Plat Nomor Kendaraan R dan Daftar Kode Belakangnya

P

Pada awal kemunculannya, plat nomor kendaraan bermotor memiliki bermacam bentuk dan ukuran. Tak heran jika hal tersebut cukup menyulitkan saat akan dipindahkan ke kendaraan yang lain. Standarisasi penggunaan plat nomor baru dimulai tahun 1957 silam, ketika pabrik mobil sepakat dengan pemerintah juga organisasi tentang standar internasional plat nomor.

Meski hanya masih kalangan lokalan saja, tetapi kala itu plat nomor memiliki tiga standar, antara lain:

  • Untuk negara belahan barat memiliki ukuran 15 x 30 cm.
  • Untuk Uni Eropa memiliki ukuran 11 x 52 cm.
  • Untuk Australia dan beberapa negara Asia–Pasifik memiliki ukuran lebih panjang dibanding kedua wilayah sebelumnya.

Dan berikut ini akan kami informasikan selengkapnya seputar plat nomor R dan daftar kode belakangnya, khusus untuk kendaraan bermotor di Indonesia.

kode plat nomor indonesia
Daftar kode plat nomor R

Plat Nomor R dan Kode Belakangnya

Sejak awal terbentuknya plat nomor kendaraan, ternyata sudah dipasangkan di bagian depan maupun belakang kendaraan. Tujuannya tidak lain agar mudah terlihat. Alasan dibuatnya sebuah plat nomor adalah agar setiap kendaraan bermotor tidak tertukar. Selain itu, adanya plat nomor juga tidak akan membingungkan pemiliknya ketika akan meletakkannya di mana pun ia inginkan.

Hal tersebutlah yang menjadi alasan mendasar kenapa plat nomor dipasangkan di bagian dan belakang kendaraan. Bagian ini merupakan posisi atau letak yang paling menonjol dan mudah diketahui. Berbicara mengenai plat nomor, khususnya untuk kode atau seri “R” sendiri merupakan plat nomor yang ditujukkan untuk wilayah, daerah, maupun area kota eks Karesidenan Banyumas, Jawa Tengah. Dan berikut ini adalah daftar lengkap plat nomor R dan daftar kode belakangnya yang harus Anda tahu.

  • Kabupaten Banyumas memiliki plat nomor R dan kode belakang *A/*E/*G/*H/*J/*S/*X.
  • Kabupaten Cilacap memiliki plat nomor R dan kode belakang *B/*F/*K/*N/*P/*R/*T.
  • Kabupaten Purbalingga memiliki plat nomor R dan kode belakang *C/*L/*Q/*U/*V/*Z.
  • Kabupaten Banjarnegara memiliki plat nomor R dan kode belakang *D/*I/*M/*O/*W/*Y.

Lalu, bagaimana cara cek plat nomor kendaraan bermotor? Ini dia cara mudah mengecek plat nomor via SMS yang bisa Anda ikuti, terutama untuk beberapa wilayah atau daerah di Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Kepulauan Riau, dan Yogyakarta.

Jakarta

Khususnya untuk wilayah Jakarta, Anda bisa cek plat nomor dengan mengirimkan SMS ke 1717. Adapun format yang harus diketik, yakni Metro (spasi) Plat Nomor. Biaya SMS mencapai Rp 1000.

Jawa Barat

Lalu untuk wilayah Jawa Barat Anda bisa kirimkan SMS ke nomor 0811 211 9211, dengan format INFO (spasi) Plat Nomor (spasi) Warna Kendaraan.

Jawa Tengah

Sebenarnya untuk mengecek plat nomor kendaraan mudah sekali, untuk wilayah Jawa Tengah, Anda bisa mengecek nomor kendaraan lewat SMS dengan format JATENG (spasi) Plat Nomor. Kirimkan saja SMS tersebut ke 9600.

Jawa Timur

Lain halnya untuk wilayah Jawa Timur, Anda harus mengirimkan SMS dengan format SMS JATIM (spasi) Plat Nomor. Kirimkan SMS tersebut ke 7070.

Kepulauan Riau

Sementara itu untuk Kepulauan Riau sendiri Anda bisa kirimkan SMS dengan format KEPRI (spasi) Plat Nomor ke 9969.

Yogyakarta

Terakhir adalah untuk wilayah Yogyakarta, cara cek plat nomornya juga tidak kalah mudahnya, yakni dengan mengirimkan format SMS DIY (spasi) Plat Nomor ke 9600.

Demikianlah informasi seputar plat nomor R dan daftar kode belakangnya. Semoga informasinya bermanfaat.

About the author

Editorial

Add Comment

Editorial

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.