Synthesys adalah salah satu teknologi text-to-speech berikutnya yang bisa digunakan di PC atau laptop. Suara yang dihasilkan Systhesys layaknya suara manusia sungguhan. Dengan dukungan 66 lebih bahasa yang terdiri atas 254 jenis suara pria dan wanita. Ditambah dengan 15 suara manusia sintetis dalam bahasa inggris.  

Synthesis menawarkan berbagai fitur suara, nada, bahasa, hingga kecepatan membaca pria maupun wanita. Lewat aplikasi ini kamu bisa membuat iklan radio, podcast, atau kegiatan untuk keperluan konten apapun yang membutuhkan software ubah teks jadi suara. Cara menggunakannya cukup cepat, mudah, dan praktis.

Synthesys ini 100% berbasis cloud serta dapat dipakai pada jenis sistem operasi apapun di PC atau laptop. Untuk menggunakannya kamu harus berlangganan paket mulai dari $29 per bulan. Terdapat juga versi androidnya yang bisa kamu instal di playstore untuk bisa di gunakan di Hp.

Cara Pakai Aplikasi Synthesys

Screenshot 31
Aplikasi Synthesys.io

Berikut langkah-langkah menggunakan aplikasi Synthesys.io:

  • Langkah 1: Buka browser di laptop atau PC dan masuk ke situs https://synthesys.io/
  • langkah 2: Klik mulai / get started pada halaman situs ini
  • Langkah 3: Pilih salah satu paket yang tersedia di aplikasi ini, dan klik get started untuk paket bulanan yang dipilih.
  • Langkah 4: Pilih jenis suara yang ingin dipakai
  • Langkah 5: Pilih jenis kelamin dari suara yang dipilih
  • Langkah 6: Masukan teks yang ingin diubah suara pada kolom yang tersedia
  • Langkah 7: Pilih kecepatan membaca dan jeda panjang atau pendek antar kalimat.
  • Langkah 8: Edit teks atau kalimat, apakah sudah benar atau ada kesalahan typo dan sebagainya.
  • Langkah 9: Klik “Buat”, untuk ubah teks yang tadi dimasukan jadi suara.
Screenshot 32
Pilihan paket bulanan yang ada di aplikasi Synthesys.io

Fitur-fitur Utama

Text to Speech Synthesys ini dibekali dengan berbagai fitur utama yang memungkinkan kamu melakukan aktivitas diinternet dengan mudah, seperti:

  1. Melakukan pekerjaan yang mengharuskan mengubah teks jadi suara dari mana saja dan kapan saja, karena aplikasi ini berbasis cloud yang mudah digunakan.
  2. Membuat video untuk iklan penjualan jadi lebih mudah, animasi, penjelasan, media sosial, iklan TV, podcast, dan sebagainya.
  3. Terdapat 35 jenis suara wanita dan juga 30 jenis suara pria.
  4. Memungkinkan kamu untuk membuat teks jadi suara lalu menjualnya untuk berbagai tujuan.

Aplikasi terkait: https://blog.ub.ac.id/techguide/google-text-to-speech/

Keunggulan Aplikasi Synthesys

Screenshot 33
Aplikasi Synthesys.io

Bukan hanya memiliki fitur-fitur keren di dalamnya, aplikasi Synthesys ini juga memiliki keunggulan sendiri, yakni:

#1. Dapat dipakai Oleh Pemula yang Tanpa Pengalaman Sekalipun

Aplikasi Synthesys sangat mudah digunakan bahkan bagi pemula yag tidak memiliki pengalaman dalam mendownload suara Google juga tetap bisa menggunakan aplikasi ini.

Tampilannya yang simple dan ramah pengguna, sehingga mudah digunakan.  Suara yang dibuat pun sangat cepat serta hemat biaya dan terjangkau.

#2. Semua yang dibutuhkan Bisa Diubah Jadi Suara

Dengan aplikasi ini kamu akan mendapatkan pengalaman menarik, saat belajar, membuat pelatihan, membuat materi iklan audio, iklan video real estat, dan apapun itu, bisa kamu buat dengan aplikasi ini.

#3. Bagikan atau Jual Suara Ke Perusahaan-Perusahaan

Suara yang dihasilkan akan menjadi aset kamu yang bisa dibagikan ke teman atau rekan kerja, untuk memastikan adanya kesinambungan di perusahaan tempat kamu bekerja. Kamu juga bisa buat logo atau fotografi dengan suara, yang kemudian bisa kamu jual pada perusahaan yang membutuhkannya.

Itulah review mengenai aplikasi text to speech Synthesys dari DMO.or.id yang bisa kamu gunakan dengan cepat dan mudah di PC ataupun laptop. Semoga bermanfaat.