Resep Lily, Dimsum Enak Surabaya ala Ibu Rumah Tangga

R

Siapa sangka kalau sampai saat ini, dimsum menjadi makanan favorit banyak orang? Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, semua menikmati santapan dimsum di restoran maupun tempat-tempat makan oriental lainnya.

Mencari hidangan dimsum yang lezat dan mudah ditemukan di Surabaya? Anda bisa mencoba masakan ragam dimsum dari Resep Lily. Catering homemade Surabaya ini menyajikan dimsum yang sedap, higienis, dan kaya cita rasa. Tertarik mencobanya? Segera hubungi Resep Lily melalui akun Instagram @resep_lily atau nomor WhatsApp di 081280289008 atau 0818317743.

Somay Ayam
Somay Ayam Dimsum Surabaya @Resep_lily

Setelah mencari informasi mengenai penjual dimsum yang enak di Kota Surabaya, sebaiknya Anda ketahui juga serba-serbi dimsum yang sangat menarik dan susah dilewatkan jika Anda penggemar dumpling kaya protein ini.

Apa Itu Dimsum?

Dimsum merupakan sebuah istilah yang dipakai untuk camilan ringan. Untuk menjaganya tetap hangat, makanan yang satu ini biasanya disantap dengan wadah kukusan bambu. Umumnya, dimsum terdiri dari kelompok masakan manis, kukus, dan goreng.

Selain itu, dimsum termasuk ke dalam makanan yang bergizi karena menggunakan bahan-bahan yang segar, alami, dan dominan menggunakan sayuran. Apabila dikonsumsi secara rutin, ternyata dimsum memberikan efek yang besar terhadap kesehatan tubuh.

Jenis-Jenis Dimsum

Termasuk ke dalam makanan yang populer di Indonesia, ternyata ada banyak varian makanan dari dimsum. Beberapa memang terkenal dan banyak disukai. Apa saja itu?

1. Hakau

Atau bisa disebut dengan dumplings, merupakan salah satu jenis paling terkenal dalam keluarga dimsum. Kulit berwarna putih hampir transparan ini berisi olahan daging udang yang lembut sekaligus menggugah selera. Biasanya, hakau dikonsumsi bersama dengan saus khusus untuk memperkaya cita rasanya.

2. Ham Sui Kok

Tepung ketan menjadi bahan dasar dari jenis dimsum yang satu ini. Diklaim sebagai jenis dimsum yang kering, rasanya manis dengan tekstur yang lebih kenyal.

Biasanya, Ham Sui Kok menggunakan isian daging ayam cincang untuk memberikan rasa yang unik, namun terasa pas dan sedap di lidah.

3. Siomay

Menyantap dimsum rasanya kurang lengkap apabila tidak mencoba siomaynya. Rasanya yang khas dan mudah diingat dilengkapi dengan isian daging cincang lembut kaya rasa. Siomay menggunakan daging ayam atau udang yang halus dan lebih nikmat jika dimakan hangat-hangat.

4. Wonton Goreng

Di Indonesia sendiri, jenis dimsum ini lebih akrab disebut pangsit goreng. Kulit pangsit yang renyah di luar diperkaya dengan isian daging ayam cincang halus nan lembut. Bagi Anda yang menyukai dimsum kering dan crispy, wonton goreng tidak boleh dilewatkan.

5. Tofu Skin Roll

Juga biasa dikenal dengan istilah lumpia kulit tahu. Dimsum goreng ini menggunakan kulit tahu sebagai luarannya kemudian diisi dengan daging udang cincang sedap karena sudah diberi bumbu khusus. Setelah digoreng, kerenyahannya mulai memenuhi mulut, apalagi ketika disantap dalam kondisi panas atau hangat.

6. Bakpau

Salah satu sumber karbohidrat dari dimsum bisa diperoleh dari bakpau. Tentu Anda sudah tidak asing dengan jenis dimsum ini. Bentuk roti bundar yang khas biasanya diisi dengan kacang merah hingga daging ayam yang sudah diberi bumbu merah.

7. Phoenix Claws

Pasti Anda juga tidak ingin melupakan ceker ayam, bukan? Masakan ini tetap menjadi favorit yang dicari banyak orang. Bumbu kecap dan rempah dikombinasikan untuk memperkaya cita rasa dari ceker ayam. Setelah bumbu melumuri ceker ayam, pengukusan dimulai supaya tetap terasa lembut ketika dimakan.

8. Bebek Panggang

Di beberapa tempat, Anda akan menemukan bebek panggang sebagai pelengkap yang tidak kalah nikmat. Bebek yang gurih setelah dipanggang bisa disantap bersama ragam pilihan saus yang kaya rasa. Perut jadi lebih kenyang dan rasa sedapnya tidak mudah hilang.

9. Mantau

Apakah Anda pecinta tepung atau roti dan tidak boleh hilang ketika menyantap dimsum? Mantau adalah salah satu roti yang bisa digoreng maupun dikukus. Teksturnya yang lembut nyatanya tetap disukai penggemar dimsum. Anda bisa memakannya bersama saus supaya lebih nikmat.

10. Steamed Meatballs

Atau bakso kukus merupakan hidangan umum dimsum yang juga cocok di lidah orang Indonesia. Daging sapi cincang dipadukan dengan sayuran hijau menjadi hidangan yang lezat. Terkadang, ada yang mengolahnya dengan kulit tahu untuk menciptakan kesan makanan yang berbeda.

About the author

DMO Staff

Add Comment

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.