Plat Nomor Kendaraan W dan Kode Belakangnya

P

Hal yang paling identik dari semua kendaraan adalah plat yang digunakan. Sebab, ada beberapa plat kendaraan yang menggunakan nomor berbeda-beda dan bisa dikatakan sangat unik. Perlu diketahui bahwa plat nomor kendaraan tersebut perlu dibuat sesuai dengan peraturan yang berlaku. Jadi, penggunaan plat tersebut tidak boleh dibuat secara sembarangan. Semua plat nomor kendaraan memiliki seri tersendiri. Misalnya plat nomor kendaraan W yang ditujukan untuk kawasan Karesidenan Jawa Timur.

Daftar kode plat nomor W Jawa Timur Kecuali Surabaya
Daftar kode plat nomor W Jawa Timur Kecuali Surabaya

Plat W Untuk Karesidenan Jawa Timur kecuali Surabaya

Ada 33 provinsi yang terdapat di Indonesia. Setiap provinsi masih dibagi menjadi beberapa wilayah lagi yang disebut dengan kabupaten. Hal tersebut juga berimbas pada sebuah identitas kendaraan. Bisa dilihat banyak kendaraan motor atau mobil yang berlalu lalang menggunakan nomor yang berbeda-beda. Nomor plat tersebut merupakan sebuah identitas yang memiliki makna tersendiri.

Ada beberapa bagian nomor plat motor yang perlu diketahui. Diantaranya adalah bagian depan yang menunjukkan wilayah suatu daerah kemudian bagian angka atau bagian tengah yang memiliki arti kode pribadi. Kemudian seri belakang yang menunjukkan spesifikasi wilayah tersebut. Dapat diambil contoh plat nomor kendaraan W yang menunjukkan wilayah Jawa Timur kecuali untuk Surabaya.

Kawasan Karesidenan Jawa Timur ini memiliki beberapa wilayah kabupaten. Wilayah inilah yang nantinya menunjukkan spesifikasi kode belakang plat motor. Untuk Karesidenan Jawa Timur kecuali Kota Surabaya ini dibagi menjadi dua kabupaten. Diantaranya adalah Kabupaten Gresik dan juga Kabupaten Sidoarjo.

Plat W dan Kode Belakangnya

Karesidenan Jawa Timur kecuali Surabaya ini memiliki dua kabupaten yang memiliki kode belakang berbeda-beda. Untuk Kabupaten Gresik memiliki kode belakang plat A*/B*/C*/D*/E*/F*/G*/H*/I*/J*/K*/L*/M*. Sedangkan untuk Kabupaten Sidoarjo memiliki kode belakang N*/O*/P*/Q*/R*/S*/T*/U*/V*/W*/X*/Y*/Z*. Setiap kabupaten sudah mendapat kode belakangnya masing-masing.

Plat nomor kendaraan W dan kode bagian belakangnya ini membantu pengguna untuk mendapatkan identitas wilayah dari kendaraannya. Untuk itu, jika plat motor sudah mati maka perlu diperbarui lagi. Dengan begitu anda tidak akan terkena masalah ketika berada di jalan raya. Perbedaan kode ini juga ditujukan untuk memudahkan proses identifikasi.

About the author

Editorial Staff

Add Comment

Editorial Staff

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.