Mengenal Platform Trading Indonesia INSW

M

Indonesia National Single Window atau INSW merupakan istilah yang sering digunakan dalam dunia perdagangan internasional. Platform trading Indonesia INSW bermanfaat untuk proses trading, karena di Indonesia masih menjadi menganut sistem trading satu pintu. Sehingga keseluruhan proses trading bisa selalu diawasi dan dimonitor oleh pihak-pihak yang berkepentingan.

Indonesia national single window
Logo INSW (insw.go.id)

Platform Trading Indonesia INSW

Di Indonesia tiap harinya banyak terjadi proses trading. Untuk itu, platform trading Indonesia INSW sangat membantu dalam memberikan informasi dan sumber progress bagi semua vendor. Indonesia berada di urutan ke 53 dari 160 negara yang di benchmark oleh World Bank atau website Logistics Performance Indexs World Bank. Hasil tersebut berdasarkan data Logistic Performance Index yang dirilis World Bank tahun 2014.

Dengan demikian, biaya logistik nasional Indonesia sudah mencapai 24% dari Product Domestic Bruto. Dampaknya, produk yang ada di Indonesia jadi lebih mahal. Selain itu, produk yang dihasilkan juga kemungkinan akan mengalami kesulitan untuk bersaing di tingkat internasional.

Kelancaran arus barang di pelabuhan akan sangat mempengaruhi besar kecilnya biaya logistik. Sementara kelancaran arus barang tergantung pada kecepatan proses administrasi. Termasuk diantaranya administrasi perizinan yang dikeluarkan oleh lembaga atau kementrian.

Kelancaran arus barang juga dipengaruhi oleh pergerakan fisik barang. Ada beberapa proses penyelesaian barang impor yang ada di Indonesia. Diantaranya adalah proses kedatangan sarana pengangkut di pelabuhan, pembongkaran, penumpukan ke container yard, customs clearance, container handling, pengeluaran barang di gate dan yang terakhir adalah pengiriman ke bounded atau warehouse atau factory storage.

Percepatan Proses Administrasi dan Fisik Barang

Percepatan proses administrasi serta fisik barang sangat dipengaruhi oleh dua faktor. Pertama adalah faktor kebijakan dari pemerintah. Kebijakan tersebut meliputi tata niaga impor, kebijakan pemanfaatan tempat penimbunan sementara, spoke area dalam mendukung logistik, kebijakan penerapan pusat kegiatan dan masih banyak lainnya.

Sementara faktor yang kedua dipengaruhi oleh faktor operasional. Faktor yang terkait adalah pelaksanaan tata laksana yang belum efisien. Misalnya saja dalam penggunaan otomasi pada pelaksanaan proses bisnis dan integrasi antarproses bisnis yang terkait serta waktu layanan yang dimaksimalkan.

Dalam rangka pengeluaran barang pasca proses customs clearance, penerapan delivery order secara elektronik sangat diperlukan untuk mengoptimalisasi layanan. Cara ini diharapkan dapat mempersingkat pelayanan pengeluaran barang dan lebih efisien.

Sangat diperlukan upaya yang sistematis untuk mempersingkat waktu proses impor. Selain itu, juga perlu kerjasama dari seluruh pemangku kepentingan dan pemakai jasa di pelabuhan. Direktorat Jenderal Bea dan Cukai juga wajib memberikan kontribusi bagi penurunan waktu proses impor. Sehingga, dwelling time saat pre clearance, customs clearance serta post clearance dapat diturunkan.

Tujuan platform trading Indonesia INSW adalah meningkatkan kelancaran arus barang agar biaya logistik nasional di Indonesia bisa menurun. Pelayanan dan kegiatan operasional yang ada di pelabuahn juga dapat berjalan secara efektif dan efisien. Sementara tugas PP INSW adalah mengelola portal INSW. Dokumen yang ditangani antara lain mengenai kepabeanan, perizinan serta dokumen lain yang berhubungan dengan ekspor, impor dan logistik secara elektronik.

Fungsi INSW

Fungsi INSW diantaranya adalah untuk menyampaikan informasi dan data secara tunggal, memrosesnya secara tunggal dan sinkron serta membuat keputusan secara tunggal dalam memberikan izin kepabeanan dan pengeluaran barang.

Selain itu, juga menjamin sistem palayanan pada Portal INSW dan memenuhi standar keamanan informasi dan data. Mengkoordinasi dan melakukan sinkronisasi pertukaran informasi dan data secara online antar pengguna Portal INSW.

Fungsi lainnya adalah melaksanakan akses data realisasi ekspor atau impor, mengatasi gangguan pada sistem pelayanan pada platform trading Indonesia INSW, menyediakan audit trail dan call center, menjamin keamanan dan kerahasiaan data informasi perusahaan melalui Portal INSW dan juga melaksanakan kegiatan lainnya sesuai ketetapan Menteri Keuangan.

About the author

Editorial Staff
By Editorial Staff

Editorial Staff

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.