Plat Nomor Kendaraan Z dan Kode Belakangnya

P

Kode plat nomor kendaraan merupakan salah satu kode yang penting. Di dalam kode tersebut termuat beberapa informasi mengenai kendaraan dan pemiliknya. Informasi tersebut nantinya bisa digunakan untuk pelacakan jika suatu saat terjadi masalah. Di Indonesia, plat nomor kendaraan dibedakan berdasarkan huruf abjad. Salah satunya adalah plat nomor kendaraan Z yang digunakan untuk kawasan kota di Jawa Barat bagian timur. Plat nomor yang satu ini menjadi identitas dari kawasan tersebut.

kode plat nomor indonesia
Daftar daerah dengan kode plat nomor Z

Plat Nomor Kendaraan Z Untuk Kawasan Jawa Barat Bagian Timur

Pulau Jawa sendiri sangat luas dan terdapat beberapa provinsi sekaligus kabupatennya. Salah satu provinsi yang ada di Pulau Jawa adalah Kota Jawa Barat. Wilayah ini miliki plat nomor kendaraan dengan huruf Z. Selain itu, ada beberapa huruf lain yang digunakan untuk menjadi pembeda di beberapa kabupaten. Sebab, Kota Jawa Timur dibagi dalam beberapa bagian dan juga kabupaten.

Banyaknya kota dan kabupaten yang ada di Jawa Timur membuat pembagiannya juga cukup banyak. Salah satu plat yang digunakan adalah huruf Z. Plat ini menjadi kode pada bagian depan plat nomor kendaraan. Entah itu kendaraan roda dua atau roda empat. Plat kendaraan ini hanya ditujukan untuk Jawa Barat bagian timur saja. Sehingga untuk kawasan lain memiliki plat yang berbeda-beda.

Plat Z dan Kode Belakangnya

Kawasan Jawa Barat bagian timur ini masih dibagi dalam beberapa kabupaten dan kode belakang dari plat motornya. Diantaranya adalah Kabupaten Sumedang (A*/B*/C*) selanjutnya adalah Kabupaten Garut (D*/E*/F*/G*) kawasan yang selanjutnya adalah Kabupaten Tasikmalaya (K*/L*/M*/N*/O*/P*/Q*/R*/S*). Wilayah yang lain adalah Kota Tasikmalaya (H*/I*/J*) kemudian beralih ke Kabupaten Ciamis (T*/U*/V*) kawasan yang selanjutnya adalah wilayah Kabupaten Pangandaran (W*).

Wilayah yang terakhir adalah Kota Banjar (X*/Y*/Z*). Beberapa kode tersebut digunakan pada bagian belakang. Semua wilayah yang telah disebutkan tersebut menggunakan plat nomor kendaraan Z sebagai tanda bahwa kendaraan berasal dari daerah Jawa Barat bagian timur. Untuk wilayah Jawa Barat bagian yang lain tentunya memiliki kode yang berbeda.

About the author

Editorial Staff

Add Comment

Editorial Staff

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.