Ogan Komering ilir berkode K** diikuti dengan Kabupaten Penukal Abab Lematang ilir dengan kode O**.

Wilayah yang lain adalah Kabupaten Empat Lawang dengan kode belakang S**, Kabupaten Ogan ilir T**, Kabupaten Ogan Komering Uku Selatan V**, dilanjutkan Kabupaten Pragaralam W**, kemudian kota Palembang A**/I*/M*/N*/P*/Q*/R*/U*/X*/X*. Berbeda dengan Kabupaten Musi Banyuasin dengan kode belakang B**, lalu Kota Prabumulih C**. Plat nomor kendaraan BG ini juga digunakan untuk Kabupaten Lahat dengan kode belakang E**.

About the author

DMO Staff

Add Comment

By DMO Staff

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.