Plat Nomor Kendaraan P dan Kode Belakangnya

P

Plat nomor kendaraan merupakan salah satu komponen penting yang harus tertempel pada bagian motor. Setiap wilayah terutama provinsi memiliki kode plat yang berbeda-beda. Salah satunya adalah wilayah Karesidenan Besuki Jawa Timur yang memiliki plat nomor kendaraan P. Plat nomor kendaraan dengan huruf P ini masih dibagi lagi dalam beberapa kode. Namun kode ini dipisah dalah bentuk seri. Ada beberapa wilayah di kawasan Karesidenan Besuki Jawa Timur.

kode plat nomor indonesia
Daftar kode plat nomor Kendaraan di Jawa Timur

Plat Nomor Kendaraan P

Sebagaimana yang kita tahu, kawasan Jawa terutama Jawa Timur memiliki wilayah yang begitu luas. Sehingga setiap karesidenan memiliki wilayah yang berbeda. Hal ini juga membuat pembagian nomor plat motor berbeda-beda. Penggunaan plat motor sangat penting. Jika tidak menggunakan plat motor, maka kemungkinan besar akan terkena tilang dari pihak berwajib.

Kini setiap kendaraan diwajibkan untuk menggunakan Plat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor. Bukan hanya sebagai pelengkap saja, plat motor ini digunakan untuk mengetahui identitas dari motor itu sendiri. Jika kendaraan tidak memiliki identitas, maka pihak berwajib akan mengalami kesulitan ketika mengidentifikasinya. Salah satu identitas dari sebuah kendaraan adalah plat dengan huruf P. Plat ini khusus digunakan untuk daerah Besuki Jawa Timur.

Ada beberapa kabupaten yang masuk dalam kawasan ini. Diantaranya adalah Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Jember, dan juga Kabupaten Banyuwangi. Beberapa kabupaten ini memiliki plat dengan awalan P. Sedangkan untuk membedakannya, kode belakang dari plat motor ini berbeda-beda.

Plat P Sekaligus Kode Belakang

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa Karesidenan Besuki Jawa Timur dibagi dalam beberapa kabupaten. Setiap kabupaten telah dibagi dalam beberapa kode yang berbeda-beda. Diantaranya adalah Kabupaten Bondowoso (A*/B*/C*/D*) selanjutnya Kabupaten Situbondo (E*/F*/G*/H*/I*/J*). Kemudian Kabupaten Jember (K*/L*/M*/N*/O*/P*/Q*/R*/S*/T*) lalu wilayah yang terakhir adalah Kabupaten Banyuwangi (U*/V*/W*/X*/Y*/Z*).

Beberapa kabupaten tersebut sudah memiliki kode belakang tersendiri. Dengan adanya kode belakang tersebut membuat kendaraan mudah dikenali. Plat nomor kendaraan P ini memang digunakan di beberapa daerah namun bagian belakangnya bisa digunakan sebagai pembeda.

About the author

DMO Staff

Add Comment

By DMO Staff

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.