Ini Contoh Properti Tari Dalam Bentuk Senjata dan Nama-Namanya

I

Properti tari merupakan unsur pendukung tari di mana properti ini terdiri dari banyak jenis bahkan ada yang berbentuk senjata. Bahkan ada nama tarian yang menggunakan nama sesuai dengan properti yang digunakan. Meskipun begitu, ada tarian yang tidak menggunakan properti.

Contohnya tari piring menggunakan piring, tari payung menggunakan payung yang berasal dari Sumatra Barat. Tari Lawung juga menggunakan tombak atau lawung sebagai properti tarinya yang merupakan tari keraton Yogyakarta.

Untuk tarian yang tidak menggunakan nama propertinya seperti tari pakarena yang menggunakan kipas, tari serimpi dari Yogyakarta yang menggunakan kipas, keris, dan lainnya, tari merak menggunakan selendang, dan berbagai tari lainnya dengan properti yang berbeda. Masih banyak lagi yang menggunakan properti untuk pendukung tari daerah. 

Bisa dikatakan properti tari atau perlengkapan tari merupakan perlengkapan yang bukan termasuk kostum dan perlengkapan panggung namun merupakan perlengkapan penari seperti tombak, selendang, pedang, kipas, topeng, dan panah. 

Daftar Senjata Untuk Properti Tari

Jebeng

Jebeng merupakan properti utama yang diugnakan dalam tarian Beksan Jebeng. Bentuk jepeng menyerupai tameng yang dipadukan dengan anak panah berukuran besar yang juga memiliki gambar tertentu. Permukaan jebeng biasanya memiliki gambar Dewi Larasati dan Dewi Srikandi. 

Beksan Jebeng sendiri merupakan tarian yang dilakukan oleh empat orang laki-laki yang ditampilkan pada acara khusus bahkan mengandung cerita dan pesan moral yang ditampilkan selama 20 menit. Di dalam tarian menggambarkan adegan peperangan antara beberapa raja di tanah Jawa dengan raja di tanah seberang yaitu Purwakencana. Pertempuran ini menimbulkan banyak korban jiwa yang berjatuhan. 

Tuhan kemudian menyadarkan kedua belah pihak bahwa kedua pihak tersebut masih bernilai dan juga memiliki ikatan tali persaudaraan sehingga akhirnya mereka sepakat untuk hidup rukun untuk mencapai perdamaian dan juga kemajuan bersama. 

Cundrik atau Keris Kecil

Dulunya senjata keris kecil merupakan senjata pusaka kaum elit perempuan. Cundrik atau disebut keris berukuran kecil sering digunakan oleh sebagian orang Pulau Jawa. Bentuk keris cundrik sebenarnya beragam ada yang panjangnya 22 cm bahkan hingga 36 cm. Cundrik memiliki bilah yang agak tebal serta posisi yang membungkuk.

Keris Belati Tua
Keris Belati Tua

Bentuk dapur cundrik sekilas mirip dengan keris berdapur cengkrong hanya saja cengkrong memiliki srawingan sedangkan cundrik merupakan keris yang gandiknya terletak di belakang, menggunakan greneng dan sogokan. Cundrik merupakan properti yang digunakan untuk tari serimpi

Keris

Keris juga termasuk properti untuk tarian daerah. Keris merupakan senjata tikam golongan belati dengan ujung yang runcing dan tajam. Keris memiliki bilah yang berbelok-belok dan tidak simetris. Keris dulunya merupakan senjata untuk peperangan namun saat ini sudah dijadikan sebagai penggunaan ageman dalam busana, simbol budaya, koleksi, hingga properti tari. 

Tombak pendek

Tombak atau lembing merupakan senjata untuk berperang dan berburu bahkan banyak ditemukan di peradaban dunia karena pembuatannya yang mudah dan murah. Tombak terdiri dari tongkat sebagai pegangan dan mata tombak yang tajam. 

Tombak juga menjadi senjata utama yang digunakan oleh tentara tradisional nusantara saat perang. Namun tombak yang dijadikan sebagai properti tari merupakan tombak pendek atau tombak biasa yang penggunannya dilempar. 

Inilah contoh properti tari dalam bentuk senjata. Properti-properti ini tentu digunakan sesuai dengan jenis tarinya dan juga cerita dan moral yang ingin disampaikan dalam tarian daerah tersebut. Bahkan beberapa tarian menggunakan lebih dari 1 properti.

About the author

DMO Staff

Add Comment

By DMO Staff

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.