Plat Nomor Kendaraan K dan Kode Belakangnya

P

Plat nomor menjadi salah satu cara untuk mengidentifikasi motor atau mobil. Selain itu, juga dapat diidentifikasi sebagai nomor dari registrasi kendaraan tersebut. Salah satunya adalah plat nomor kendaraan K dan kode belakangnya yang akan kita bahas kali ini.

Bentuk plat untuk nomor sendiri berupa potongan logam atau plastik. Dipasang di kendaraan bermotor sebagai salah satu identifikasi resmi. Umumnya ini jumlahnya sepasang dipasang di bagian depan dan juga belakang kendaraan.

kode plat nomor indonesia
Daftar kode plat nomor kendaraan K

Plat Nomor Kendaraan K dan Kode Belakangnya

Di dalam plat dari sebuah kendaraan terdapat nomor seri berupa susunan huruf dan angka khusus untuk kendaraan tersebut. Nomor ini di Indonesia dinamakan dengan nomor polisi.

Biasanya dipadukan dengan info lain dari kendaraan yang bersangkutan. Seperti merek, warna, model, tahun, pembuatan nomor identifikasi dan nama serta alamat pemiliknya.

Semua data tersebut tertera dalam Surat Tanda Nomor Kendaraan bermotor atau STNK yang menjadi bukti bahwa nomor polisi ditetapkan untuk kendaraan tersebut.

Berikut ini adalah informasi mengenai plat nomor kendaraan K dan kode belakangnya:

  • Kode Plat Nomor Pati (K ditambah  Kode belakang *A/*G/*H/*S/*U),
  • Kabupaten Kudus (K – Kode belakang *B/*K/*O/*R/*T),
  • Jepara (K – Kode belakang **C/*L/*Q/*V),
  • Kabupaten Rembang (K – Kode belakang *D/*I/*M/*W),
  • Blora (K – Kode belakang *E/*N/*X/*Y),
  • Kabupaten Grobogan (K – Kode belakang **F/*J/*P/*Z)

Plat nomor dengan kode K merupakan kode untuk kendaraan yang terdaftar di kepolisian wilayah daerah kota Pati, Kudus, Jepara, Rembang dan sekitarnya atau eks karesidenan Pati, Jawa Tengah.

Membedakan Wilayah Asal Plat Nomor

Untuk membedakan dan tahu dari mana kendaraan berasal dari plat nomor, maka nomor polisi yang ada pada mobil atau motor diberikan sesuai urutan pendaftaran kendaraan bermotor.

Nomor urut ini terdiri dari angka 1 hingga angka 4. Posisinya berada di sebelah kode wilayah pendaftaran. Jika nomor pendaftaran dari plat tersebut sudah habis dialokasikan, maka nomor urut pendaftaran berikutnya kembali ke nomor awal dengan diberi tanda pengenal berupa abjad A hingga Z di belakang angka pendaftaran.

Plat nomor kendaraan K lengkap dengan kode belakangnya bisa menjadi informasi bagi anda yang menunjukkan bahwa motor atau mobil itu merupakan mobil daerah Pati Jawa Tengah.

About the author

Editorial Staff

Add Comment

Editorial Staff

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.