Arti Plat Nomor L dan Daftar Kode Belakangnya

1 min read

kode plat nomor indonesia

Selain dijadikan sebagai salah satu jenis identitas pada kendaraan bermotor, plat nomor juga bisa diidentifikasi sebagai plat registrasi pada mobil atau motor. Jika dilihat dari segi bentuk, plat nomor berbentuk logam atau plastik. Plat nomor dipasangkan pada kendaraan bermotor sebagai identifikasi resmi. Berjumlah sepasang, plat nomor dipasangkan di bagian depan dan belakang kendaraan.

Berbicara mengenai kode nomor kendaraan bermotor, khususnya untuk kode atau seri “L” adalah plat nomor untuk daerah, wilayah atau area kota Surabaya, Jawa Timur. Perlu diketahui, bahwa kode plat L menjadi salah satu kode nomor polisi yang hanya dimiliki satu daerah setingkat kota atau kabupaten. Berikut ini kami informasikan kepada Anda tentang daftar plat nomor L dan daftar daftar kode belakangnya.

Plat Nomor L dan Daftar Kode Belakangnya

Plat nomor kendaraan bermotor memiliki nomor seri atau kode, yakni susunan huruf dan angka yang memang dibuat khusus untuk kendaraan tersebut. Nomor seri ini di Indonesia biasanya disebut nomor polisi dan biasanya dipadukan dengan sejumlah informasi lain mengenai kendaraan yang bersangkutan. Seperti warna kendaraan, merek, modal, tahun pembuatan, nomor identifikasi kendaraan atau VIN, dan pastinya nama juga alamat si pemilik kendaraan tersebut.

Semua data – data penting ini bahkan tertera pula dalam STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor, yang merupakan surat bukti bahwasannya nomor polisi tersebut benar adanya telah ditetapkan bagi kendaraan yang bersangkutan. Dan berikut ini adalah daftar lengkap plat nomor L dan daftar kode belakangnya yang harus Anda tahu.

  • Surabaya Timur memiliki plat nomor L dan kode belakang A*/B*/C*/D*/E*/F*
  • Surabaya Selatan memiliki plat nomor L dan kode belakang G*/H*/J*/K*/L*/M*
  • Surabaya Pusat memiliki plat nomor L dan kode belakang N*/Q*
  • Surabaya Utara memiliki plat nomor L dan kode belakang P*/Q*/R*/S*/T*/U*
  • Surabaya Barat memiliki plat nomor L dan kode belakang V*/W*/X*/Y*/Z*
Artikel terkait:  Plat Nomor Kendaraan W dan Kode Belakangnya
kode plat nomor indonesia
Daftar kode plat nomor untuk Area Surabaya

Jenis Plat Nomor Kendaraan di Indonesia

Mungkin selama ini Anda hanya familiar dan kenal dengan beberapa warna plat nomor kendaraan bermotor yang sering bertengger di jalanan. Seperti halnya plat nomor kendaraan dengan warna kuning yang biasanya digunakan untuk kendaraan umum, alias angkutan umum dan warna merah digunakan pada plat nomor kendaraan dinas yang biasanya digunakan oleh pemerintah.

Tapi, tahu nggak sih kalau ternyata ada 5 jenis plat nomor kendaraan di Indonesia. Mau tahu apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini.

  • Plat nomor dengan dasar hitam dan putih pada tulisannya digunakan untuk kendaran perorangan atau sewa.
  • Plat nomor dengan dasar kuning dan hitam pada tulisannya digunakan untuk kendaraan umum.
  • Plat nomor dengan dasar merah dan putih pada tulisannya digunakan untuk kendaraan dinas milik pemerintah.
  • Plat nomor dengan dasar putih dan biru pada tulisannya digunakan untuk kendaraan Korps Diplomatik Negara Asing.
  • Plat nomor dengan dasar hijau dan hitam pada tulisannya digunakan untuk kendaraan di kawasan perdagangan bebas atau free trade zone, terutama bagi kendaraan yang mendapat fasilitas pembebasan bea masuk. Berdasarkan peraturan Menteri keuangan, jenis kendaraan bermotor dengan plat nomor ini tidak boleh dioperasionalkan ke wilayah Indonesia lain.

Jika berbicara mengenai plat nomor, tiap kendaraan bermotor pasti memiliki plat nomor dilengkapi dengan huruf yang memiliki arti tersendiri. Seperti pada kendaraan bermotor di Surabaya yang menggunakan plat nomor dengan kode atau seri “L”.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang plat nomor L dan daftar kode belakangnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DMO.or.id: Digital Marketing via Online