Plat Nomor Kendaraan F dan Kode Belakangnya

P

Salah satu jenis identifikasi pada kendaraan seperti mobil atau motor adalah dengan menggunakan plat nomor kendaraan. Selain itu, plat nomor juga bisa untuk mengidentifikasi plat registrasi kendaraan. Kali ini kita akan membahas tentang plat nomor kendaraan F dan kode Belakangnya.

kode plat nomor indonesia
Daftar kode plat nomor F

Plat Nomor Kendaraan F dan Kode Belakangnya

Biasanya plat ini berupa potongan logam atau plastik. Plat ini dipasang di kendaraan bermotor sebagai salah satu identifikasi resmi. Umumnya plat nomor ini ada dua yaitu dipasang di bagian depan dan juga belakang kendaraan bermotor.

Kode plat nomor kendaraan F untuk sepeda motor, mobil dan kendaraan lainnya ditujukan untuk wilayah kota eks karesidenan Bogor, Jawa Barat dan yang ada di sekitarnya.

  • Kode plat kendaraan F meliputi kota Bogor dengan plat nomor kendaraan F dan kode belakang A*/B*/C*/D*/E*.
  • Selanjutnya untuk kabupaten Bogor memiliki plat nomor kendaraan F dengan kode belakang F**/G*/H*/I*/J*/K*/L*/M*/N*/O*/P*/R*.
  • Untuk kabupaten Sukabumi plat nomor kendaraan F dilengkapi dengan kode belakang Q*/U**/V*.
  • Sementara untuk kabupaten Cianjur memiliki plat nomor F dengan kode belakang W*/X*/Y*/Z*.
  • Kota Sukabumi memiliki plat nomor F dengan kode belakang S*/T*.

Bentuk Plat Nomor Kendaraan

Seperti yang diketahui plat nomor kendaraan mempunyai nomor seri berupa susunan huruf dan juga angka khusus untuk kendaraan tersebut. Nomor ini di negara Indonesia disebut dengan nomor polisi.

Umumnya dipadu dengan informasi lain berupa kendaraan yang bersangkutan. Model, warna, tahun pembuatan, merek, nomor identifikasi kendaraan atau VIN dan nama serta alamat pemiliknya.

Seluruh data tersebut tertera di dalam STNK yang menjadi surat bukti bahwa nomor polisi tersebut memang telah ditetapkan untuk kendaraan.

Ada peraturan mengenai plat nomor. Jika sembarangan dimodifikasi tanpa peduli terhadap regulasinya hal ini dapat dianggap sebagai sebuah pelanggaran dan dapat kena tilang. Plat nomor kendaraan wajib memuat kode wilayah, nomor registrasi dan masa berlaku.

Ukuran, bentuk, bahan, warna serta cara pemasangannya juga harus memenuhi peraturan yang berlaku. Di samping itu, plat motor harus dapat dibaca kurang lebih dari jarak 50 meter.

Oleh sebab itu, jika perlu anda dapat menambahkan lampu penerangan berwarna putih. Plat nomor yang tidak dikeluarkan Korlantas Polri dianggap tidak sah.

About the author

Editorial Staff

Add Comment

Editorial Staff

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.