Memiliki bio Instagram yang menarik memang menjadi salah satu cara yang dilakukan oleh sebagian besar orang untuk meningkatkan jumlah followers. Bio Instagram menjadi semacam profil dari pemilik akun sehingga menjadi bagian pertama yang akan dilihat oleh orang sebelum mengikuti suatu akun. 

Untuk itu, orang berlomba-lomba untuk membuat bio Instagram yang menarik dan keren serta berbeda agar semakin banyak orang yang tertarik dengan akun tersebut. Jika Anda juga ingin mengubah bio Instagram menjadi lebih menarik di mata orang, berikut ini sejumlah tips yang bisa Anda coba:

Daftar Tips Membuat Bio Instagram yang Menarik Perhatian

Cara Buat Bio Ig Menarik
Cara Buat Bio Ig Menarik

Hindari Mengubah Akun ke Private

Alih-alih membuat orang penasaran, akun Instagram yang diprivate menimbulkan kesan bahwa Anda adalah orang yang tertutup dan tidak mudah untuk diajak berinteraksi. Pada akhirnya orang akan malas untuk memfollow Anda kecuali hanya orang-orang yang mungkin Anda kenal saja. 

Ubah akun Instagram ke settingan publik terlebih dahulu sehingga orang-orang bisa melihat profil untuk mengenal Anda. Ini setidaknya memberi gambaran kepada orang sebagian tentang diri Anda kepada mereka yang ingin mem-follow Anda. 

Gunakan Foto Profil yang Menarik

Salah satu faktor yang membuat profil bio Instagram menarik tentu saja adalah foto profilnya. Meskipun ukurannya cukup kecil, namun efek penggunaan foto profil ini cukup signifikan. Untuk itu, pasanglah foto profil yang membuat orang tertarik mengikuti akun Anda.

Usahakan untuk menggunakan foto dengan latar belakang yang cerah karena lebih menarik secara visual.

Lihat pula: Cara Top Up Bleach Eternal Soul

Anda juga bisa menggunakan foto profil yang sama dengan platform sosial media Anda yang lain seperti Facebook dan Twitter, sehingga teman-teman Anda di platform tersebut bisa menemukan Anda dengan mudah di Instagram. 

Buat Username Berbeda Namun Mudah Dicari

Username sangat berpengaruh dalam proses pencarian akun di kolom search Instagram. Untuk itu, Anda perlu mempertimbangkan nama yang bisa dengan mudah dicari orang. Jika banyak akun yang menggunakan nama serupa dengan Anda, tambahkan angka atau daerah di belakangnya agar berbeda. 

Hindari terlalu banyak huruf yang sama dalam satu nama karena akan membuat orang kesulitan untuk mengeja. Begitu juga dengan nama panjang tanpa pemisah. Jika Anda ingin menggunakan nama yang sedikit lebih panjang, Anda bisa menggunakan pemisah dengan titik atau underscore.

Perhatikan Jumlah Kata Maksimal pada Bio Instagram

Bio Instagram adalah bagian paling efektif untuk mendeskripsikan diri Anda dengan menarik. Namun, bio Instagram hanya bisa diisi dengan 150 karakter. Karena keterbatasan karakter yang dituliskan, Anda harus bisa membuat deskripsi yang menarik tentang diri Anda sesingkat mungkin. 

Tampilkan Skill atau Prestasi

Bio Instagram yang bagus paling tidak harus bisa menjelaskan skill, kegemaran, ataupun prestasi yang pernah diraih. Dengan begitu, orang-orang yang memiliki kegemaran sama akan tertarik dan mulai mengikuti Anda.

Lihat juga: Generator Copas Font Online Terbaru

Menuliskan prestasi yang pernah diraih juga menunjukkan bahwa ada yang spesial pada diri Anda, sehingga membuat orang ingin mengetahui tentang Anda dan apa yang Anda bagikan lewat Instagram. Hal-hal tersebut juga akan mempengaruhi apakah seseorang akan mengikuti Anda terus atau tidak. 

Sematkan Keyword pada Bio Instagram

Menyematkan keyword pada bio Instagram akan membuat akun Anda lebih mudah ditarget oleh pengguna lain. Selain itu, Anda akan terkoneksi dengan orang-orang yang memiliki potensi sama. Intinya, keyword menentukan target follower yang dituju. 

Menciptakan bio Instagram yang menarik banyak orang bukanlah sesuatu yang sulit. Anda hanya perlu memperhatikan beberapa hal penting, sehingga Anda bisa mengoptimalkan bio agar orang tidak melewatkan untuk mem-follow akun Instagram.